Identification of Students' Perceptions of Fraction Adventure Game in The Learning Process of Fraction Calculation Operation
Abstract
Penggunaan media pembelajaran yang menarik seperti game edukatif relevan untuk membantu siswa mengatasi kesulitan dalam memahami konsep pecahan. Namun, kurangnya penelitian mendalam mengenai persepsi siswa terhadap game edukatif menciptakan kebutuhan untuk eksplorasi lebih lanjut. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengidentifikasi pemahaman operasi hitung pecahan, 2) menganalisis keterlibatan aktif siswa dalam belajar, dan 3) menilai efektivitas game edukatif dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan diskriptif kualitatif dengan menganalisis hasil angket, wawancara, dan observasi. Kemudian data divalidasi dengan triangulasi sumber. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4 dan 5 sekolah dasar dengan total 45 siswa. Hasil penelitian menujukkan sebagian besar siswa mengalami peningkatan pemahaman konsep pecahan setelah bermain game edukatif, merasa lebih percaya diri dalam menghitung dan menjelaskan pecahan. Selain itu, siswa menunjukkan keterlibatan aktif selama pembelajaran, dengan 60% merasa senang dan tertarik saat bermain, serta berpartisipasi secara interaktif dengan teman.Serta ayoritas siswa menganggap game edukatif lebih efektif daripada metode tradisional, merasakan peningkatan hasil belajar dan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan. Game edukatif efektif meningkatkan pemahaman, keterlibatan, dan hasil belajar siswa dalam operasi hitung pecahan, menjadikannya metode pembelajaran yang menarik dan bermanfaat.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.