Pengaruh Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning (PBL) terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan apakah ada atau tidak pengaruh media interaktif terhadap minat belajar kognitif siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Surakarta terhadap materi ekologi dan keanekaragaman hayati. Penelitian kuantitatif ini dirancang sebagai eksperimen semu. Seluruh siswa kelas VII di SMP N 22 Surakarta pada tahun akademik 2023/2024 adalah subjek penelitian. Cluster random sampling adalah metode pengambilan sampel yang digunakan. Sample penelitian terdiri dari dua kelas: kelas VII A memiliki 26 siswa dan kelas VII B memiliki 25 siswa. Kelas VII A menerima pembelajaran konvensional, sedangkan kelas VII B menerima perlakuan pembelajaran multimedia interaktif. Pretest dan posttest pada kelas kontrol dan eksperimen digunakan untuk mengumpulkan data. Uji Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) dengan taraf signifikansi 5% digunakan untuk menganalisis data. Hasil uji hipotesis dengan SPSS 25 menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0.001 < 0.05, yang menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Ada kemungkinan bahwa multimedia interaktif dapat memengaruhi minat siswa dalam belajar kognitif.
The aim of this study is to determine whether or not interactive media influences on the cognitive learning interests of students in grade VII of the 2nd Surakarta State High School on ecology and biodiversity. This quantitative research is designed as an experiment. All of the students of the 7th grade at N 22 Surakarta High School in the academic year 2023/2024 are research subjects. Cluster random sampling is a sample-taking method used. The research sample consists of two classes: class VII A had 26 students and class VII B had 25 students. Class VII A accepted conventional learning, while grade VII B received interactive multimedia learning treatment. Pretests and posttests on control classes and experiments are used to gather data. The Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) test with a 5% degree of significance is used to analyze data. The test results of the hypothesis with SPSS 25 showed that the significance value was 0.001 < 0.05, indicating that H0 was rejected and H1 accepted. There is a possibility that interactive multimedia can affect student interest in cognitive learning.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aditya, F., Rutjiono, D., & Suhartono, B. (2019). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Materi Semester 2 Studi Kasus di TK Wahyu Hidayah Desa Pagersari Kabupaten Semarang (Vol. 12, Issue 1).
Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313-5327.
Anwar, M., Septiani, L. R., & Khayatun, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Media Pembelajaran Matematika Interaktif terhadap Minat Belajar Siswa. In ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan) (Vol. 4, No. 1, pp. 177-184).
Apriyani N, E. S. (2021). Problem Based Learning (PBL Model In Improving Elementary Student Learning (Vol. 4, Issue 6). https://jurnal.uns.ac.id/shes
Arifin, Y., Yesmaya, V., & Yosep, R. M. (2015). Digital Multimedia (Cetakan 1). Bina Nusantara.
Aulia, A., & Masniladevi. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas III SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 602–607.
Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1). https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095
Handayani, S. (2016). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar Matematika terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2), 141-148.
Hasimur, H., Alim, J. A., & Sudarajat, A. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Multimedia Interaktif terhadap Minat dan Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas IX SMPN Kuantan Hilir Seberang. Instructional Development Journal, 5(3), 240-247.
Hidayah, N., Es Nafitri, S., Zaky, F., & Suryaning Ati MZ, A. F. (2023). Pengembangan Media Interaktif Menggunakan Aplikasi Articulate SToryline Sebagai Media Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. PENDAGOGIA: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 83–91.
Lara, S. O. V. (2020). Academic Performance of Students of Urban Design, Applying Problem-Based Learning (PBL). Journal of Problem Based Learning in Higher Education, 8(1), 63-71. https://doi.org/10.5278/ojs.jpblhe.v8i1.2640.
Marleni, L. (2016). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANGKINANG. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 149–159.
Matondang, A. (2018). Pengaruh Antara Minat dan Motivasi dengan Prestasi Belajar. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 24-32.
Mulyani, D., Ghufron, S., Akhwani, A., & Kasiyun, S. (2020). Peningkatan Karakter Gotong Royong di Sekolah Dasar. Lectura : Jurnal Pendidikan, 11(2). https://doi.org/10.31849/lectura.v11i2.4724
Munir. (2012). Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Alfabeta.
Rahmi, I., Nurmalina, & Fauziddin, M. (2020). Penerapan Model Role Playing Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal On Teacher Education, 2(1), 197–206.
Renninger, K. A., Hidi, S., Krapp, A., & Renninger, A. (Eds.). (2014). The Role of interest in Learning and Development. Psychology Press. https://doi.org/10.4324/9781315807430
Schlechtendahl, J., Keinert, M., Kretschmer, F., Lechler, A., & Verl, A. (2015). Making existing production systems Industry 4.0-ready. Production Engineering, 9(1). https://doi.org/10.1007/s11740-014-0586-3
Sekarwangi, T., Sartono, K. E., Mustadi, A., & Abdulah, A. (2021). The Effectiveness of Problem Based Learning-Based Interactive Multimedia for Elementary School Students. International Journal of Elementary Education, 5(2), 308-314.
Sugandi, M. K., & Rasyid, A. (2019). Pengembangan Multimedia Adobe Flash Pembelajaran Biologi Melalui Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Konsep Ekosistem. BIODIK, 5(3). https://doi.org/10.22437/bio.v5i3.7869
Utrifani, A., & M. Turnip, B. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Kinematika Gerak Lurus Kelas X SMA Negeri 14 Medan T.P. 2013/2014. Jurnal Inpafi, 2(2), 9–16.
Waruwu, A. B. C., & Sitinjak, D. (2022). Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 298-305.
Wedayanti, L. A., & Wiarta, I. W. (2022). Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning Pada Muatan Matematika Kelas IV SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.46320
Widyawati, R. (2020). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA.
Yunus, S. (2018, May 2). Guru atau Kurikulum; Titik Urgen Kualitas Pendidikan Indonesia? Https://Kumparan.Com/Syarif-Yunus/Guru-Atau-Kurikulum-Titik-Urgen Kualitaspendidikan-Indonesia/Full.
Refbacks
- There are currently no refbacks.