Guided Discovery Model to Improve Mathematics Learning Outcomes About The Properties of Flat And Space Buildings In Class V Semester Ii Studentssd Negeri 4 Gunungwetan District Jatilawang, Banyumas District Academic Year 2021/ 2022

Puji Restiani

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk 1) mengetahui keaktifan siswa dalam pembelajaran, 2) meningkatkan prestasi belajar siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 4 Gunungwetan Tahun Pelajaran 2021/2022 sebanyak 14 siswa, terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan yang terbagi menjadi tiga kelompok yaitu tiap kelompok beranggotakan masing-masing empat dan lima siswa. PTK ini terdiri dari 2 siklus yang setiap siklus terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan ( Acting ), observasi ( observing ), dan refleksi (reflecting). Dalam penelitian ini digunakan model penemuan terbimbing. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa pada setiap siklus. Pada tes awal, ketuntasan belajar hanya mencapai 57 %, ketuntasan belajar pada siklus pertama 71 % dan keaktifan siswa 62 %, siklus kedua ketuntasan belajar 88 % dan keaktifan siswa 94 %. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa terjadi kenaikan hasil belajar yang signifikan antar kondisi awal, siklus I dan siklus II, sebelum diterapkannya model pembelajaran penemuan terbimbing dan setelah diterapkannya model tersebut.Penerapan model Terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas V pada mupel Matematika Sifat Bangun Datar Dan Bangun Ruang.

Keywords

Model Penemuan Terbimbing, Hasil belajar, keaktifan siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.