Project Based Learning as The Actualization of Elementary School Students' Performance in Science and Social Learning
Abstract
Model project based learning menjadi bagian penting dalam proses pembelajaran berdasarkan “Kurikulum Merdeka” di sekolah dasar. Fokus pembelajaran pada “Kurikulum Merdeka” di tingkat sekolah dasar yakni terletak pada kebebasan untuk belajar mandiri, sehingga diharapkan berdampak pada karakter yang merdeka pada diri siswa. Tujuan penulisan artikel ilmiah ini untuk mengidentifkasi dan mendeskripsikan pelaksanaan model project based learning dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial bagi siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam artikel ini yakni studi pustaka tentang pelaksanaan pembelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial dengan project based learning. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model project based learning memiliki beberapa keunggulan, diantaranya siswa dapat memahami bernagai fenomena alam dan sosial di lingkungan mereka berdasarkan teknik eksperimen dan pengalaman empiris selama pembelajaran, mereka bisa menyelesaikan proyek yang mengharuskan mereka mencari solusi atas tantangan alam, seperti tata cara menjaga lingkungan dengan saling bekerja sama. Dengan demikian, implementasi model ini memiliki dampak pengiring seperti keterampilan komunikasi dan kolaborasi yang menuntun siswa mulai dari perencanaan hingga penyelesaian masalah. Oleh karena itu, guru perlu memiliki kesiapan mengajar dan pemahaman matang sebelum menerapkan model ini dalam pembelajaran IPAS.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.