Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Materi Stoikiometri Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Purbalingga Ditinjau dari Multiple Intelligences

Siti Dwi Indah Palupi, Sri Retno Dwi Ariani, Budi Utami

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan pemecahan masalah dalam materi stoikiometri siswa kelas X SMA Negeri 1 Purbalingga ditinjau dari multiple intelligences. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 3. Subjek penelitian diperoleh dengan cara teknik purposive sampling yaitu siswa dikelompokan dalam tiga domain, yaitu siswa yang memiliki domain multiple intelligences interaktif, introspektif, dan analitik. Dalam setiap kelompok dipilih tiga siswa untuk subjek penelitian. Metode pengumpulan data penelitian ini dengan cara observasi, angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa yang termasuk dalam domain interaktif menguasai tahap memahami masalah, memuat rencana, melaksanakan rencana namun belum menguasai tahap memeriksa kembali; siswa dengan domain introspektif menguasai tahap memahami masalah, memuat rencana, melaksanakan rencana namun belum menguasai tahap memeriksa kembali; sedangkan siswa dengan domain analitik menguasai tahap memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana, serta memeriksa kembali. Hal tersebut sejalan dengan hasil tes kemampuan masalah dihasilkan bahwa nilai rata-rata kemampuan pemecahan rata-rata pada domain interaktif sebesar 67, domain introspektif sebesar 55,3 dan domain analitik sebesar 79,3.

Keywords

kemampuan pemecahan masalah; domain; multiple intelligences

Full Text:

PDF

References

[1] Kemendikbud. (2014). Permendikbud No. 59 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah.Jakarta: Kemendikbud.

[2] Polya, G. (1973). How to Solve It (2nd Ed). Princeton: Princeton University Press.

[3] Yu, Kuang-Chao.; Fan, Szu-Chun.; & Lin, Kuen-Yi. (2015). Enhanching Students’ Problem-Solving Skills Through Context-Based Learning. International Journal of Science and Mathematics Education, 13 (2015): 1377- 1401.

[4] Zidny, Robby.; Sopandi, Wahyu.; & Kusrijadi, Ali. (2013). Analisis Pemahaman Konsep Siswa SMA Kelas X pada Materi Persamaan Kimia dan Stoikiometri Melalui Penggunaan Diagram Submikroskopik serta Hubungannya dengan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia, 1 (1): 27-36.

[5] Sujiono, Y.N. dkk. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT. Indeks

[6] Yaumi, M. dan Nurdin I. (2012). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak: Mengidentifikasi dan Mengembangkan Multitalenta Anak. Jakarta: Kencana.

[7] Santrock, J. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

[8] Fleetham, Mike. (2006). Multiple Intelligences in Practice Enhancing Self-Esteem and Learning in the Classroom. Stafford: Network Continuum Education.

[9] Yalmanci, S.G and Candidate A. I. C. G. (2013). The Effects of Multiple Intelligences Theory Based Teaching on Students’Achievment and Retention of Knowledge (Example Of The Enzymes Subject). International Journal on New Trends in Education and Their Implications. Vol. 4, no. 3, hlm. 1309-6249.

[10] Samsudin, M. A., Haniza, H., Talib, C. A. & Mhd Ibrahim, H. M.,. (2015). The Relationship Between Multiple Intelligences With Preferred Science Teaching and Science Process Skills. Journal of Education and Learning, 9(1), pp. 53-59.

[11] Yanti, Dwi Fajar.; Afandy, Dermawan.; & Su’aidy, Muhammad. (2013). Identifikasi Pemahaman Materi Perhitungan Kimia (Stoikiometri) pada Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Malang Semester II Tahun Ajaran 2012/2013. (Online). (http://jurnal-online-um.ac.id, diakses tanggal 2 Desember 2019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.