Model Quantum Teaching terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Siswa pada Materi Organ Pernapasan Manusia di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Quantum Teaching terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN 1 Bumiharjo pada materi organ pernapasan manusia. Metode yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan desain one group pretest-posttest dan melibatkan 23 siswa sebagai sampel yang dipilih secara purposive. Tes berpikir kritis diberikan sebelum dan sesudah penerapan model. Hasil uji Paired Sample T-Test menunjukkan peningkatan signifikan (p < 0,001), dengan nilai effect size sebesar 6,89 yang termasuk kategori tinggi. Temuan ini menunjukkan bahwa Quantum Teaching sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Selain itu, model ini juga mampu menciptakan pembelajaran yang aktif, menyenangkan, dan mendorong partisipasi siswa secara mandiri. Oleh karena itu, Quantum Teaching layak dijadikan alternatif dalam pembelajaran sains di tingkat sekolah dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2476–2482. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800 Adri, R. F. (2020). Pengaruh Pre-Test Terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa. MENARA Ilmu, 14(1), 81–85. Aini, M., Ridianingsih, D. S., & Yunitasari, I. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Berbasis Stemterhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(4), 247–253. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i4.118 Ambarita, A., NUR JANAH, P. I., & TARIGAN, H. (2020). Pengaruh Model Quantum Teaching terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika Kelas V SDN. Jurnal Ilmiah Aquinas, 3(2), 187–207. https://doi.org/10.54367/aquinas.v3i2.712 Anggraeni, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Ips Di Kelas Tinggi. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(1), 84–90. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n1.p84-90 Azizah, L., Prayogi, A., Faradhillah, N., & Nasrullah, R. (2024). Implementasi Pembelajaran Berbasis Metode Quantum Teaching pada Mapel Akidah Akhlak di MTsN 2 Pekalongan. Education and Islamic Studies Journal, 1. Damayanti, A. N., & Raharjo. (2020). Alvian Novita Damayanti dan Raharjo: Validitas Flipbook Interaktif 443 The Validity of Interactive Flipbook in Human Respiration System to Train Critical Thinking Skills of Class XI Senior High School Students. Bioedu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 9(3), 443–450. Darmadi. (2016). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Group Penerbitan CV. Budi Utama. Fitriani, F. H., Yunus, M., & Burhan, B. (2023). Efek Moderasi Motivasi Belajar Pada Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kabupaten Pinrang. Bosowa Journal of Education, 4(1), 66–71. https://doi.org/10.35965/bje.v4i1.3848 Harahap, U. A., & Marwiyah, M. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Tandur Terhadap Hasil Belajar Ipa. Nizhamiyah, 13(1), 43. https://doi.org/10.30821/niz.v13i1.2747 Huda. (2018). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Belajar. http://kin.perpusnas.go.id/DisplayData.aspx?pId=60887&pRegionCode=UNES&pClientId=634 Larasayu, E. T., & Subrata, H. (2014). Penggunaan Model Tandur Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa Siswa Kelas Ii Sdn Sidomulyo Ii. Jpgsd, 02(02), 1–10. Mediawadi, N. K. D., & Trimawan, K. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Model Quantum Teaching. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 88–95. Mia, & Nasir, Y. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap The Effect of Quantum Teaching Learning Model on Students’ Biological Critical Thinking Ability Class XI MIA SMA Negeri 5 Barru. 10(2), 6–12. http://jurnal.fkip.untad.ac.id Nursalam, M., HS, E. F., & Jusmawati, J. (2021). Efektifitas Model Quantum Teaching Terhadap Pembelajaran Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 506–516. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.724 Putri, E. L. D., Hader, A. E., & Andiyanto, A. (2021). Model Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Siswa Muatan IPA di Sekolah Dasar. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 255–263. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.38651 Retnowati, F. D. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Tandur untuk Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Materi Komsumsi dan Investasi pada Siswa Kelas X-4 SMAN 1 Kutorejo Mojokerto. Reviu Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 4(2), 57–72. Safarati, N., & Zuhra, F. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbantuan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma. Jemas, 2(1), 33–37. http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/42433NandaSafaratidanFatmaZuhra Sarifah, F., & Nurita, T. (2023). Implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi. Pendidikan Sains, 11(1), 22–31. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/46474 Sista, S. S. W., Astutik, S., Apriyanto, B., Mujib, M. A., & Kurnianto, F. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Majalah Pembelajaran Geografi, 6(1), 10. https://doi.org/10.19184/pgeo.v6i1.37604 Subiyanto, H. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Pada Siswa Kelas Vii B Smpn 3 Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan Efforts to Improve IPS Learning Outcomes Through Quantum Teaching Learning Model in Students of Class VII. Nusantara Hasana Journal, 1(11), 1–10. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta. Sutarna, N., & Nurfirdaus, N. (2020). Bahan Ajar Berbasis Model Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 417–425. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i1.457 Sutarna, N., Tjahyadi, C., Oktivasari, P., Dwiyaniti, M., & Tohazen. (2024). Hyperparameter Tuning Impact on Deep Learning Bi-LSTM for Photovoltaic Power Forecasting. Journal of Robotics and Control (JRC), 5(3), 677–693. https://doi.org/10.18196/jrc.v5i3.21120 Widowati, C., & Purwanto, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi Dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Makhluk Hidup. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 115–119. Wote, A. Y. V., Sasingan, M., & Kitong, O. E. (2020). Efektivitas Penggunaan Model Quantum Teaching dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Technology, 4(2), 96. https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.24369
Refbacks
- There are currently no refbacks.