Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa

Kasmanto Kasmanto, Sjaeful Anwar

Abstract

Review artikel ini memfokuskan pada analisis penggunaan model pembelajaran inkuiri sebagai strategi untuk meningkatkan kemampuan siswa. Metode naratif review digunakan untuk mengevaluasi 16 jurnal terkait penerapan model pembelajaran inkuiri. Dari hasil review, terungkap bahwa model-model yang sering digunakan adalah guided inquiry learning dan structured inquiry learning. Pendekatan ini kemudian diterapkan untuk mengukur kemampuan siswa, termasuk kemampuan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan hasil belajar secara umum. Analisis menyimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri memberikan dampak positif dalam konteks pembelajaran. Dengan melibatkan siswa dalam proses penyelidikan aktif, model inkuiri memungkinkan mereka untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah. Selain itu, model ini juga meningkatkan hasil belajar secara keseluruhan. Implikasinya adalah bahwa pendekatan inkuiri dapat menjadi pilihan yang efektif bagi pendidik untuk memperkuat pengalaman belajar siswa dan meningkatkan pencapaian akademik mereka. Studi lebih lanjut dapat fokus pada pengembangan praktik terbaik dalam menerapkan model pembelajaran inkuiri di berbagai konteks pendidikan

This review article focuses on analyzing the use of the inquiry-based learning model as a strategy to enhance students' abilities. The narrative review method is used to evaluate 16 journals related to the application of the inquiry-based learning model. From the review results, it is revealed that the frequently used models are guided inquiry learning and structured inquiry learning. This approach is then applied to measure students' abilities, including critical thinking, problem-solving, and overall learning outcomes. The analysis concludes that the inquiry-based learning model has a positive impact in the learning context. By involving students in active investigative processes, the inquiry model enables them to develop critical thinking skills and problem-solving abilities. Additionally, this model also enhances overall learning outcomes. The implication is that the inquiry approach can be an effective choice for educators to reinforce students' learning experiences and improve their academic achievements. Further studies could focus on developing best practices in implementing the inquiry-based learning model in various educational contexts.

Keywords

Model Pembelajaran Inkuiri; ADI; kemampuan siswa

Full Text:

PDF

References

Al Hafit Nur, W. S., & Mustapha, I. (2016). Analisis Pengembangan Karakter, Keterampilan Proses Sains, Dan Penguasaan Konsep Siswa Pada Topik Koloid Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing.

Algofi, W. H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Critical Thingking Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Kelas Viii Smpn 1 Lembang (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Aldresti, F., Rahayu, S., & Fajaroh, F. (2018). The Influence Of Inquiry-Based Chemistry Learning With The Context Of Socio-Scientific Issues On High School Students’scientific Explanation Skills. Jurnal Pengajaran MIPA, 23(2), 139-146.

Cairns, D. (2019). Investigating the relationship between instructional practices and science achievement in an inquiry-based learning environment. International Journal of Science Education, 41(15), 2113-2135.

Fakhriyah, F., Rusilowati, A., & Susilaningsih, E. (2021). Argument-Driven Inquiry Learning Model: A Systematic Review. International Journal of Research in Education and Science, 7(3), 767-784.

Ginanjar, W. S., Utari, S., & Muslim, M. (2015). Penerapan model argument-driven inquiry dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah siswa SMP. Jurnal Pengajaran MIPA, 20(1), 32-37.

Ibnu, S., Verawati, V., & Hikmawati, H. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Alat-Alat Optik. Orbita: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 27-32.

INTAN, D. H. (2020). The Effect of Guided Inquiry Learning in Improving Metacognitive Skill of Elementary School Students. International Journal of Instruction, 13(4), 315-330.

Kadir, L., & Satriawati, G. (2017). The implementation of open-inquiry approach to improve students’ learning activities, responses, and mathematical creative thinking skills. Journal on Mathematics Education, 8(1), 103-114.

Korkman, N., & Metin, M. (2021). The Effect of Inquiry-Based Collaborative Learning and Inquiry-Based Online Collaborative Learning on Success and Permanent Learning of Students. Journal of Science Learning, 4(2), 151-159.

Lefudin, (2017). Belajar dan Pembelajaran Dilengkapi dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran dan Metode Pembelajaran. (n.p.): Deepublish.

Mulyana, S., Rusdi, R., & Vivanti, D. (2018). The effect of guided inquiry learning model and scientific performance on student learning outcomes. Indonesian Journal of Science and Education, 2(1), 44-48.

Nadrah, N. (2022). Increasing Elementary School Students’ Science Learning Outcomes through the Inquiry Approach. Jurnal Basicedu, 6(6), 9380-9391.

Nasution, W. N. (2018). The effects of inquiry-based learning approach and emotional intelligence on students’ science achievement levels. Journal of Turkish Science Education, 15(4), 104-115.

Nurmaya, Y., Susilawati, S., Zuhdi, M., & Hikmawati, H. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing Pada Materi Alat-Alat Optik Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 147-154.

Ormanci, Ü., & Cepni, S. (2020). Investigating the effects of web-based science material for guided inquiry approach on information and communication skills of students. Participatory Educational Research, 7(1), 201-219.

Quitaneg-Abniel, A. (2021). Evaluation of open inquiry learning model for physics teachers. The Normal Lights, 15(1), 98-123.

Rahmi, E. F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Inkuiri Bebas Termodifikasi Dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma Pada Pembelajaran Spermatophyta (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Rahmat, I., & Chanunan, S. (2018). Open Inquiry in Facilitating Metacognitive Skills on High School Biology Learning: An Inquiry on Low and High Academic Ability. International Journal of Instruction, 11(4), 593-606.

Salsabila, E. R., Wijaya, A. F. C., & Winarno, N. (2019). Improving Students' Sustainability Awareness through Argument-Driven Inquiry. Journal of Science Learning, 2(2), 58-64.

Yolanda, S. E., Gunawan, G., & Sutrio, S. (2019). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan video kontekstual terhadap penguasaan konsep fisika peserta didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(2), 341.

Yuniarita, F. (2014). Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Siswa SMP. Jurnal Pengajaran MIPA, 19(1), 111-116.

Yusuf, F. M., Nusantari, E., Abdul, A., & Abdan, H. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Literasi Sains Siswa pada Konsep Pembelahan Sel. Proceedings of the ICECRS, 2(1), 253-260.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.