Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Terintegrasi Science, Technology, Engineering & Mathematics (PjBL-STEM) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Surakarta pada Materi Larutan Asam Basa

Icha Dwi Pangestika, Sri Yamtinah, Lina Mahardiani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning terintegrasi Science, Technology, Engineering And Mathematics  (PjBL-STEM) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI SMA Negeri 3 Surakarta pada materi larutan asam basa dan (2) mendeskripsikan pengaruh  penggunaan model PjBL-STEM terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI SMA Negeri 3 Surakarta pada materi larutan asam dan basa. Penelitian ini merupakan penelitian  quasi-experiment dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian meliputi 62 siswa kelas XI MIPA 4 (kontrol) dan XI MIPA 5 (eksperimen) yang dipliih secara cluster random sampling. Data diperoleh dengan melalukan pretest dan posttest uraian materi asam basa yang disusun berdasarkan indikator kemampuan berpikir kreatif.Hasil uji t-pihak kanan menunjukkan adanya pengaruh positif penggunaan model PjBL-STEM terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi asam basa (- ttabel = 1,67 > thitung = -4,64).  Hasil uji N-Gain menyimpulkan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas PjBL-STEM masuk kategori tinggi (g = 0,70) sedangkan kelas kontrol termasuk kategori sedang  (g = 0,53).Model PjBL-STEM berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif karena : (1) mendorong siswa pandai mencipta dan merancang, (2) aktivitas dan produktivitas pembelajaran tinggi, (3) menekankan aplikasi pengetahuan sains dan pemecahan masalah, (4) memberi ruang luas untuk eksplorasi dan kolaborasi.

Keywords

PjBL-STEM; berpikir kreatif; asam basa

Full Text:

PDF

References

Partnership for 21st Century Skills., 2008, 21st Century Skills, Education and Competitiveness : A Research and Policy Guide.

​ Kristiani, K.D., Mayasari, T., dan Kurniadi, E., 2017, Kumpulan Abstrak Etnosains dan Perannanya Dalam Menguatkan Karakter Bangsa, 2, 56.

​Florida, R., Mellander, C., & ​King, K., 2015, The Global ​Creativity Index 2015, Martin ​Prosperity Institute, Toronto, 68.

​Wena, M., 2014, Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Bumi Aksara, Jakarta.

Lutfi, Ismail dan Andi A.A., 2017, Pros. Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, 189-194.

Lukman, L. A., 2015, JurnaI Inovasi Pendidikan, 4, 1.

​ Munandar, U., 2006, Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat, Rineka Cipta, Jakarta.

​Ismayani, A., 2016, Journal of Mathematics and Education, 3, 4.

Satiadarma M.P., & Wawur F.E., 2003, Mendidik Kecerdasan, Obor Pustaka, Jakarta.

​Rais, M., 2010, Pros. Seminar Nasional Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya,

Roberts, A., 2012, Technology and ​Engineering Teacher, 72, 8.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.