Analisis Aspek NOS dan STEM Buku Ajar Kimia SMA Kelas X Di SMA Negeri Magetan pada Materi Ikatan Kimia

Ulfa Imroathul Hasanah, Nanik Dwi Nurhayati, Budi Hastuti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan ketercapaian aspek-aspek NOS pada buku ajar kimia SMA kelas X pada materi ikatan kimia (2) mendeskripsikan penyajian aspek-aspek STEM pada buku ajar kimia SMA kelas X pada materi ikatan kimia. Metode pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Sumber data berasal dari buku ajar kimia SMA kelas X yang paling banyak digunakan di Kabupaten Magetan sejumlah tiga buku. Teknik pengambilan objek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menganalisis materi berdasarkan indikator NOS dan STEM. Uji validitas instrumen menggunakan formula Gregory sedangkan uji validitas data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) presentase penilaian aspek NOS, pada buku A 27 %, buku B sebesar 33%, dan buku C sebesar  37%. Urutan buku ajar berdasarkan hasil skoring aspek NOS adalah Buku C > Buku B > Buku A, sehingga buku C memiliki kategori penyajian kutipan aspek NOS secara eksplisit lebih banyak dari buku A dan buku B (2) presentase kemunculan kutipan pada setiap buku yaitu pada buku A memiliki aspek Science 20%, Technology 40%, dan Mathematic 40%. Pada buku B memiliki aspek Science 27%, Technology 27%, Engineering 13% dan Mathematic 33%. Pada buku C memiliki aspek Science 20%, Technology 45%, Engineering 5% dan Mathematic 30%, berdasarkan total kemunculan indikator aspek STEM, maka urutan buku ajar yang memenuhi aspek STEM adalah Buku C > Buku B > Buku A, sehingga buku C memiliki jumlah kemunculan kutipan aspek STEM paling banyak.

Keywords

NOS; STEM; buku ajar kimia

Full Text:

PDF

References

[1] Laksono, P. J., Ashadi, & Saputro, S. (2016). Analis Bahan Ajar Kimia untuk SMA/MA di Kabupaten Karanganyar pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Berdasarkan Kurikulum 2013. Seminar Nasional Pendidikan Sains, 389–394.

[2] Jannah, N., Suyana, I., & Novia, H. (2019). Analisis Hakikat Sains (Nature of Science) dalam Buku Teks Fisika SMA Kelas X di Kota Bandung. Prosiding Seminar Nasional Fisika 5.0, ISBN: 978-,160–166.

[3] Silaban, R., Panggabean, F. T. M., Hutapea, F. M., Hutahaean, E., & Alexander, I. J. (2020). Implementasi Problem Based- Learning (PBL) dan Pendekatan Ilmiah Menggunakan Media Kartu untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik tentang Mengajar Ikatan Kimia. Ilmu Pendidikan Indonesia, 8(2), 69–76. Retrieved from http://ejournal.uncen.ac.id/index.ph p/JIPI

[4] Rahayu, S. (2017). Mengoptimalkan Aspek Literasi dalam Pembelajaran Kimia. Prosiding Seminar Nasional Kimia UNY 2017, 1–16.

[5] OECD. (2019a). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. In OECD Publishing. Retrieved from https://doi.org/10.1787/b25efab8- en

[6] OECD. (2019b). PISA 2018 Results Combiner Executive Summaries Volume I, II, III. Paris: OEC, 15–25. https://doi.org/10.1787/g222d18af- en

[7] Khery, Y., Nufida, B. A., Rahayu, S., & Budiasih, E. (2018). Karakteristik Nature of Science (NOS) dan Penerapan Teknologi Mobile dalam Pembelajaran Kimia. Prosiding Seminar Nasional Kimia Dan Pembelajarannya (SNKP), 88–97

[8] Sudrajat, D. P. (2020). Potensi Pendidikan STEM untuk Membangun View Nature of Sains and Technology (VNOST) Calon Guru Kimia. ORBITAL :JURNAL PENDIDIKAN KIMIA, 4(1), 31–43. Retrieved from jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/orbital

[9] Utina, H. (2020). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Siswa pada Materi Ikatan Kimia melalui Pendekatan STEM PBL Science. Jurnal Ideas, (E-ISSN:2656-940X P-ISSN:2442-367X), 179–190. https://doi.org/10.32884/ideas.v

[10] Ayık, Z., & Coştu, B. (2020). A Study on Demonstration of the Nature of Science in Science Textbooks: History and Philosophy of Science Perspectives. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(3), 451–464. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i3.26009

[11] Niken Septantiningtyas, M.Pd, MOH. Rizal Lukman Hakim, Nadiya Rosmila. (2020). Konsep Dasar Sains 1. Penerbit Lakeisha

[12] Khairiyah, N. (2019). Pendekatan Science, Technology, Engineering, dan Mathematics (STEM). SPASI Media.

[13] Mulyani, T. (2019). Pendekatan Pembelajaran STEM untuk meghadapi Revolusi.

[14] Agnezi, L. A., Khair, N., & Yolanda, S. (2019). Analisis Sajian Buku Ajar Fisika SMA Kelas X Semester 1 Terkait Komponen Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM). Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 3(2), 167–175. https://doi.org/https://doi.org/10.240 36/jep/vol3-iss1/381

[15] Anggraini, C. E., & Nurita, T. (2021). Analisis Buku Ajar IPA SMP Terkait Komponen STEM (Sains, Technology, Engineering, Mathematics) Pada Materi Tekanan Zat. Pendidikan Sains, 9(3), 282–288.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.