Hubungan Pembelajaran Daring dan Sikap Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI pada Pembelajaran Kimia Di SMAN 1 Glenmore, Banyuwangi

Alfiah Assyaadha Djean, Bakti Mulyani, Budi Hastuti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hubungan antara pembelajaran daring terhadap prestasi belajar, (2) mengetahui hubungan antara sikap kemandirian belajar terhadap prestasi belajar, (3) mengetahui hubungan antara pembelajaran daring dan sikap kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif korelasional. Pada penelitian ini populasinya adalah siswa kelas XI SMAN 1 Glenmore Tahun Ajaran 2020/2021. Sampelnya menggunakan teknik cluster random sampling sehingga jumlah sampel pada penelitian ini adalah 72 siswa dari kelas XI MIPA 4 dan XI MIPA 5. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen soal untuk variabel prestasi belajar sedangkan variabel pembelajaran daring dan sikap kemandirian belajar menggunakan instrumen angket. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan korelasi product moment dan uji regresi berganda.  Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah: 1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pembelajaran daring  dengan prestasi belajar yang dibuktikan dengan nilai sign. kurang dari 0,05 (0,000<0,05), 2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sikap kemandirian belajar dengan prestasi belajar, dimana rx2y=0,394, sedangkan r tabel=0,297, jadi rx2y>r tabel (0,394>0,297). (3) terdapat hubungan yang signifikan antara pembelajaran daring dan sikap kemandirian belajar dengan prestasi belajar kimia dengan tingkat hubungan kuat, dimana nilai sig. F Change=0,000, jadi sig. F Change<0,05 dan nilai R = 0,491. Sumbangan efektifnya kedua variabel tersebut terhadap prestasi belajar 24,1 %. Sumbangan relatif yang paling besar adalah pembelajaran daring sebesar 60%.

Keywords

pembelajaran daring; sikap kemandirian; prestasi belajar

Full Text:

PDF

References

[1] Akbar, Dzulfikar, Nurdin Ibrahin dan Moch. Sukardjo.(2019). Pengembangan Paket Pembelajaran IPS Multi Media dalam Pembelajaran IPS Kelas VIII di MTSN 24 Jakarta. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan Vol 5, No.1

[2] Fry, K. (2001). E-learning markets and providers: Some issues and prospects. Education+ Training, 43(4/5), 233–239.https://doi.org/10.1108/EUM0000000005484.

[3] Adedoyin, Olasile Babatunde & Emrah Soykan.(2020). Covid-19 pandemic and online learning: the challenges and opportunities. Interactive Learning Environments, DOI: 10.1080/10494820.2020.1813180

[4] URAL, Ozana .(2007). Attidues Of Graduate Students Toward Distance Education, Educational Technologies And Independent Learning. Turkish Online Journal of Distance Education-TOJDE October 2007 Volume: 8 Number: 4

[5] Hasibuan, Ainul Marhamah, Sahat Saragih dan Zul Amry.(2019). Development of Learning Materials Based on Realistic Mathematics Education to Improve Problem Solving Ability and Student Learning Independence. International Electronic Journal Of Mathematics Education Vol. 14, No. 1 https://doi.org/10.29333/iejme/4000

[6] Mu’tadin, Z. (2002). Independence as Adolescent Psychological Needs. Retrieved from http://www.e-psikologi.com/remaja.050602

[7] Sadikin ,Ali, Afreni Hamidah.(2020). Pembelajaran Daring di Tengah WabahCovid-19(Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol.06, No. 02 https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

[8] Zhu, Yue et.all. (2013). University Student’s Attitudes Toward Online Learning In A Blended Course. Paper presented at the AARE Annual Conference Adelaide

[9] Muhammad, Iryana.(2020). Pengaruh Perkuliahan Daring Terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Universitas Malikussaleh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASAD Volume 4, No. 1. https://journal.iainlangsa.ac.id/

[10] Alif , M. Hessal, Amin Pujiati, Arief Yulianto.(2020). The Effect of Teacher Competence, Learning Facilities, and Learning Readiness on Students' Learning Achievement Through Learning Motivation of Grade 11 Accounting Lesson in Brebes Regensy Vocational High School. Journal of Economic Education 9 (2)2020.http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jeec

[11] Gustisari ,Diantika, Babang Robandi, Y.Suyitno.(2019). The Role of Teacher Pedagogic Competence in Improving Student Learning Achievement in Elementary School. The 2nd International Conference on Elementary Education Volume 2 Nomor 1

[12] Suryanti, dan Sepita Ferazona.(2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Pada Mata Kuliah Limnologi. Journal of Research and Education Chemistry (JREC) volume 2 No. 2 hal 102-110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.