Studi Komparasi Metode Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) dan Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Media Handout terhadap Prestasi Belajar Siswa Materi Sistem Periodik Unsur Kelas X SMA Negeri 2 Sukoharjo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: efektifitas penggunaan metode pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) dan Numbered Head Together (NHT) berbantuan media handout terhadap prestasi belajar siswa materi Sistem Periodik Unsur kelas X SMA 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Randomized Postest Comparison Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2Sukoharjo tahun pelajaran 20152016 yang terdiri dari 8 kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas X IPS 1 dan kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan: (1) instrument tes untuk mengukur kemampuan prestasi belajar aspek pengetahuan; (2) angket untuk mengukur prestasi belajar aspek sikap; (3) observasi untuk mengukur prestasi belajar aspek sikap dan keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Numbered Head Together (NHT) disertai media handout lebih efektif dibandingkan dengan metode pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) disertai media handout pada pokok bahasan sistem periodik unsur kelas X SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2015/2016 pada prestasi belajar siswa aspek pengetahuan, tetapi menghasilkan prestasi belajar yang sama pada aspek sikap dan keterampilan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Slavin, R.E. (2008). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Terjemahan Nurulita Yusron. Bandung: Nusa Media.
Purba, M. (2007). Kimia untuk SMA Kelas X. Jakarta: Erlangga.
Nugroho, E. A. (2011). Perbedaan Hasil Belajar Siswa antara Model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) dengan STAD (Student Team Achievment Division) pada Konsep Laju Reaksi. Hasil Penelitian Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Hlm 61. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Malang.
Chayati, N., Ashadi, Utomo, S.U. (2015). Studi Komparasi Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan Numbered Head Together (NHT) Menggunakan Modul Pada Materi Termokimia Kelas XI Semester Gasal SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2015. Jurnal Pendidikan Kimia, 4, (4), 1-7.
Arofati, Yuliesta. (2011). Pe-nerapan Pembelajaran Kooperatif STAD (Student Team Achieve-ment Division) Berbantuan Macromedia Flash dilengkapi Handout untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Asam, Basa, dan Garam Siswa Kelas VII B SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011. Hasil Penelitian Skripsi Universitas Sebelas Maret. Hlm v. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Sudjana, N. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.