Hubungan Antara Pemahaman Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dengan Technology Integration Self-Efficacy (TISE) Guru MIPA SMA/MA Di Kecamatan Kroya dan Binangun

Umi Wahidatul Latifah, Endang Susilowati, Budi Hastuti

Abstract

Kemajuan teknologi pada abad ke-21 yang sangat cepat memberikan pengaruh yang besar pada sektor Pendidikan. Berdasarkan hal tersebut seorang guru dituntut harus memiliki penguasaan teknologi tidak hanya pengetahuan konten mata pelajaran dan pedagogi. Pemahaman guru yang baik terkait teknologi, pedagogi dan konten akan memberikan kepercayaan diri yang baik pula terhadap integrasi teknologi dalam pembelajaran dan membantu terwujudnya tujuan pembelajaran sehingga perlu dimiliki oleh guru. Oleh Karena penelitian ini bertujuan adalah untuk 1) mengetahui dan mendeskripsikan tingkat pemahaman TPACK dan TISE Guru MIPA SMA/MA di Kecamatan Kroya dan Binangun dan 2) mengetahui hubungan antara tingkat pemahaman TPACK dan TISE. Desain penelitian ini merupakan jenis penelitian survei secara korelasional. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru MIPA SMA/MA di Kecamatan Kroya dan Binangun yang berjumlah 30 guru. Data primer penelitian diperoleh melalui angket TPACK dan TISE, sedangkan data sekunder berasal dari hasil observasi dan wawancara yang digunakan untuk mengkonfirmasi data hasil angket. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis untuk data non-parametrik melalui uji korelasi Spearman-Rank. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tingkat TPACK dan TISE guru ada pada tingkat baik dengan persentase pemahaman masing-masing 76% dan 77% secara keseluruhan (2) terdapat korelasi yang kuat, positif, dan signifikan antara TPACK dan TISE berdasarkan hasil koefisien korelasi sebesar 0,814.

Keywords

hubungan; pemahaman; TPACK; TISE; MIPA

Full Text:

PDF

References

[1] J. L. Maeng, B. K. Mulvey, L. K. Smetana, and R. L. Bell, “Preservice Teachers’ TPACK: Using Technology to Support Inquiry Instruction,” Journal of Science Education and Technology, 2013

[2] KEMENDIKBUD RI, “Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 22 tahun 2016,” Kemendikbud RI, 2016.

[3] P. Mishra and M. J. Koehler, “Technological pedagogical content knowledge: A framework for teacher knowledge,” Teachers College Record. 2006.

[4] A. Bandura, “Self-efficacy -Bandura,” The Corsini Encyclopedia of Psychology,

2010.

[5] D. N. Ariani, “Hubungan antara Technological Pedagogical Content Knowledge dengan Technology Integration Self Efficacy Guru Matematika di Sekolah Dasar,” Muallimuna, vol. 1, no. 1, pp. 79–91, 2015, technology use through TPACK framework,” Journal of Computer Assisted Learning, 2012.

[6] S. Pamuk, “Understanding preservice teachers’ technology use through TPACK framework,” Journal of Computer Assisted Learning, 2012.

[7] L. Wang, P. A. Ertmer, and T. J. Newby, “Increasing preservice teachers’ self- efficacy beliefs for technology integration,” Journal of Research on Technology in Education, 2004,

[8] N. S. A. Bakar, S. M. Maat, and R. Rosli, “A Systematic Review of Teacher’s Self- efficacy and Technology Integration,” International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, vol. 8, no. 8, pp. 540–557, 2018,

[9] Y. Yuliati and D. S. Saputra, “PEMBELAJARAN SAINS DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0,” Jurnal Cakrawala Pendas, vol. 5, no. 2, 2019,

[10] F. A. Noor, “Karakteristik Sains dalam Pemikiran Filosofis Kontemporer (Tinjauan Filsafat Ilmu-Ilmu Keislaman),” AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, vol. 6, no. 1,2019,

[11] J. B. Kelana, M. A. Wulandari, and D. S. Wardani, “Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Pembelajaran Sains,” Jurnal Elementary, vol. 4, no. 1, 2021.

[12] J. R. Fraenkel and N. E. Wallen, “The Basic of Educational Research,” in How to design and evaluate resaerch in education with PowerWeb, 2012.

[13] Sugiyono, “Sugiyono Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif,” Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, 2018.

[14] A. Yaacob, R. Awang- Hashim, N. Valdez, and N. Yusoff, “Illuminating diversity practices in malaysian higher education institutions,” Asia Pacific Journal of Educators and Education, vol. 34, pp. 1–16, 2019,

[15] “The Effect of Field Specialization Variation on Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) among Malaysian TVET Instructors.,” Malaysian Online Journal of Educational Technology, 2014.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.