Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, and Explain) Melalui Eksperimen Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas VII pada Materi Zat dan Perubahannya di MTs Negeri 1 Jember
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kognitif siswa kelas VII MTs Negeri 1 Jember pada mata pelajaran IPA, di mana sekitar 40% siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Kondisi ini disebabkan pembelajaran yang masih berpusat pada pendidik dan dominannya metode konvensional sehingga siswa kurang aktif dan kesulitan memahami konsep. Salah satu alternatif yang dianggap efektif adalah penerapan model pembelajaran POE (Predict, Observe, and Explain) untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan penerapan model POE melalui eksperimen pada materi Zat dan Perubahannya; dan (2) menganalisis pengaruh signifikan model POE terhadap kemampuan pemahaman konsep IPA siswa kelas VII. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experiment dengan desain Nonequivalent Control Group. Sampel diambil secara purposive sampling, yaitu kelas VII-G sebagai kelas kontrol dan VII-H sebagai kelas eksperimen, masing-masing berjumlah 32 siswa. Data dikumpulkan melalui tes, kemudian dianalisis menggunakan uji Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model POE dilakukan melalui tiga tahap: (1) membuat prediksi berdasarkan pengetahuan awal, (2) melakukan observasi melalui eksperimen, dan (3) menjelaskan hasil observasi serta membandingkannya dengan prediksi awal. Hasil uji T-test menunjukkan nilai signifikansi 0,001 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Dengan demikian, model pembelajaran POE berpengaruh positif terhadap peningkatan pemahaman konsep IPA siswa.
This study was motivated by the low cognitive achievement of seventh-grade students at MTs Negeri 1 Jember in science subjects, where approximately 40% of students had not met the Minimum Mastery Criteria (KKM). This condition occurs because learning remains teacher-centered and conventional, resulting in limited student participation and difficulty understanding scientific concepts. One promising alternative is the POE (Predict, Observe, and Explain) learning model, which aims to enhance students’ conceptual understanding. The objectives of this study were: (1) to describe the implementation of the POE learning model through experiments on the topic Substances and Their Changes, and (2) to determine whether the POE model has a significant effect on students’ conceptual understanding in science learning. This research employed a quasi-experimental method with a nonequivalent control group design. The samples were selected using purposive sampling: class VII-G served as the control group and class VII-H as the experimental group, each consisting of 32 students. Data were collected through tests and analyzed using the Independent Sample T-test. The results revealed that the POE model was implemented through three stages: (1) predicting phenomena based on prior knowledge, (2) observing through experimentation, and (3) explaining results and comparing them with initial predictions. The T-test results showed a significance value of 0.001 < 0.05, indicating a significant difference between the experimental and control groups. Therefore, the POE learning model positively influences students’ conceptual understanding in science.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anderson dan Krathwol. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, Asesmen Revisi Taksonomi Bloom. (Jakarta: Pustaka Belajar, 2010.
Anjasari, Nur Khabibi Diah. “Pengaruh Model Kooperatif Tipe TTW (Think Talk Write) Berbantuan Edublogs Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII SMPN 2 Gempol Pasuruan,.” Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, 2022.
Annisa Putri Said, Muh Tawil, Dkk. Pengaruh Metode Ekperimen Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas VIII SMPN 13 Makassar, 2020.
Arifin, Dian. “Efektivitas Model Pembelajaran POE ((Predict, Observe and Explain) Berbasis Praktikum Green Chemistry Terhadap Keterampilan Generik Sains Pada Materi Hidrolisis Garam.” UIN Walisongo Malang, 2023.
Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2018.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta :Rineka Cipta, 2002.
Ayunda, Anisa. “Pendidikan Di Indonesia,” 2002.
Bastian, Dr. Adolf. Model Dan Pendekatan Pembelajaran. Adanu Abimata,Indramayu, 2020.
Creswell, John W. Desain Penelitian: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Campuran. Edisi Ke-5. (Los Angeles: SAGE Publications, 2018.
Damaiyanti, Novia. “Pengaruh Model Pembelajaran POE (Prediction, Observation and Explanation) Berbasis Asesmen Formatif Terhadap Aktivitas Belajar Dan Pencapaian Konsep Biologi Kelas XI IPA SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung.” Universitas IAIN Raden Intan Lampug, 2020.
Forum Pelayanan Al-Qur`an. Al-Qur`an Dan Terjemahan. Banten: Forum Pelayanan AlQur`an, 2013.
Hamdani. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : CV Pustaka Setia, 2020.
Hamzah, Andi Mawaddah. Trend in International Mathematics and Sains Study (TIMSS). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2023.
Hariyanto, Warsono dan. Pembelajaran Aktif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
Liew, C. W., & Treagust, D. F. (. “Urutan Pengajaran Predict-Observe-Explain Untuk Mempelajari Pemahaman Siswa Tentang Panas Dan Pemuaian Bahan Dalam Sains. Teaching Science,” 22–27, 2004.
Mulyasa, E. “Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, Dan Implementasi,” 2013, 23.
Mutiyah. Konsep Teoritis Model POE. Riau, UIN Suska, 2020.
Narum Yuni Margono, Dkk. PR Buku Interaktif IPA Untuk SMP/MTs Kelas VIIA Kurikulum Merdeka,. Intan Pariwara, 2023.
Penyusun, Tim. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, Jember,Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, 2021.
Purnomo, Agus. Pengantar Model Pembelajaran. yayasan hamjah diha, Bima, 2022.
Putri, Nova Hervianti. “Pengaruh Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Quarted Card Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII Di SMPN 1 Jenggawah Tahun Pelajaran 2022.” Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, 2020.
Rasmini, Ni Wayan. “Buku Ajar Statitik Pendidikan,” 148. NTB :P4i Indonesia, 2023.
RI, Kemendikbud. “Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Saintifik,” 13. Jakarta: Kemendikbud, 2014.
S, Wahyuni. “Pengembangan Petunjuk Praktikum IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP.” Ejournal, 20 (2015): 13–14.
Sari, Kurnia Novita. Keefektifan Model Pembelajaran POE Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Sifat Benda Pada Siswa Kelas V SD,. Universitas Negeri Semarang, 2014.
Siti Fatimatuzzahrah, A. Wahab Jufri, dkk. “Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran POE ((Predict, Observe and Explain) Untuk Meningkatkan Pengusaan Konsep IPA,” 2020.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D,. (Bandung: Alfabeta, 2019.
Suparno, P. “Metodologi Pembelajaran Fisika Konstruktivisme & Menyenangkan Edisi Revisi,” 8. Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma, 2013.
Susanti, Geni Puspita. “Pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses Terhadap Pemahaman Konsep IPA Pada Siswa Kelas IV SDN Di Kelurahan Rawa Mangun Jawa Timur,” Universitas Negeri Jakarta, 2021.
Victoriani Inabuny, Dkk. Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas VII,. Pusat Kurikulum dan Perbukuan. Jakarta Pusat, 2021.
Yogi Setya Novanto, Rien Anitra, Dkk. Pengaruh Model Pembelajaran POE Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa SD, 2021.
Refbacks
- There are currently no refbacks.