Implementasi Model Two Stay and Two Stray pada Pembelajaran Kimia Materi Larutan Penyangga Berbantuan Peta Konsep untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA 1 SMA Al Islam 1 Surakarta

Puput Krismayana, Widiastuti Agustina Eko Setyowati, Ashadi Ashadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kerjasama dan hasil belajar siswa kelas XI MIPA 1 SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019 dengan mengimplementasikan modelĀ  Two Stay and Two Stray (TSTS) disertai peta konsep pada materi larutan penyangga. Penelitian yang dilakukan termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Tiap satu siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ialah siswa-siswi XI MIPA 1 SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Sumber data berasal dari siswa dan guru. Teknik pengumpulan data melalui angket, observasi, wawancara, dan test. Teknik analisa data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) implementasi model Two Stay and Two Stray (TSTS) disertai peta konsep dapat meningkatkan kemampuan kerjasama siswa yang awalnya hanya 44% pada prasiklus. Persentase ketercapaian kemampuan kerjasama siswa pada siklus I sebesar 71,43% meningkat menjadi 87,50% pada siklus II. 2) implementasi model Two Stay and Two Stray (TSTS) disertai peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan aspek pengetahuan ditunjukkan dari ketuntasan pada siklus I sebesar 62,23% menjadi 86,51% pada siklus II. Aspek sikap diperoleh 79,41% dan meningkat 91,18%. Kemudian aspek keterampilan menggunakan alat diperoleh 76,47% dan keterampilan presentasi meningkat dari 70,59% menjadi 82,35%.

Keywords

Two Stay and Two Stray; kemampuan kerjasama; hasil belajar; peta konsep

Full Text:

PDF

References

Widowati, A., 2008, Pendidikan Sains, Yogyakarta, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Yogyakarta.

Mukminan, 2014, Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendaya-gunaan Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya.

Purwanti, W., 2013, Langkah Pengembangan Pembelajaran IPA Pada Implementasi Kurikulum 2013, Yogyakarta.

Permendikbud Nomor 69, 2013, Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah. Kemendikbud, Jakarta.

Sumadayo, S., 2013, Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Graha Ilmu.

Lusiana, I. A., Setyosari, P., Setjipto, B.E., 2017, International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 6(3).

Huda, M., 2013, Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran (cetakan ke-2), Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

Dahar, R.W., 2011, Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung, Erlangga.

Chaerunisa, Saputro, S., Saputro, A.N.C., 2016, Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 5(3) 36-44.

Kemmis, S., Taggart, R.M., 1988. The Action Research Planner, Victoria, Deakin University.

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung, Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.