Hubungan Persepsi dan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Kimia Secara Daring terhadap Prestasi Belajar Materi Stoikiometri Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Sukoharjo
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan yakni untuk mengetahui ada tidaknya (1) hubungan antara persepsi siswa dalam pembelajaran kimia secara daring terhadap prestasi belajar materi stoikiometri; (2) hubungan antara motivasi belajar siswa dalam pembelajaran kimia secara daring terhadap prestasi belajar materi stoikiometri; dan (3) hubungan antara persepsi siswa dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran kimia secara daring terhadap prestasi belajar materi stoikiometri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Teknik pengambilan sampel berupa cluster random sampling, diperoleh kelas X MIPA 3 sebanyak 36 siswa. Data didapatkan melalui angket dan soal pengetahuan berupa pilihan ganda. Teknik analisis menggunakan analisis korelasi sederhana, korelasi ganda, dan regresi ganda. Hasil penelitan menunjukkan bahwa: (1) adanya hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa dalam pembelajaran kimia secara daring dengan prestasi belajar materi stoikiometri dengan koefisien korelasi sebesar 0,707; (2) adanya hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa dalam pembelajaran kimia secara daring dengan prestasi belajar materi stoikiometri dengan koefisien korelasi sebesar 0,777; dan (3) adanya hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran kimia secara daring dengan prestasi belajar materi stoikiometri dengan koefisien korelasi sebesar 0,730. Diperoleh persamaan regresi: Y = -49,826 + 0,877 X1 + 1,084 X2 dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,729.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
[1] Almaiah, M. A., Al-Khasawneh, A., & Althunibat, A. (2020). Exploring the critical challenges and factors influencing the E-learning system usage during COVID-19 pandemic. Education and Information Technologies, 25(6), 5261–5280. https://doi.org/10.1007/s10639-020-10219-y
[2] A.M, Sardiman. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo
[3] Budiariawan, I. P. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(2), 103. https://doi.org/10.23887/jpk.v3i2.21242
[4] Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
[5] Harisah, A., & Masiming, Z. (2008). Persepsi Manusia Terhadap Tanda, Simbol dan Spasial. SMARTek, 6(1 Februari), 29–43.
[6] Muhammad, M. (2017). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 87. https://doi.org/10.22373/lj.v4i2.1881
[7] Nazhifah, S. N. S., & Copriady, J. C. J. (2015). Hubungan Persepsi Siswa Tentang Pelajaran Kimia Dengan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 9 Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 1–8.
[8] Novalinda, E., Kantun, S., & Widodo, J. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi Semester Ganjil SMK PGRI 5 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 115. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6456
[9] Nurwahid, M. (2021). Korelasi antara Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Online dengan Hasil Belajar Matematika di Masa Pandemi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1127–1137. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.596
[10] Pusdiklat Kemdikbud. (2020). Surat Edaran Mendikbud No 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID- 19) - Pusdiklat Pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
[11] Sari, R. D., Hidayati, Purnamasari, A., & Sultan. (2020). Pembelajaran Daring di Masa Darurat. SCU Knowledge Media, I(2), 1–12.
[12] Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.