Hubungan Pemanfaatan Media Audio- Visual dan Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Kimia Kelas XI IPA MAN 2 Kota Kediri Tahun Ajaran 2020/2021

Ilma Nuryl Fahma, Bakti Mulyani, Sri Retno Dwi Ariani

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui hubungan antara pemanfaatan media audio-visual dengan prestasi belajar kimia, (2) mengetahui hubungan antara gaya belajar dengan prestasi belajar kimia, (3) mengetahui hubungan antara pemanfaatan media audio-visual dan gaya belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar kimia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional yang dilakukan di MAN 2 Kota Kediri pada saat terjadi pandemi Covid-19. Populasi pada penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPA MAN 2 Kota Kediri Tahun Ajaran 2020/2021. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan Cluster Random sampling dan diperoleh sampel pada sebanyak 60 siswa dari kelas XI IPA 1 dan XI IPA 3. Metode pengumpulan datanya menggunakan angket untuk variabel pemanfaatan media audio visual dan gaya belajar, serta instrumen soal untuk variabel prestasi belajar kimia. Analisis datanya menggunakan analisis korelasi product moment, korelasi berganda, uji regresi berganda, uji signifikansi koefisien regresi, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini adalah: 1) hubungan antara pemanfaatan media audio visual dengan prestasi belajar kimia adalah positif dan signifikan dengan sumbangan efektif = 26,28%, 2) hubungan antara gaya belajar dengan prestasi belajar kimia adalah positif dan signifikan dengan sumbangan efektif = 21,02%. (3) hubungan antara pemanfaatan media audio visual dan gaya belajar dengan prestasi belajar kimia adalah positif dan signifikan dengan sumbangan efektif total = 47,30%, sehingga sisanya 52,70% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Keywords

pemanfaatan media audio visual; gaya belajar; prestasi belajar kimia

Full Text:

PDF

References

[1] Menteri Kesehatan Republik Indonesia. 2020. Protokol Kesehatan bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid- 19)). HK.01.07/MENKES/382/2020.

[2] Widaryanto, Sulfemi WB. 2016. Korelasi Penguasaan TIK Guru dengan Kemampuan TIK Peserta didik. Edutecno. 14(1):1–10.

[3] Rusman, Kurniawan D, Riyana C. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

[4] Utomo WB. 2008. Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Sejarah pada Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Kota Kudus. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

[5] Gunawan AW. 2006. Genius Learning Strategy. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

[6] Lapitan LDJ, Tiangco CE, Sumalinog DAG, Sabarillo NS, Diaz JM. 2021. An Effective Blended Online Teaching and Learning Strategy During the COVID-19 Pandemic. Educ Chem Eng. 35:116–31.

[7] Shaffat I. 2009. Optimized Learning Strategy Pendekatan Teoritis dan Praktik Meraih Keberhasilan Balajar. Jakarta: Prestasi Pustaka.

[8] Zahara CR, Hajidin, Mislinawati. 2017. Kontribusi Media Belajar Audio Visual dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Lampeuneurut. Jurnal Ilmu Pendidik Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah. 2(1):142–9.

[9] Suprihatiningtyas T. 2020. Hubungan antara Penggunaan Media Audio Visual dengan Hasil Belajar Fiqih Kelas IX Semester 1 MTs Ma’arif Walisongo Sidowangi, Kajoran, Magelang Tahun 2020. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.

[10] Kurtubi, Arief ZA. 2016. Hubungan antara Persepsi Siswa tentang Penggunaan Media Audio Visual dan Kreativitas Siswa dengan Hasil Belajar IPA Kelas VI SDN Bojongkiharib Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor. Jurnal Teknologi Pendidikan Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Pascasarjana UIKA Bogor. 5(1): 38-68.

[11] Wulandari ARB. 2017. Hubungan Gaya Belajar dan Motivasi terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus Gajahmada Kecamatan Gajahmugkur Kota Semarang. Universitas Negeri Semarang.

[12] Damayanti L. 2016. Hubungan Gaya Belajar Siswa dengan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas V SDN di Gugus Wibisono Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Universitas Negeri Semarang.

[13] Naini AN. 2019. Hubungan Gaya Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Gugus Cakra Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.