Pengaruh Media Pembelajaran Virtual Lab Berbasis Crocodile Chemistry dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Asam Basa Kelas XI SMA Negeri 1 Kutowinangun Kabupaten Kebumen
Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh media pembelajaran virtual lab berbasis crocodile chemistry terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran daring sub materi titrasi asam basa di SMA Negeri 1 Kutowinangun Kabupaten Kebumen. 2) Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran daring sub materi titrasi asam basa di SMA Negeri 1 Kutowinangun Kabupaten Kebumen. 3) Pengaruh media pembelajaran virtual lab berbasis crocodile chemistry dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran daring sub materi titrasi asam basa di SMA Negeri 1 Kutowinangun Kabupaten Kebumen. Penelitian ini masuk dalam kategori eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan yakni posttest only control-group dengan menggunakan kelas eksperimen (penerapan media pembelajaran virtual lab berbasis crocodile chemistry) dan kelas kontrol (media pembelajaran konvensional). Pada penelitian ini populasi yang digunakan yaitu seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kutowinangun Kabupaten Kebumen semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling cluster random sampling, sehingga dihasilkan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Hipotesis pada penelitian ini diuji dengan uji hipotesis anava dua jalan. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : 1) Media pembelajaran virtual lab berbasis crocodile chemistry berpengaruh positif terhadap prestasi belajar kimia siswa pada materi titrasi asam basa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kutowinangun Kabupaten Kebumen dengan perkiraan besarnya pengaruh berdasarkan partial eta squared yakni 24%. 2) Minat belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar kimia siswa pada materi asam basa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kutowinangun Kabupaten Kebumen dengan perkiraan besarnya pengaruh berdasarkan partial eta squared yakni 54,5%. 3) Media pembelajaran virtual lab berbasis crocodile chemistry dan minat belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar kimia siswa pada materi asam basa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kutowinangun Kabupaten Kebumen dengan perkiraan besarnya pengaruh berdasarkan partial eta squared yakni 15% dan berdasarkan nilai r square yakni 75,2%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
[1] Partnership for 21st Century Skills. (2002). Learning for the 21st Century: A Report and MILE Guide For. https://eric.ed.gov/?id=ED480035.
[2] Isnaini, Muhammad, dan Wiwid Pungki Ningrum. (2018). “Hubungan Keterampilan Representasi Terhadap Pemahaman Konsep Kimia Organik.” Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang: 12–25.
[3] Rozikin, Slamet, Hermansyah Amir, dan Salastri Rohiat. (2018). “Hubungan Minat Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia Di SMA Negeri 1 Tebat Karai Dan SMA Negeri 1 Kabupaten Kepahiang.” Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia 2(1): 78–81.
[4] Prasetya, Agung Tri, dan Sigit Priatmoko. (2011). “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dengan Pendekatan Chemo-Edutainment Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa.”Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia 2(2): 287–93.
[5] Herga, Nataša, dan Dejan Dinevski. 2012. “Virtual Laboratory in Chemistry - Experimental Study of Understanding, Reproduction and Application of Acquired Knowledge of Subject’s Chemical Content.” Orga 45(3): 108–16.
[6] Ulfah, Rani Y., Hadma Yuliani, dan Luvia Ranggi Nastiti. (2020). “Kendala Mahasiswa Dalam Menggunakan Simulasi Virtual Phet Pada Pembelajaran Praktikum Gelombang Selama Pandemi Covid-19.” SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FISIKA VI 2020 “Peran Pendidik Dalam Menumbuhkan Literasi Sains dan Digital di Era Normal Baru” Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Madiun. ISSN : 2527-6670. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNPF/index
[7] Acenas, Remjai Carl B, Reynante B Martin, dan Romiro G Bautista. (2019). “Chemistry Made Easy : Unravelling the Experiences of Biological Science Majors in Using a Virtual Laboratory.” 7(2): 170–73.
[8] Herga, Nataša Rizman, Branka Cagran, dan Dejan Dinevski. 2016. “Virtual Laboratory in the Role of Dynamic Visualisation for Better Understanding of Chemistry in Primary School.” Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education 12(3): 593–608.
[9] Al Hassan, Esam Edris Kamtor. 2016. “The Impact of Virtual Laboratories on Academic Achievement and Learning Motivation in the Students of Sudanese Secondary Associate Professor of Instructional Technology Faculty of Education, University of Khartoum Sudan.” International Journal of English Language, Literature and Humanities 4(9): 464–83. www.ijellh.com.
[10] Fahmi, Muhammad Dini Eka. (2016). “Pengaruh Media Virtual Lab Berbasis Crocodile Chemistry Pada Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kimia SMA pada Pokok Bahasan Titrasi Asam Basa.” Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Program Studi Pendidikan Kimia. Universitas Negeri Medan. Medan.
[11] Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
[12] Arikunto, Suharsimi. (2016). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
[13] Sirait, Erlando Doni. (2016). “Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika.” Jurnal Formatif 6(1): 35–43.
[14] Rohmah, Omah Miftahur. (2019). “Pengaruh Media Pembelajaran Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa ( Eksperimen Pada Sekolah Menengah Atas Negeri Di Kabupaten Tangerang ).Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA” 2(1): 39–49.
[15] Ali, Ahmad et al. (2018). “Pengaruh Media Crocodile Physics Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa.” Journal of Natural Science Education Reseach 1(1): 65–72.
Refbacks
- There are currently no refbacks.