Penerapan Team Game Tournament (TGT) Berbasis Science, Technologi, Engineering and Mathematics (STEM) dengan Media Pembelajaran Kahoot untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar pada Materi Asam Basa Di Kelas XI SMA Batik 2 Surakarta

Dewi Suryana, Sri Yamtinah, Budi Hastuti

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan minat dan hasil prestasi belajar peserta didik kelas XI SMA Batik 2 Surakarta tahun pelajaran 2018/2019 menerapkan model Team Game Tournament (TGT) berbasis Science, Technologi, Engineering and Mathematics (STEM) dengan media pembelajaran KahootTM pada materi asam basa. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan satu siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Batik 2 Surakarta dengan 26 peserta didik sedangkan objek penelitian adalah minat dan prestasi belajar. Teknik pengumpulan data awal adalah observasi dan wawancara. Teknik pengumpulan data aspek pengetahuan dengan menggunakan tes sedangkan aspek sikap, keterampilan dan minat melalui observasi. Penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Team Game Tournament (TGT) berbasis Science, Technologi, Engineering and Mathematics (STEM) dengan media pembelajaran KahootTM dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Batik 2 Surakarta pada materi asam basa. Persentase ketuntasan prestasi belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II aspek pengetahuan sebesar 53,84% menjadi 73,07%, aspek sikap sebesar 84,61% menjadi 92,3%, aspek keterampilan sebesar 100%. dan minat sebesar 92,3% menjadi 96,15%.

Keywords

Team Game Tournament (TGT); Science, Technologi, Engineering and Mathematics (STEM); Kahoot; minat; prestasi belajar.

Full Text:

PDF

References

Shoimin, A., 2014, 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Ar-Ruzz Media, Jogjakarta.

Paparan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan R.I Bidang Pendidikan, 2014, Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013, Kemendikbud, Jakarta.

Stohlmann, M., Moore T.J., Roehrig G.H., 2012, Journal of Pre-College Engineering Education Research, 2(1), 28–34.

Riyanto, N, 2018, 7 Karya 1 Buku, CV Pelita Gemilang Sejahtera, Banjarnegara.

Utami, S. P., Harini, E., 2014, UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (2), 191-196.

Astuti, S. P., Mulyani, B., Utami, B., 2017, Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 6 (2), 109-118.

Iwamoto, D.H., Hargis, J., Taitano, E.J., Vuong, K., 2017, Turkish Online Journal of Distance Education TOJDE, 18(2), 80-93 .

Uno, Hamzah B., Lamatenggo, N., Koni, S.M.A, 2012, Menjadi Peneliti PTK yang Profesional, Bumi Aksara, Jakarta.

Sugiyono, 2013, Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, ALFABETA, Bandung.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.