Pengaruh Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) dengan Pendekatan Stem terhadap Keterampilan Argumentasi pada Materi Cahaya dan Alat Optik

Ellin Nurhidayati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi pengaruh model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) dengan pendekatan STEM terhadap keterampilan argumentasi tertulis peserta didik SMP Negeri 2 Kebakkramat pada materi cahaya dan alat optik berdasarkan perbedaan hasil tes keterampilan argumentasi tertulis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Experimental Design (eksperimen semu) dengan jenis Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Kebakkramat tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas VIII G sebagai kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran dengan model pembelajaran ADI dengan pendekatan STEM dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran dengan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan saintifik. dengan masing-masing berjumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes uraian keterampilan argumentasi tertulis sebanyak 6 soal. Analisis data dilakukan dengan uji independent sample t-test dengan taraf signifikansi 5 % dan uji lanjutan hipotesis yaitu uji effect size. Hasil uji hipotesis menggunakan SPSS 25 diperoleh nilai signifikansi 0.001 < 0.05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Besarnya perbedaan yaitu sebesar 0.83 yang masuk kriteria besar. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ADI dengan pendekatan STEM mempunyai potensi berpengaruh terhadap keterampilan argumentasi tertulis berdasarkan perbedaan hasil keterampilan argumentasi tertulis.

This research aims to determine the potential influence of the Argument Driven Inquiry (ADI) learning model with a STEM approach on the written argumentation skills of students at SMP Negeri 2 Kebakkramat on light and optical instruments based on differences in written argumentation skills test results. This research is a quantitative research with a Quasi Experimental Design (quasi-experiment) with a Pretest-Posttest Control Group Design type. The population of this research is all students in class VIII of SMP Negeri 2 Kebakkramat for the 2022/2023 academic year. The sampling technique was carried out using a cluster random sampling technique. The research sample consisted of 2 classes, namely class VIII G as the experimental class given learning treatment using the ADI learning model with a STEM approach and class VIII D as the control class given learning treatment with the discovery learning model with a scientific approach. with 32 students each. The data collection technique was carried out using a written argumentation skills description test with 6 questions. Data analysis was carried out using an independent sample t-test with a significance level of 5% and a further hypothesis test, namely the effect size test. The results of hypothesis testing using SPSS 25 obtained a significance value of 0.001 < 0.05 so that H0 was rejected and H1 was accepted. The size of the difference is 0.83 which is within the large criteria. It can be concluded that the ADI learning model with a STEM approach has the potential to influence written argumentation skills based on differences in the results of written argumentation skills.

Full Text:

PDF

References

Altan, E. B., Yamak, H., Kirikkaya, E. B., & Kavak, N. (2018). The Use of Design-based Learning for STEM Education and Its Effectiveness on Decision Making Skills. Universal Journal of Educational Research, 6(12), 2888–2906. https://doi.org/10.13189/ujer.2018.061224

Amielia, S. D. (2018). Pengembangan Modul Berbasis Argumen Driven Inquiry (ADI) Pada Materi Sistem Ekskresi Untuk Memberdayakan Keterampilan Argumentasi Siswa Kelas XI. Universitas Sebelas Maret.

Anggraini, F. I., & Huzaifah, S. (2017). Implementasi STEM dalam pembelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA, 722–731.

Bedir, H. (2019). Pre-service ELT teachers’ Beliefs and Perceptions on 21st Century Learning and Innovation Skills (4Cs). Journal of Language and Linguistic Studies, 15(1), 231–246.

Demircioglu, T., & Ucar, S. (2015). Investigating the Effect of Argument-Driven Inquiry in Laboratory Instruction. Educational Science Theory & Practice, 15(1), 267–283. https://doi.org/10.12738/estp.2015.1.2324

Dwiretno, G., & Setyarsih, W. (2018). Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Argument Driven Inquiry (ADI) Untuk Melatihkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik. Inovasi Pendidikan Fisika, 7(2), 337–340.

