Implementasi Model Guided Discovery Learning Terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa Kelas VII pada Materi Tata Surya
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa dengan menggunakan model Guided Discovery Learning siswa kelas VII pada materi Tata Surya. Penelitian ini terdiri dari empat siklus, pada setiap siklus mempunyai empat tahapan tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII D yang terdiri dari 31 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian pada pra siklus, siswa kelas VII D memiliki keterampilan kolaborasi rendah. Setelah dilakukan tindakan, keterampilan kolaborasi siswa terus meningkat setiap siklusnya. Persentase ketuntasan siswa pada siklus 1 19,35%, siklus 2 sebesar 35,48%, siklus 3 sebesar 61,29 persen dan pada siklus 4 mencapai 83,87%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, penerapan model pembelajaran Guided Discovery Learning dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa kelas VII pada materi Tata Surya.
This research is Classroom Action Research (CAR) which aims to improve students' collaboration skills using the Guided Discovery Learning model for class VII students on the Solar System subject. This research consists of four cycles, each cycle has four stages of action, namely planning, implementation, observation and reflection. The research subjects were class VII D students consisting of 31 students. The data sources in this research are teachers and students with data collection techniques using interview and observation methods. The data analysis technique uses descriptive-qualitative analysis. The results of pre-cycle research show that class VII D students have low collaboration skills. After taking action, students' collaboration skills continue to improve each cycle. The percentage of student completion in cycle 1 was 19.35%, cycle 2 was 35.48%, cycle 3 was 61.29 percent and in cycle 4 it reached 83.87%. Based on the research results, it can be concluded that the application of the Guided Discovery Learning learning model can improve the collaboration skills of class VII students on the Solar System subject.
Keywords
References
Arikunto, S., Supardi, & Suhardjono. (2016). Penelitian tindakan kelas. Bumi Aksara.
Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Buku pegangan pembelajaran keterampilan berpikir tingkat tinggi berbasis zonasi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Da Fonte, M. A., & Barton-Arwood, S. M. (2017). Collaboration of general and special education teachers: Perspectives and strategies. Intervention in School and Clinic, 53(2), 99–106. https://doi.org/10.1177/1053451217693370
Fransisca, I. (2018). Pengembangan media pembelajaran video berbasis Sparkol Videoscribe pada pelajaran IPA dalam materi tata surya kelas VI SD. J-PGSD, 6(11), 1916–1927.
Kunandar. (2016). Langkah mudah penelitian tindakan kelas sebagai pengembangan profesi guru. PT Rajagrafindo Persada.
Kusumadewi, C. A., & Rosnawati, R. (2020). Optimalisasi guided discovery learning untuk meningkatkan self-confidence siswa dalam pembelajaran matematika. Jurnal Kependidikan, 4(2), 282–294.
Najib, M., Syawaluddin, A., Raihan, S., & Abstrak, A. I. (2023). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif sistem tata surya berbasis literasi sains untuk siswa SD. JIPTEK, 1(1). http://www.jurnal.arthamaramedia.co.id/index.php/jiptek
Pardede, E., Motlan, & Suyanti, R. D. (2016). Efek model pembelajaran guided discovery berbasis kolaborasi dengan media Flash terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif tinggi fisika siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 12–17. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf
Sunbanu, H. F., Mawardi, & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan keterampilan kolaborasi siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 3(4). https://jbasic.org/index.php/basicedu
Syah, M. (2014). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. PT Remaja Rosdakarya.
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st century skills: Learning for life in our time. Jossey-Bass.
Tuti, K. N., Mawardi, & Astuti, S. (2019). Peningkatan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar siswa melalui penerapan model Teams Games Tournament pada siswa kelas 4 SD Negeri 05 Angan Tembawang. Jurnal Basicedu, 3(2), 320–325. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.9
Wiraatmadja. (2014). Metode penelitian tindakan kelas. PT Remaja Rosdakarya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.





