Meningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Dengan Pembinaan Keterampilan Pada Siswa Kelas I SD Sabbihisma Kampung Olo Kecamatan Nanggalo Kota Padang

Fhamida Fhamida

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas I materi penjumlahan dan pengurangan dalam soal cerita melalui model pembelajaran dengan pembinaan keterampilan. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data diperoleh dari hasil belajar berupa penilaian harian peserta didik. Analisis data menggunakan analisis deskripsi komperatif yaitu membandingkan hasil pra siklus, hasil siklus satu dan hasil siklus dua. Hasil nilai rata-rata dari penelitian pra siklus yang belum menerapkan metode ini dari 72,17, siklus I dengan nilai rata-rata76,52 dan siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 82,60. Melalui penerapan model pembelajaran dengan pembinanaan keterampilan, maka dapat diketahui tingkat pencapaian KKM  75 % dapat terlampaui , dari penelitian pra siklus yang belum menerapkan metode ini 41,2% . Setelah dilaksanakan siklus I meningkat menjadi 73,53 %, selanjutnya pada siklus II sangat signifikan yaitu 93 %. Disarankan bagi teman sesama guru agar dapat menggunakan model pembelajaran dengan pembinanaan keterampilan sebagai salah satu alternatif untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SD Sabbihisma Padang.

Keywords

Pembinaan keterampilan, hasil belajar matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.