PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN MODEL CTL (Contextual Teaching and Learning) MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI DAN MEDIA LINGKUNGAN DITINJAU DARI SIKAP ILMIAH DAN GAYA BELAJAR

Nuning Tri Rahayuningsih, Ashadi Tri Ashadi, Sarwanto Sarwanto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model CTL menggunakan media animasi dan
lingkungan ditinjau dari sikap ilmiah dan gaya belajar terhadap prestasi belajar ranah kognitif dan afektif.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan dilaksanakan dari bulan Oktober-Desember 2012. Populasi
penelitian ini adalah semua siswa kelas VII MTsN Kembangsawit Kebonsari Madiun Tahun Pelajaran
2012/2013. Sampel diperoleh dengan teknik cluster random sampling yang terdiri dari dua kelas, kelas VII A
menggunakan media animasi dan kelas VII B menggunakan media lingkungan. Data dikumpulkan dengan
metode tes untuk prestasi belajar kognitif, dan angket untuk prestasi afektif, sikap ilmiah, dan gaya belajar.
Analisis data penelitian menggunakan anava. Dari hasil analisis data disimpulkan: 1) ada pengaruh model CTL
menggunakan media animasi dan media lingkungan terhadap prestasi kognitif dan afektif, 2) ada pengaruh sikap
ilmiah terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif siswa, 3) ada pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar
kognitif dan afektif siswa, 4) tidak ada interaksi antara media dengan sikap ilmiah terhadap prestasi belajar
kognitif dan afektif siswa, 5) ada interaksi antara media dan gaya belajar terhadap prestasi belajar kognitif dan
afektif siswa, 6) tidak ada interaksi antara sikap ilmiah dan gaya belajar terhadap prestasi kognitigf dan afektif,
7) tidak ada interaksi antara media, sikap ilmiah dengan gaya belajar terhadap prestasi belajar kognitif dan
afektif siswa.
Kata Kunci: Model CTL, Animasi, Lingkungan, Sikap Ilmiah, Gaya Belajar.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.