Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Kimia Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan dengan Model Discovery Learning Berbantuan Mind Map Di Kelas XI IPA 2 Semester Genap SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017

Zunia Rizky Wanda Lailasari, Budi Utami, Nurma Yunita Indriyanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran discovery learning berbantuan mind map pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan garam kelas XI IPA 2 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar tahun pelajaran 2016/2017, Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, tiap siklusnya terdapat empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kajian dokumen, angket dan tes, dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan mind map dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan garam kelas XI IPA 2 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Pada siklus I, ketercapaian siswa dengan kemampuan berpikir kritis tinggi sebesar 77% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%, pada aspek afektif ketercapaian siklus I sebesar 94% dan meningkat menjadi 100% pada siklus II. Pada aspek kognitif ketercapaian ketuntasan siklus I sebesar 34% dan meningkat menjadi 68% pada siklus II. Pada aspek psikomotor ketercapaian pada siklus I sebesar 100%.

Keywords

penelitian tindakan kelas; discovery learning; mind map; kemampuan berpikir kritis; prestasi belajar

Full Text:

PDF

References

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Yamin, M. (2007). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.

Fisher, A. (2006). Critical Thingking An Introduction. Inggris: Cambridge University Press.

Brookfield, S. D. (1997). “Assesing Critical Thinking”. New Direction for Adult and Continuing Education: Jossey- Bass Publisher.

Tenenbaum, Harriet R. (2011). Does Discovery- Based Intruction Enhance Learning?. Artikel. City University of New York.

Eggen, Paul dan Don Kauchack. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. Jakarta: PT Indeks.

Nugrahaeni, A, Redhana,W., Kartawan A,M,I. (2017). Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia. Vol 1 (1). 23-29.

Reid, D.J., J. Zhang & Q. Chen. (2003). Journal of Computer Assistend Learning. 19. 9-20.

Puspitadewi,R., Saputro, A.N.C., Ashadi. (2016). Jurnal Pendidikan Kimiai. Vol 5(4). 114-119.

D’Antoni, A, et al. (2010). “Does the Mind Map Learning Strategy Facilitate Information Retrievel & Critical Thinking in Medical Students?”. BMC Medical Educationi.

Buzan, Tony. (2007). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT. Gramedia Pusaka Utama.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Baharuddin, H dan Wahyuni, N. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta : Ar- Ruzz Media.

Edward, S dan Nick Cooper.(2010). The Clinical Teacher. Vol 7. 236-239.

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Jong, Ton De & Wouter Van Joolingen. (1998). Journal Review of Education Research. 68. 179-202.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.