PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN METODE RECIPROCAL TEACHING (RT) DAN PROBLEM POSING (PP) DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN VERBAL

Arista Novia Dewi, Ashadi Ashadi, Sri Mulyani

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk  mengetahui pengaruh pembelajaran kimia menggunakan metode PP dan RT, kemampuan berpikir kritis, kemampuan verbal dan interaksinya terhadap prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, populasinya terdiri dari semua siswa kelas XI IPA SMA N 1 Nguter. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas XI IPA 1 diberikan pembelajaran dengan metode RT, sedangkan XI IPA 2 diberikan pembelajaran dengan metode PP. Data dikumpulkan dengan tes untuk prestasi kognitif, kemampuan verbal dan kemampuan berpikir kritis, bservasi untuk prestasi belajar psikomotor serta angket untuk prestasi belajar afektif. Teknik analisis data menggunakan analisis non parametrik Kruskal Wallis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Ada pengaruh pembelajaran kimia menggunakan metode Probem Posing dan RT baik  prestasi ranah kognitif, afektif dan psikomotor. (2) Ada pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi afektif, tetapi tidak ada pengaruh terhadap prestasi kognitif dan psikomotor. (3) Ada pengaruh kemampuan verbal terhadap prestasi kognitif dan psikomotor, tetapi tidak ada pengaruh terhadap prestasi afektif. (4) Ada interaksi antara metode pembelajaran PP dan RT dengan kemampuan berpikir kritis tinggi dan rendah terhadap prestasi kognitif, afektif, dan pikomotor. (5) Ada interaksi antara metode pembelajaran PP dan RT dengan kemampuan verbal tinggi, rendah terhadap prestasi kognitif, afektif maupun psikomotor. (6) Ada interaksi antara kemampuan verbal  dan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi kognitif dan afektif. Tetapi, tidak ada interksi pada prestasi psikomotor. (7) Ada interaksi antara metode PP dan RT dengan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan verbal terhadap prestasi kognitif, afektif dan psikomotor.

Keywords

metode Problem Posing (PP); Reciprocal Teaching (RT), Kemampuan Berpikir Kritis; Kemampuan Verbal

Full Text:

PDF

References

Afandi, Agus. (2012). Pembelajaran Kimia Menggunakan Metode RT untuk meningkatkan prestasi belajar siswa ditinjau dari Kemampuan berpikir kritis pada materi Biologi umum. publised Pendidikan Sains UNS. Surakarta.

Afifah, L. (2012). Efektivitas penggunaan model reciprocal teaching dengan melakukan fieldtrip terhadap hasil belajar matematika.

Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical Thinking : An Outline of Critical Thinking Dispositions,1–8.

Fisher, Alec. 2009. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga

Marsutji, E., Bakti, S., Sunarno, W., & Suparmi. (2013). Dengan Laboratorium Riil Dan Laboratorium Virtuil Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir. Inkuiri, 2(3), 238–246. Retrieved from http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sains

Mcallum, R. (2014). Reciprocal Teaching : Critical Reflection on Practice. Weaving Educational Practice, 15(1), 26–35.

Nugroho, S., & Mulyani, S. (2014). Pembelajaran Kimia Dengan model Thinking Aloudpair Problem Solving ( Tapps ) Dan Pp ( Pp ) Ditinjau Dari Kemampuan Verbal Dan kemampuan berpikir kreatif. Tesis, 1–11.

Nurkholis, A. (2013). Melalui Metode Eksperimen Dan Poe Ditinjau Dari Kemampuan Menggunakan Alat Ukur, 2(3), 216–227.

Nurlaila, N., Suparmi, & Sunarno, W. (2013). Pembelajaran Fisika Dengan Pbl Menggunakan Problem Solving Dan Pp Ditinjau Dari Kreativitas Dan Keterampilan Berpikir. Inkuiiri, 2(2), 114–123.

Pittalis, M., Christou, C., Mousoulides, N., & Pitta-Pantazi, D. (2004). A structural model for PP. Proceedings of the 28th …, 4, 49–56. Retrieved from http://www. emis.ams.org/proceedings/PME28/RR/RR058_Pittalis.pdf

Palinscar. A.S and A.L Brown. (1984). Rsiprocal Teaching of Comprehension Fostering and Comprehension Monitoring Activities. Cognition and Intruction. 2, 115-157.

Rosli, R., Capraro, M. M., & Capraro, R. M. (2014). The Effects of PP on Student Mathematical Learning : A Meta-Analysis. JurnaInternational Education Studies;, 7(13), 227–241.https://doi.org/10.5539/ies.v7n13p227

Thompson, C. (2011). Critical Thinking Across the Curriculum. Humanities and Social Science, 1(9), 1–7. https://doi.org/10.1007/s11245-016-9401-4

Refbacks

  • There are currently no refbacks.