Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan LKPD Materi Zat dan Perubahannya Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP Kelas VII

Rania Yuniati, Nofita Fajariyanti, Dini Nurghaisani Fahrana, Neng Esih Mandalawati, Sekarmaya Andrawaty, Ai Nurpida, Rania Yuniati

Abstract

Makalah ini menyediakan templat untuk mempersiapkan makalah untuk

Hasil belajar merupakan cara yang pendidik lakukan untuk mengetahui ketercapaian pembelajaran yang telah dilakukan. Hasil belajar kognitif siswa di sekolah masih cenderung kurang dan memiliki berbagai faktor penyebabnya. Minimnya inovasi pembelajaran mengakibatkan siswa tidak terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran sehingga eksplorasi materi pelajaran yang diberikan terkesan monoton dan berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan LKPD terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VII. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri di Kota Serang Kelas VII dengan materi Zat dan Perubahannya. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII sebanyak 206 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-eksperimental Design dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang menggunakan quasi eksperimen berupa pretest dan post-test. Hasil penelitian menunjukan terdapat tingkat keefektivitasan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan LKPD terhadap hasil belajar kognitif pada kelas VII A 63.33%, VII B 56,9%, dan kelas VII D 73,8% dengan kategori cukup efektif. Peserta didik mengalami peningkatan hasil belajar pada materi komposisi zat dan perubahannya.

Learning outcomes are a way that educators do to determine the achievement of learning that has been done. Students' cognitive learning outcomes in schools still tend to be lacking and have various contributing factors. The lack of learning innovation results in students not being actively involved in the learning process so that the exploration of the subject matter provided seems monotonous so that it has an impact on student learning outcomes. This study aims to determine the effectiveness of using the Problem Based Learning (PBL) learning model assisted by LKPD on cognitive learning outcomes of seventh grade students. This research was conducted at public junior high schools in Serang City Class VII with the material of Substance and its Changes. The research subjects were seventh grade students totaling 206 students. The type of research used in this study is Pre-experimental Design with quantitative descriptive analysis techniques using quasi experiments in the form of pretest and post-test. The results showed that there was an effectiveness level using the Problem Based Learning learning model assisted by LKPD on cognitive learning outcomes in class VII A 63.33%, VII B 56.9%, and class VII D 73.8% with a fairly effective category. Students experience an increase in learning outcomes in the material composition of substances and their changes.

Keywords

Hasil kognitif siswa; model pembelajaran; problem based learning

Full Text:

PDF

References

Ayunda, S. N., Lufri, L., & Alberida, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Journal on Education, 5(2), 5000-5015.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Berlian, M., Deswanti, R., Syafaren, A., & Putri, R. A. (2022). Analisis Kemampuan Kognitif Siswa Pada Pembelajaran IPA Di SMP Negeri 02 Rumbio Jaya. Bedelau: Journal of Education and Learning, 3(2), 84-93.

Dewi, Widya Puspita., Bayu, Gd. Wira dan Ni Nym. Arca Aspini. 2021. Model Pembelajaran Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Tematik (Muatan Pelajaran IPA) pada Siswa Kelas IV SD: Journal Basic Education Studies, 4(2), 158- 164. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS.

Diana, R., & Makiyah, Y. S. (2021). Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah pada Materi Interferensi celah Ganda. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(1), 48-54.

Diniaty, Artina., Atun, Sri., (2015). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Industri Kecil Kimia Berorientasi Kewirausahaan Untuk Smk. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, Vol.1 No. 1 (April 2015), h.50.

Dwiyanti, N. K. E. M., Rati, N. W., & Lestari, L. P. S. (2023). Dampak Model Problem Based Learning Berbantuan Liveworksheet Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 285-294.

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. USA: Dept of Physics Indiana University.

Hake, R.R. (1998). Interactive engagement v.s traditional methods: six- thousand student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics. 66(1).

Hidayati, B. N., & Zulandri, Z. (2021). Efektifitas LKPD Elektronik sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2), 25-30.

Kristyowati, Reny. (2018). Lembar Kerja peserta didik (LKPD) IPA sekolah dasar berorientasi lingkungan. In Prosiding Seminar dan Diskusi Pendidikan Dasar.

Nelvianti., Fitria, Y. (2020). Karakteristik Model Problem Based Learning Brrbantuan E-Learning Portal Rumah Belajar pada Pembelajaran IPA Tematik. Pedagogia: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(02), 162-172. https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i1.10718.

Ngalimun. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Nofziarni, A., Hadiyanto, H., Fitria, Y., & Bentri, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2016-2024

Nurnafiah, A. N. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa dengan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan LKPD Pada Pembelajaran Biologi. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(8), 116-125.

Paradina, D., Connie, C., & Medriati, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3 Desember), 169-176.

Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Regita C, Pramesthi, D., Hakim, A. R., & Triwahyuningtyas, D. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pada Pembelajaran Ipa Berbasis Masalah Pada Kelas IV Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional PGSD Unikama, 4, 291–303. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/pgsd/article/view/511.

Suryosubroto, B. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sufiyanto, M. I. (2020). Pembelajaran IPA SD/MI. Manggu.

Supiandi, M. I., & Julung, H. (2016). Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar kognitif siswa biologi SMA: Jurnal Pendidikan Sains, 4(2), 60-64. http://dx.doi.org/10.17977/jps.v4i2.8183.

Suryani, D. D., Setyawati, R. D., & Roshayanti, F. (2023). PENGARUH MODEL PBL MENGGUNAKAN LKPD BERBANTUAN MEDIA PUZZLE PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IIA. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 776-788.

Swiyadnya, I. M. G., Wibawa, I. M. C., & Sudiandika, I. K. A. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD Terhadap Hasil Belajar Muatan Pelajaran IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 9(2), 203-210.

Tarigan, B. N. B., Agung, A. A. G., & Parmiti, D. P. (2019). Pengembangan lembar kerja siswa (lks) bermuatan karakter untuk meningkatkan hasil belajar ipa. Journal of Education Technology, 3(3), 179-185.

Usmadi, U. (2020). Pengujian persyaratan analisis (Uji homogenitas dan uji normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50-62.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.