Ekanara, B., Hilmi, Y. A., & Hamdiyati, Y. (2018). Hubungan Kemampuan Penalaran dengan Keterampilan Argumentasi Siswa pada Konsep Sistem Pencernaan melalui PBL (Problem Based Learning). Biodidaktika: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 13(2), 45–54.

Fakhrudin, I. A., Probosari, R. M., Indriyani, N. Y., Khasanah, A. N., & Utami, B. (2023). Implementasi Pembelajaran STEM dalam Kurikulum Merdeka: Pemetaan Kesiapan, Hambatan dan Tantangan pada Guru SMP. Resona: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 7(1), 71–81.

Fisher, A. (2009). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Erlangga.

Foong, C. C., & Daniel, E. G. S. (2013). Students’ Argumentation Skills across Two Socio-Scientific Issues in a Confucian Classroom: Is Transfer possible? International Journal of Science Education, 35(14), 2331–2355. https://doi.org/10.1080/09500693.2012.697209

Friska, R. I., Siahaan, P., & Hendayana, S. (2022). Junior High School Students Scientific Argumentation Skills on Conventional Biotechnology Materials. Journal of Educational Sciences, 6(1), 143–157. https://doi.org/10.31258/jes.6.1.p.143-157

Ginanjar, W. S., Utari, S., & Muslim. (2015). Penerapan Model Argument Driven Inquiry dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa SMP. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 20(1), 32–37. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v20i1.559

Grooms, J., Enderle, P., & Sampson, V. (2015). Coordinating Scientific Argumentation and the Next Generation Science Standards through Argument Driven Inquiry. Science Educator, 24(1), 45–50. https://www.researchgate.net/publication/315815983

Izzati, N., T, L. R., Susanti, S., & Siregar, N. A. R. (2019). Pengenalan Pendekatan STEM sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Anugerah, 1(2), 83–89. https://doi.org/10.31629/anugerah.v1i2.1776

Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064–1074. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124

Kelley, T. R., & Knowles, J. G. (2016). A Conceptual Framework for Integrated STEM Education. International Journal of STEM Education, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.1186/s40594-016-0046-z

Liu, Q. T., Liu, B. W., & Lin, Y. R. (2018). The influence of prior knowledge and collaborative online learning environment on students’ argumentation in descriptive and theoretical scientific concept. International Journal of Science Education, 1–23. https://doi.org/10.1080/09500693.2018.1545100

Marhamah, O. S., Nurlaelah, I., & Setiawati, I. (2017). Penerapan Model Argument Driven Inquiry (ADI) dalam Meningkatkan Kemampuan Berargumentasi Siswa pada Konsep Pencemaran Lingkungan Di Kelas X SMA Negeri 1 Ciawigebang. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 9(2), 39–45. https://doi.org/10.25134/quagga.v9i02.747.Abstrak

Mcneill, K. L., & Krajcik, J. (2006). Middle School Students’ Use of Appropriate and Inappropriate Evidence in Writing Scientific Explanations. Thinking with Data: The Proceedings of the 33rd Carnegie Symposium on Cognition.

Muttaqiin, A. (2023). Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) pada Pembelajaran IPA untuk Melatih Keterampilan Abad 21. Jurna Pendidikan MIPA, 13(1), 34–45. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.819

NRC. (2014). STEM Integration in K-12 Education: Status, Prospects, and an Agenda for Research. The National Academies Press.

Nugroho, A. A., Sajidan, S., Suranto, S., & Masykuri, M. (2023). Analysis of Students Argumentation Skills in Biotechnological Socioscientific Issue for Designing Innovative Learning. AIP Conference Proceedings. https://doi.org/10.1063/5.0143258

Osborne, J., Erduran, S., & Simon, S. (2004). Enhancing the Quality of Argumentation in School Science. Journal of Research in Science Teaching, 41(10), 994–1020. https://doi.org/10.1002/tea.20035

Paramita, A. K., Dasna, I. W., & Yahmin. (2019). Kajian Pustaka: Integrasi STEM untuk Keterampilan Argumentasi dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Pembelajaran Kimia, 4(2), 92–99.

