Author Guidelines
TITLE DITULIS DALAM BAHASA INGGRIS [Arial, 11pt]
Author1, Author2 [ Arial, 11pt]
Institution1, Institution2 [Arial, 11pt]
Abstract
Ditulis dalam Bahasa Inggris dan Indonesia, maksimal 150 kata, font Arial 10pt, spasi 1. Abstrak menguraikan latar belakang, tujuan, metode penelitian (jika penelitian), hasil kajian atau penelitian, dan simpulan.
PENDAHULUAN
Artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia, font Arial 11pt, spasi 1. Bagian pendahuluan sebanyak 500-1000 kata. Pada bagian pendahuluan, diuraikan pemasalahan yang menjadi latar belakang kajian atau penelitian, diantaranya dapat mendeskripsikan fenomena permasalahan yang diamati, kondisi nyata yang diperoleh yang dapat ditunjang dengan beberapa teori. Bagian selanjutnya dapat dipaparkan data-data ataupun fakta-fakta yang mendukung penelitian maupun gagasan pemikiran. Kemudian dapat dipaparkan rumusan masalah dan tujuan dilakukannya penelitian. Literatur dapat dituliskan secara terintegrasi pada bagian ini. Penulisan literatur dapat dituliskan nama dan tahun sebagai berikut, Hopkins (2008) menyatakan bahwa......., atau Classroom Research adalah.....(Hopkins, 2008).
METODE
Bagian ini disajikan jika artikel merupakan hasil penelitian (hasil kajian tidak perlu menyajikan bagian ini). Bagian ini disajikan maksimal 200 kata. Bagian ini dipaparkan pendekatan dan/atau metode penelitian, data dan sumber data, teknik dan alat pengumpulan data, serta teknik analisi data yang digunakan.
HASIL DAN PEMBAHASAN
Bagian ini sebanyak 800-1000 kata. Pada bagian pembahasan, diuraikan hasil kajian/penelitian dan hubungannya dengan kerangka teori atau kajian empirik terdahulu. Pada bagian ini dapat mnyertakan tabel dan gambar secara ringkas. Contoh penyajian tabel dan gambar sebagai berikut.
Tabel 1. Rata-rata Skor Observasi Keterampilan Proses
Aspek | Skor Rata-rata |
| KE1 | KE2 | KK |
Mengamati | 2.94 | 2.38 | 2.21 |
Mengelompokkan | 2.14 | 1.82 | 0.99 |
Menerapkan | 3.04 | 2.72 | 1.95 |
Meramalkan | 2.13 | 1.61 | 0.68 |
Menafsirkan | 3.00 | 2.73 | 2.15 |
Mengkomunikasikan | 3.58 | 3.24 | 2.39 |
"GAMBAR"
Gambar 1. Hasil Observasi Keterampilan Proses Sains
SIMPULAN
Bagian ini maksimal 200 kata. Menyajikan simpulan hasil kajian/penelitian, implikasi serta rekomendasi lebih lanjut yang menjadi prospek kajian/penelitian berikutnya.
DAFTAR PUSTAKA
Literatur yang digunakan 50% menggunakan literatur berasal dari jurnal nasional dan internasional maksimal 10 tahun terakhir. Tata cara penulisan daftar mengikuti aturan APA. APA merupakan kependekan dari American Psychological Association, sehingga APA Styles merupakan salah satu bentuk sitasi yang dikeluarkan oleh organisasi APA terutama untuk bidang psikologi dan sosial. Beberapa ciri gaya penulisan sitiran dari APA Styles adalah: (1) Daftar Pustaka diurutkan alfabetis berdasarkan Nama Belakang Penulis atau Judul apabila tidak ada penulis; (2) Nama depan penulis ditulis sebagai inisial; (3) Apabila ada penulis sama dalam daftar pustaka ditulis berurutan dari tahun yang paling lama; (4) Bisa ditambahkan huruf a, b, c setelah tahun. Beberapa contoh sebagai berikut:
Kim, C., Mirusmonov, M., Lee, I. (2010). An Empirical Examination of Factors Influencing the Intention to Use Mobile Payment. Computers in Human Behavior, 26 (1), 310‐322.
Johnson, B. & Christensen, Larry. (2012). Educational Research: Quantitative, Qualitative, and Mixed Approaches (4th ed). London: SAGE Publication Ltd.
Hakim, C.. (2016, Juni 16). Kode Morse THR. Kompas Online. Diakses dari http://www.kompas.com
Young, R.F. (2007). Crossing Boundaries in Urban Ecology (Doctoral Dissertation). Tersedia dari Proquest Dissertation & Theses Database.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2011). Peraturan Mendiknas tentang Satuan Pengawasan Internal (Permendiknas Nomor 47 tahun 2011). Jakarta: Penulis.