Analisis Muatan Literasi Sains dan Higher Order Thinking Skills dalam Buku Ajar Kimia SMA Kelas X pada Materi Reaksi Redoks

Anita Dwi Purwanti, Bakti Mulyani, Maria Ulfa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan muatan literasi sains dan HOTS dalam buku ajar kimia SMA kelas X di Surakarta pada materi reaksi redoks.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Sumber data diperoleh dari buku ajar kimia SMA kelas X yang paling banyak digunakan di SMA Negeri Surakarta sebanyak tiga buku.Teknik pengambilan objek penelitian menggunakan teknik sampel bertujuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menganalisis materi reaksi redoks berdasarkan indikator literasi sains menurut Chiappetta & Fillman (2007)  dan HOTS menurut  Brookhart (2010). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Dari ketiga buku yang dianalisis sudah memuat keempat kategori literasi sains dengan rata-rata persentase kemunculan yaitu sebesar 51,50%; 15,76%; 20,60%; dan 12,14%. Hal tersebut menunjukkan bahwa proporsi muatan kategori literasi sains dalam buku ajar kurang ideal karena didominasi oleh kategori pengetahuan sains. (2) Ketercapaian indikator Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada buku A, B dan C berturut-turut sebesar 64,28%; 50%; dan 64,28%. Hal tersebut menunjukkan bahwa ketiga buku ajar yang dianalisis sudah baik dalam memuat indikator HOTS sehingga dapat melatih dan mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa.

Keywords

analisis buku ajar; literasi sains; higher order thinking skills (HOTS)

Full Text:

PDF

References

[1] Alviah, I., Susilowati, E., & Masykuri, M. (2020). Pengaruh Kemampuan Literasi Kimia Terhadap Capaian Higher Order Thinking Skills ( Hots ) Siswa Sma Negeri 1 Sukoharjo Pada Materi Larutan Penyangga Dengan Pemodelan Rasch. Jurnal Pendidikan Kimia, 9(2), 121–130.

[2] Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy For Learning, Teaching And Assessing : A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives.

[3] Brookhart, S. M. (2010). How To Assess Higher-Order Thinking Skills In Your Classroom.

[4] Chiappetta, E. L., & Fillman, D. A. (2007). Analysis of Five High School Biology Textbooks Used in the United States for Inclusion of the Nature of Science. International Journal of Science Education, 29(15), 1847–1868. https://doi.org/10.1080/09500690601159407

[5] Lasminawati, E., Lestari, N., Setiadi, D., & Jufri, A. W. (2019). Scope Analysis Of Scientific Literacy Of Biological Compulsory Book Of Class Xi For Curriculum 2013. J. Pijar MIPA, 14(2), 7–12.

[6] Ni’mah, M., Aprianto, Hidayati, N., & Hidayah, R. (2017). Kepraktisan dan Keefektifan LKPD Berbasis Problem Based Learning untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains pada Materi Asam Basa. Jurnal Pendidikan Kimia, 9(3), 352–355.

[7] Nursyifa, H. S., Abdul, D., Lidinillah, M., & Kosasih, E. (2020). Analisis Soal HOTS Materi Geometri dalam Buku Teks Matematika Kelas IV SD. Pedadidaktika : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 121–131.

[8] OECD. (2019). OECD Multilingual Summaries PISA 2018 Results ( Volume I ) What Students Know and Can Do. I.

[9] Pertiwi, U. D., Atanti, R. D., & Ismawati, R. (2018). Pentingnya Literasi Sains Pada Pembelajaran IPA SMP Abad 21. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 01(01), 24–29.

[10] Polya, G. (1985). How To Solve It : A New Aspect of Mathematical Method. Princeton University Press.

[11] Prastowo, A. (2011). Memahami Metode-Metode Penelitian. Ar-Ruzz Media.

[12] Pratama, G. S., & Retnawati, H. (2018). Urgency of Higher Order Thinking Skills ( HOTS ) Content Analysis in Mathematics Textbook. Journal of Physics.

[13] Rahayu, R., & Yusup, M. (2020). Do End-of-Chapter Questions of Work and Energy Topic in Grade Ten High School Physics Encourage Higher Order Thinking ? Atlantis Press, 513, 781–785.

[14] Retno, A. T. P., Saputro, S., & Ulfa, M. (2017). Kajian Aspek Literasi Sains Pada Buku Ajar Kimia Sma Kelas Xi Di Kabupaten Brebes. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains, 21(2013), 112–123.

[15] Sari, D. A., & Haryani, S. (2015). Implementasi Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Flash Materi Redoks. Chemistry in Education, 4(2252).

[16] Stemler, S. E. (2001). An Overview of Content Analysis. Practical Assessment, Research & Evaluation, 7(17).

]17] Wilkinson, J. (1999). Quantitative Analysis of Physics Textbooks for Scientific Literacy Themes. Research in Science Education, 29(3), 385–399.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.