Kajian Pelaksanaan Pembelajaran Kimia Secara Online Selama Pandemi Covid-19 Di Sekolah Menengah Atas Negeri Se-Kabupaten Karanganyar

Rizka Intansari, Suryadi Budi Utomo, Sri Yamtinah

Abstract

Sejak awal tahun 2020, di Indonesia terjadi penyebaran virus yang dikenal dengan nama Covid-19. Terjadinya pandemi tersebut berdampak pada semua aspek kehidupan, salah satunya di dunia pendidikan, dimana diterbitkan Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) ketersediaan fasilitas, (2) kesiapan guru kimia, dan (3) pelaksanaan pembelajaran secara online selama pandemi Covid-19 di SMAN se-Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kimia di 9 SMAN di Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 19 orang. Teknik pengumpulan data dengan observasi, angket, dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Fasilitas penunjang pembelajaran online yang dimiliki oleh guru-guru kimia sudah cukup baik, namun ada sebagian siswa yang kurang terpenuhi fasilitasnya untuk mengikuti pembelajaran online, (2) Semua guru kimia dalam penelitian ini bersedia membantu siswa yang mengalami kesulitan saat belajar dari rumah dan mayoritas guru tersebut mempersiapkan pembelajaran secara matang agar pelaksanaan pembelajaran kimia online dapat berjalan maksimal, dan (3) Pelaksanaan pembelajaran online berjalan sesuai kebijakan yang berlaku dan pembelajaran online selama pandemi ini memunculkan hal yang baru dan menarik yaitu dapat meningkatkan keaktifan dan kemandirian siswa.

Keywords

fasilitas pembelajaran; kesiapan guru; kimia; pandemi Covid-19; pembelajaran daring

Full Text:

PDF

References

[1] Creswell, John W., 2014, Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

[2] Dewi, W. A. F., 2020, Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar, Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

[3] Febrian, D., 2020, 27 Februari, Asal Mula dan Penyebaran Virus Corona dari Wuhan ke Seluruh Dunia, IDN Times Bali, Diperoleh 10 April 2020, dari https://bali.idntimes.com/health/ medical/denny-adhietya/asal-muasal -dan-perjalanan-virus-corona-dari-w uhan-ke-seluruh-dunia-regional-bali/ full.

[4] Fuady, M. J., 2016, PENGEMBANGAN APLIKASI EVALUASI PEMBELAJARAN ONLINE UNTUK PENDIDIKAN JARAK JAUH, Tekno, 26, 148–154.

[5] Hung, M. L., Chou, C., Chen, C. H., & Own, Z. Y., 2010, Learner readiness for online learning: Scale development and student perceptions. Computers and Education, 55(3), 1080–1090, https://doi.org/10.1016/j.compedu.2010.05.004

[6] Junaidi, E., Hadisaputra, S., Hakim, A., et al., 2017, KAJIAN PELAKSANAAN PRAKTIKUM KIMIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI SE KABUPATEN LOMBOK TENGAH, 2(1), 101–111.

[7] Korth, B. B., Erickson, L., & Hall, K. M., 2009, Defining Teacher Educator Through the Eyes of Classroom Teachers, The Professional Educator, 33(1), 1–12, http://myaccess.library.utoronto.ca/login?url=http://search.proquest.com/docview/194687907?accountid=14771%5Cnhttp://bf4dv7zn3u.search.serialssolutions.com/?ctx_ver=Z39.88-2004&ctx_enc=info:ofi/enc:UTF-8&rfr_id=info:sid/ProQ:educationalumni&rft_val_fmt=in

[8] Kusumawardani, A., Utami, B., Sukardjo, J., 2015, PENERAPAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DILENGKAPI LINGKARAN BUFFER UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI IPA 4 SMAN 2 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2012/2013, Jurnal Pendidikan Kimia, 4(4), 207–216.

[9] Kwon, M., Lee, J. Y., Won, W. Y., Park, J. W., Min, J. A., Hahn, C., Gu, X., Choi, J. H., & Kim, D. J., 2013, Development and Validation of a Smartphone Addiction Scale (SAS). PLoS ONE, 8(2), https://doi.org/10.1371/journal.pone.0056936

[10] Menteri Pendidikan, 2020, Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat CoronaVirus (COVID-19).

[11] Pilkington, O. A., 2018, Active Learning for an Online Composition Classroom : Blogging as an Enhancement of Online Curriculum. Journal of Educational Technology Systems, 47(2), 1–14, https://doi.org/10.1177/0047239518788278.

[12] Lubis, I. R., & Ikhsan, J., 2015, Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Prestasi Kognitif Peserta Didik Sma, Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7504

[13] Sofia, R., 2011, PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KEPALA BERNOMOR STRUKTUR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA SMPN 3 KOTA TANGERANG SELATAN. In Journal of Chemical Information and Modeling, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA.

[14] Yaumi, Muhammad, 2018, Media Dan Teknologi Pembelajaran, Jakarta: Prenadamedia Group

Refbacks

  • There are currently no refbacks.