Parenta, Y., Masykuri, M., & Saputro, S. (2022). Literature Study: Application of PBL-STEM on Simple Machine Topic to Improve Critical Thinking Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(2), 674–680. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i2.1181

Pritasari, A. C., Dwiastuti, S., & Probosari Riezky Maya. (2016). Peningkatan Kemampuan Argumentasi melalui Penerapan Model Problem Based Learning pada Siswa Kelas X MIA 1 SMA Batik 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Biologi, 8(1), 1–7.

Rahayu, Y., Suhendar, S., & Ratnasari, J. (2020). Keterampilan Argumentasi Siswa pada Materi Sistem Gerak SMA Negeri Kabupaten Sukabumi-Indonesia. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(03), 312–318. https://doi.org/10.22437/bio.v6i3.9802

Sadieda, L. U. (2019). Kemampuan Argumentasi Mahasiswa melalui Model Berpikir Induktif dengan Metode Probing-Prompting Learning. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 23–32. https://doi.org/10.21831/pg.v14i1.24038

Sampson, V., & Walker, J. P. (2012). Argument-Driven Inquiry as a Way to Help Undergraduate Students Write to Learn by Learning to Write in Chemistry. International Journal of Science Education, 34(10), 1443–1485. https://doi.org/10.1080/09500693.2012.667581

Sari, R. A., Musthafa, B., & Yusuf, F. N. (2021). Pembelajaran Argument Driven Inquiry pada Materi Suhu dan Kalor untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 21(2), 88–97. https://doi.org/10.17509/jpp.v21i2.37134

Sasomo, B. (2020). Pengembangan STEM-V(Science, Technology, Engineering, Mathematic and Video) pada Pembelajaran Daring dengan Kearifan Lokal melalui Permainan Tradhisional di Masa Pandemi Covid-19. Malay Local Wisdom in the Period and After the Plague, 57–64. https://www.researchgate.net/publication/343008587

Siska, Triani, W., Yunita, Maryuningsih, Y., & Mujib Ubaidillah. (2020). Penerapan Pembelajaran Berbasis Socio Scientific Issues untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah. Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(1), 22–33.

Siswanto, J. (2018). Keefektifan Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(2). https://doi.org/10.26877/jp2f.v9i2.3183

Siswanto, Kaniawati, I., & Suhandi, A. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Pembangkit Argumen menggunakan Metode Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Berargumentasi Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10(2), 104–116. https://doi.org/10.15294/jpfi.v10i2.3347

Suganda, T. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Argumentasi Ilmiah Siswa pada Materi Gelombang dengan Model Argument Driven Inquiry (ADI) disertai STEM dan Penilaian Formatif. Universitas Negeri Malang.

Walker, J. P., & Sampson, V. (2013). Argument-Driven Inquiry: Using the Laboratory to Improve Undergraduates’ Science Writing Skills through Meaningful Science Writing, Peer-review, and Revision. Journal of Chemical Education. https://doi.org/10.1021/ed300656p

Walker, J. P., Sampson, V., Grooms, J., Anderson, B., & Zimmerman, C. O. (2012). Argument-Driven Inquiry in Undergraduate Chemistry Labs: The Impact on Students’ Conceptual Understanding, Argument Skills, and Attitudes toward Science. Journal of College Science Teaching, 41(4), 82–89. https://www.researchgate.net/publication/259041844

Widarti, R., & Roshayanti, F. (2021). Potensi Implementasi STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematic) berorientasi ESD (Education for Sustainable Development) dalam Pembelajaran Fluida. Unnes Physics Education Journal, 10(3), 291–295. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej

Zairina, S., & Hidayati, S. N. (2022). Analisis Keterampilan Argumentasi Siswa SMP Berbantuan Socio-Scientific Issue Pemanasan Global. Pensa E-Jurnal:Pendidikan Sains, 10(1), 37–43.

Zulfa, R. N., & Masykuri, M. (2022). Efektivitas Perangkat Pembelajaran Terintegrasi STEM terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan, 7(1), 43–49.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.