Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Animasi Multimedia Interaktif dan Handout untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Reaksi Redoks Kelas X MIPA 5 SMA N 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019

Anggun Yusnia Sari, Ashadi Ashadi, Budi Utami

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa kelas X MIPA 5 di SMA Negeri 5 Surakarta dengan penerapan model pembelajaran Problem Solving berbantuan animasi multimedia interaktif dan handout. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi dan sebelumnya sudah dilaksanakan tindakan prasiklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 5 SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes dan nontes. Analisis data dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa model Problem Solving berbantuan animasi multimedia interaktif dan handout pada materi reaksi redoks kelas X MIPA 5 SMA Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2018/2019 dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa yang dibuktikan dari kenaikan capaian pada setiap aspek dari siklus I ke siklus II, yaitu aspek kemampuan berpikir kritis dari 68,75% menjadi 100%, sedangkan pada prestasi belajar siswa aspek pengetahuan ketuntasan siswa dari 68,75% menjadi 87,50%, aspek sikap dari 90,62% menjadi 100% dengan kategori sikap siswa sangat baik, aspek keterampilan dari 73,55% menjadi 77,57%.

Keywords

PTK; problem solving; reaksi redoks; berpikir kritis; prestasi belajar

Full Text:

PDF

References

Badan Standar Nasional Pendidikan, 2010, Paradigma Pendidikan Nasional di Abad 21, Jakarta, BSNP

Mulyasa, 2013, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung, PT Remaja Rosdakarya.

Anwar, R., 2014, Humaniora, 5(1), 97 – 106

Adisendjaja, Y. H., 2008, Sains dan Pembelajaran Sains. Bandung, Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UPI.

Chang, C. Y., Yeh, T. K., Barufaldi, J. P, 2010, International Journal of Science Education, 32(2), 265-282.

Ariyanti, N. D., Haryono, H., Masykuri, M., 2017, Jurnal Pendidikan Kimia, 6(1), 62-68.

Miles, M.B., Huberman, A.M., 1995, Analisa Data Kualitatif. Jakarta, UI Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.