Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dilengkapi LKS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Reaksi Reduksi-Oksidasi Kelas X MIA SMA Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) kemampuan berpikir kritis siswa kelas X-MIA pada materi reaksi reduksi-oksidasi di SMA Islam 1 Surakarta menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dilengkapi dengan LKS, dan (2) prestasi belajar siswa kelas X-MIA pada materi reaksi reduksi-oksidasi di SMA Islam 1 Surakarta menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dilengkapi dengan LKS. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA SMA Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kajian dokumen, angket dan tes. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dilengkapi LKS dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MIA pada materi reaksi reduksi-oksidasi di SMA Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan dari hasil tes siklus I dengan ketuntasan siswa sebesar 82,60%. (2) penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dilengkapi LKS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X MIA pada materi reaksi reduksi-oksidasi di SMA Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil tes siklus I ketercapaian aspek sikap pada siklus I sebesar 73,91% dan meningkat menjadi 86,96% pada siklus II. Ketercapaian aspek pengetahuan siswa sebesar 52,17% pada siklus I dan meningkat menjadi 73,91% pada siklus II. Ketercapaian aspek keterampilan sebesar 91,3%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fadlillah, M. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI,SMP/MTs, & SMA/MA. Yogyakarta: PT Ar-ruzz Media
Arikunto, S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Anam, K. (2016). Pembelajaran Berbasis Inkuiri Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Prasetyowati, E.N. dan Suyatno. (2016). Peningkatan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri pada Materi Pokok Larutan Penyangga. Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia, 1(1)
Koksal, E.A. & Berberoglu G. (2014) The Effect of Guided Inquiry Instruction on 6th Grade Turkish Students' Achievement, Science Process Skills, and Attitudes Toward Science, International Journal of Science Education, 36 (1), 66-78
Sadeh, I. & Zion, M. (2009). The Development of Dynamic Inquiry Performances within an Open Inquiry Setting: A Comparison to Guided Inquiry Setting. Journal of Research in Science Teaching, 46(10), 1137-1160
Bunterm, T., Lee, K., Kong, J.N.L., Srikoon, S., Vangpoomyai, P., Rattanavongsa, J. & Rachahoon, G. (2014). Do Different Levels of Inquiry Lead to Different Learning Outcomes? A comparison between guided and structured inquiry. International Journal of Science Education, 36 (12), 1937-1959
Dewi, N. L. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar (Vol. 3 Tahun 2013).
Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jakarta: Diva Press.
Hamidah, N., Haryani, S., dan Wardani, S. (2018). Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2)
Wijayanti, T & Aziz, A. . (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Konsep Sel dan Jaringan. Jurnal Pendidikan Biologi - FTK UINAM, 3(1).
Kitot, A. K. ., Ahmad, A. ., & Seman, A. A. (2010). The Effectiveness of Inquiry Teaching in Enhancing Students’ Critical Thinking. Elsevier Procedia Social and Behavioral Sciences, 7(C), 264–273.
Refbacks
- There are currently no refbacks.