Service Learning On Volley Ball Through Model Problem Based Learning to Students at SMK Negeri 1 Miri Sragen
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar servis atas bola voli melalui model problem-based learning pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Miri, Sragen. Variabel yang terdapat dalam penelitian ini adalah variabel terikat dan variabel bebas. Variabel terikatnya adalah servis atas bola voli, sedangkan variabel bebasnya adalah model problem- based learning. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 28 orang, yaitu 16 orang putri dan 12 orang putra. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa melalui model problem-based learning terbukti dapat meningkatkan keterampilan servis atas bola voli. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan keterampilan servis atas bola voli yang cukup baik, yaitu pada siklus I dengan nilai rata-rata 60,20 atau dalam persentase sebesar 35,71% sedangkan nilai rata-rata pada siklus II adalah 74,15 atau dalam persentase sebesar 78,57%.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.