Penerapan Model Guided Discovery Berbantuan Mind Mapping dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Reaksi Redoks Kelas X Di SMAN 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2018/2019

Risdhya Ayu Foresty, Sri Retno Dwi Ariani, Sri Mulyani

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan prestasi belajar siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Karanganyar tahun pelajaran 2018/2019 melalui penerapan model pembelajaran guided discovery berbantuan mind mapping. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Tahapan dari setiap siklus adalah perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian berasal dari wawancara, observasi, tes, dan angket dengan teknis analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran guided discovery berbantuan mind mapping dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa pada materi reaksi redoks. Kemampuan berpikir kritis pada siklus I sebesar 72,22%, pada siklus II meningkat menjadi 100%. Prestasi belajar aspek sikap pada siklus I sebesar 58,33% meningkat pada siklus II menjadi 94,44%. Prestasi belajar aspek sikap dan keterampilan hanya dilakukan pada siklus I karena sudah mencapai target ketuntasan, yaitu sebesar   dan 100%.

Keywords

tindakan kelas; guided discovery; mind mapping; kemampuan berpikir kritis; prestasi belajar; reaksi redoks

Full Text:

PDF

References

Nelfiyanti, & Sunardi, D. (2017). Penerapan Metode Problem Based Learning Dalam Pelajaran Al -Islam II Di Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta. Spektrum Industri, 15(1), 111–119.

Johnson, E. B. (2007). Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar - Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Mizan Media Utama.

Ennis, R.H. (2011). The Nature od Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. Chicago: University of Illinois.

Achera, L. J., Belecina, R. R., & Garvida, M. D. (2015). The Effect of Group Guided Discovery Approach on Theperformance of Students in Geometry. International Journal of Multidisciplinary Research and Modern Education (IJMRME), 1 (2), 2454–6119.

Suprihatiningrum. (2013). Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Edward, Caroline. 2009. Mind Mapping untuk Anak Sehat dan Cerdas. Yogyakarta: Wangun Printika.

Haris, F., Rinanto, Y., & Fatmawati, U. (2015). Pengaruh Model GuidedDiscovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri Karangpandan Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Biologi, 7 (2), 114–122.

Silaban, R., & Napitupulu, M. A. (2012). Pengaruh Media Mind Mapping Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA pada Pembelajaran Menggunakan Advance Organizer. Universitas Negeri Medan. Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/409/1/Ramlan Silaban.pdf

Eggen, P., & Kauchak, D. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: PT Indeks.

Sutejo. 2009. Cara Mudah Menulis PTK. Yogyakarta: Pustaka Felicha.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.