Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Terintegrasi Science, Technology, Engineering & Mathematics (PjBL-STEM) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Surakarta pada Materi Larutan Asam Basa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning terintegrasi Science, Technology, Engineering And Mathematics (PjBL-STEM) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI SMA Negeri 3 Surakarta pada materi larutan asam basa dan (2) mendeskripsikan pengaruh penggunaan model PjBL-STEM terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI SMA Negeri 3 Surakarta pada materi larutan asam dan basa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi-experiment dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian meliputi 62 siswa kelas XI MIPA 4 (kontrol) dan XI MIPA 5 (eksperimen) yang dipliih secara cluster random sampling. Data diperoleh dengan melalukan pretest dan posttest uraian materi asam basa yang disusun berdasarkan indikator kemampuan berpikir kreatif.Hasil uji t-pihak kanan menunjukkan adanya pengaruh positif penggunaan model PjBL-STEM terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi asam basa (- ttabel = 1,67 > thitung = -4,64). Hasil uji N-Gain menyimpulkan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas PjBL-STEM masuk kategori tinggi (g = 0,70) sedangkan kelas kontrol termasuk kategori sedang (g = 0,53).Model PjBL-STEM berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif karena : (1) mendorong siswa pandai mencipta dan merancang, (2) aktivitas dan produktivitas pembelajaran tinggi, (3) menekankan aplikasi pengetahuan sains dan pemecahan masalah, (4) memberi ruang luas untuk eksplorasi dan kolaborasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Partnership for 21st Century Skills., 2008, 21st Century Skills, Education and Competitiveness : A Research and Policy Guide.
Kristiani, K.D., Mayasari, T., dan Kurniadi, E., 2017, Kumpulan Abstrak Etnosains dan Perannanya Dalam Menguatkan Karakter Bangsa, 2, 56.
Florida, R., Mellander, C., & King, K., 2015, The Global Creativity Index 2015, Martin Prosperity Institute, Toronto, 68.
Wena, M., 2014, Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Bumi Aksara, Jakarta.
Lutfi, Ismail dan Andi A.A., 2017, Pros. Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, 189-194.
Lukman, L. A., 2015, JurnaI Inovasi Pendidikan, 4, 1.
Munandar, U., 2006, Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat, Rineka Cipta, Jakarta.
Ismayani, A., 2016, Journal of Mathematics and Education, 3, 4.
Satiadarma M.P., & Wawur F.E., 2003, Mendidik Kecerdasan, Obor Pustaka, Jakarta.
Rais, M., 2010, Pros. Seminar Nasional Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya,
Roberts, A., 2012, Technology and Engineering Teacher, 72, 8.
Refbacks
- There are currently no refbacks.