Studi Komparasi Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Berkombinasi Drill And Practice dan Problem SolvingdBerbantuan Peer Tutoring Ditinjau dari Kemampuan Metakognisi terhadap Prestasi Belajar Siswa

Citra Choirunnisa, Ashadi Ashadi, Suryadi Budi Utomo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran TAI
berkombinasi Drill and Practice dan Problem Solving berbantuan Peer Tutoring terhadap prestasi belajar pada materi Stoikiometri,(2) pengaruh kemampuan metakognisi terhadap prestasi belajar pada materi stoikiometri,(3) interaksi antara model pembelajaran TAI berkombinasi Drill and Practice dan Problem Solving berbantuan Peer Tutoring dengan kemampuan metakognisi terhadap prestasi belajar pada materi stoikiometri. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X MIPA 4 dan X MIPA 6 SMA N 1 Boyolali tahun ajaran 2016/2017 yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Analisis data penelitian ini menggunakanauji Analisis Variansi (ANAVA) Dua Jalan dan uji Kruskal Wallis. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh modela pembelajaran TAI berkombinasi Drill and Practice dan Problem Solving berbantuan Peer Tutoring terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan, tetapi tidak terdapat pengaruh terhadap aspek sikap dan keterampilan pada materi stoikiometri. (2) Tidak terdapat pengaruh kemampuan metakognisi terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan, aspek sikap dan keterampilan pada materi stoikiometri. (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran TAI berkombinasi Drill and Practice dan Problem Solving berbantuan Peer Tutoring dengan kemampuan metakognisi terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan pada materi stoikiometri.

Keywords

TAI berkombinasi drill and practice; problem solving berbantuan peer tutoring; metakognisi; prestasi belajar; stoikiometri

Full Text:

PDF

References

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2012). Konsep dan

Implementasi Kurikulum 2013, Jakarta: Sekretarian Jendral.

Setiadi, Hari., dkk. (2011). Profil Kemampuan IPA Peserta Didik Indonesia berdasarkan Benchmark Internasional TIMSS 2011. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penilaian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Latisma, D. (2015). Proceeding The International Conference on Education, Mathematic, Science and Technology for Human & Natural Resource, 250-255.

Hanson, Ruby. (2016). Journal of Education and e-Learning Research, 3(1).

Tilaar, A.L.F. (2014). International Journal of Science and Engineering Investigations, 3(24), 25-29.

Fitriana, D., Ashadi., & Saputro, A.N.C. (2016). Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 5(3), 27-35.

Awofala, A.O.A., Arigbabu, A.A., & Awofala, A.A. (2013). Acta Didactica

Napocensia, 6(1), 1-22.

Sari, D.K., Mulyani, B., & Mulyani, S. (2014). Jurnal Pendidikan Kimia

(JPK), 3(1), 51-57.

Kim, M.C. & Hannafin, M.J. (2011). Elsevier: Journal Computers &

Education, 56(1), 403-417.

Ishartono, B., Ashadi, Susilowati, E. (2015). Jurnal Pendidikan Kimia,

(4). 10-11, 10-19.

Rickey, Dawn. & Stacy, A.M. (2000). Journal of Chemical Education,

(77)7, 915-920.

Schunk, D. H. (2012). Teori Pembelajaran Perspektif Pendidikan. Ter. Eva H & Rahmat F. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mahromah, L.A., & Manoy, J.T. (2013). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1).

Doyle, B.P. (2013). Metacognitive Awareness: Impact of a Metacognitive Intervention in a Prenursing Course. Disertasi, Louisiana State University.

Java, L.A. z(2014). Problem Solving Strategies and Metacognitive Skills For Gifted Students In Middle School. Tesis, Louisiana State University.

Danial, Muhammad. (2010). Jurnal Chemica, 11(2), 1-10.

Greadler, C.J. (2011). Learning and Instruction: Teori dan Aplikasi. Terj. Tri Wibowo B.S. Jakarta: Kencana.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 104. (2014).

Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta Kemendikbud.

Nadi, C.Y., ES. Agustina, W., & Saputro, S. (2016). Jurnal

Pendidikan Kimia (JPK), 5(1), 125133.

Desmita. (2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Rosdakarya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.