Analysis of Pancasila Education Books at Primary School Level
Abstract
Buku Pendidikan Pancasila merupakan bahan ajar yang menunjang proses belajar mengajar dan menjadi sarana dalam mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Buku Pendidikan Pancasila SD/MI Kelas 1 pada jenjang sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif serta metode deskriptif dengan melakukan studi literatur oleh penulis dari sumber-sumber kredibel seperti jurnal, buku, dan artikel yang kredibel serta relevan. Hasil studi literatur menunjukkan bahwa komponen – komponen bahan ajar seperti judul, tujuan pembelajaran dan/atau materi pokok, informasi pendukung, latihan, serta penilaian sudah terpenuhi. Pada bagian judul font tulisan sangat kecil, urutan capaian pembelajaran dan materi pada buku siswa kurang sesuai, penulisan tujuan pembelajaran tidak mencantumkan unsur C (Condition), D (Degree). Selain itu, dua komponen keterampilan abad 21 yaitu berpikir kritis dan kreativitas belum dimunculkan secara maksimal. Secara umum, buku ini sudah layak berdasarkan kelengkapan komponen bahan ajar tetapi memerlukan pengembangan aktivitas keterampilan abad 21 dengan cara memuat gambar yang lebih kontekstual dan mengangkat potensi lokal daerah.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.