Efektivitas Pemanfaatan Laboratorium dalam Pembelajaran Kimia Di SMA Negeri 2 Boyolali
Aden Ilham Ahdila, Mohammad Masykuri, Budi Hastuti
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan laboratorium kimia di SMA Negeri 2 Boyolali, yang meliputi efektivitas pemanfaatan fungsi laboratorium kimia, efektivitas pemanfaatan alat dan bahan laboratorium kimia, dan efektivitas ketersediaan tenaga kerja laboratorium kimia di SMA Negeri 2 Boyolali. Model penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif yang melibatkan peserta didik dengan jumlah 119 sebagai sampel dari populasi 180 peserta didik, responden guru berjumlah satu orang sebagai sampel dari tiga guru kimia serta satu laboran. Hasil dari penelitian efektivitas pemanfaatan fungsi laboratorium kimia masuk dalam kategori efektif (83,81%), meliputi aspek sebagai berikut : (1) memperkuat pemahaman peserta didik masuk kategori efektif (84,1%), (2) Menumbuhkan sikap ilmiah peserta didik dalam kategori efektif (80,8%), (3) melatih keterampilan peserta didik kategori efektif (77,16%). Kemudian hasil dari efektivitas pemanfaatan alat dan bahan laboratorium kimia masuk kategori sangat efektif (90,73%), melipputi aspek-aspek sebagai berikut : (1) rasional pemanfaatan alat laboratorium masuk kategori efektif (82,68%), dan pelaksanaan prosedur penggunaan alat laboratorium masuk dalam kategori sangat efektif (91,63%). Selanjutnya keterpenuhan sarana dan prasarana masuk kategori sangat efektif (87,9%), serta ketersediaan tenaga laboratorium kategori efektif (75%).
Keywords
efektivitas; pemanfaatan fungsi laboratorium; laboratorium kimia; pemanfaatan alat laboratorium kimia; tenaga laboratorium
References
[1] Ahmad Ainur Rohman,dkk, (2008). PReformasi Pelayanan Publik. Malang: Program Sekolah Demokrasi PLaCIDS
[2] Anas Sudijono (2006). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta Raja Grafindo
[3] Dientje Borman. (1988). Media Instruksional IPS. Jakarta: Depdikbud-Dikti
[4] Hartati Sukirman,dkk. (1999). Administrasi Supervisi Pendidikan Yogyakarta:UNY
[5] Lolita Wulandari. (2012). “Efektivitas Pemanfaatan Laboratorium Geografi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kelas X SMA N 7 Purworejo”. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta
[6] Richard Decaprio. (2013). Tips Mengelola Laboratorium Sekolah. Yogyakarta: Diva Press
[7] Rizka Maratush Sholihah. (2013). “Efektivitas Pemanfaatan Laboratorium dalam Pembelajaran Kimia di SMA Negeri Se-Kota Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013”. Skripsi. UIN Sunan Kalijaga
[8] Sondang P. Siagian. (1988). Organisasi Kepemimpinan & Perilaku Administrasi. Jakarta: Haji Masagung.
[9] Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan:Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.
[10] Suharsimi Arikunto & Lia Yuliana. (2008). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta:Aditya Media
[11] Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasi dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.