Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction Dilengkapi Aplikasi Buku Saku Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa dan Prestasi Belajar dalam Materi Stoikiometri Kelas X MIA 2 SMA Batik 2 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017

Novian Setiani, Haryono Haryono, Agung Nugroho Catur Saputro

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar siswa kelas X MIA 2 SMA Batik 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017 melalui penerapan model pembelajaran direct instruction dilengkapi aplikasi buku saku berbasis android pada materi stoikiometri. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 2 SMA Batik 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Sumber data adalah siswa, guru, dan peristiwa atau kegiatan siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket penilaian diri, dan tes. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran direct instruction dapat meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar siswa pada materi stoikiometri kelas X MIA 2 SMA Batik 2 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Pada siklus I masing-masing persentase ketercapaian kemandirian siswa, prestasi belajar aspek pengetahuan, aspek sikap dan aspek keterampilan yaitu 86,11%; 50%; 88,89% dan 100%. Setelah diberikan tindakan pada siklus II, masing-masing persentase ketercapaian kemandirian siswa, prestasi belajar aspek pengetahuan, dan aspek sikap meningkat menjadi 91,67% ; 72,20% dan 94,44%. Prestasi belajar aspek keterampilan hanya dilakukan pada siklus I karena target yang ditentukan telah tercapai.

Keywords

Direct Instruction; aplikasi buku saku; kemandirian; prestasi belajar; stoikiometri

Full Text:

PDF

References

Mulyasa. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono.(2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Chang, R. (2005). Kimia Dasar: Konsep – konsep Inti Jilid 1. Terj. Muhamad. Jakarta: Erlangga.

Alfian, Zul. (2009). Kimia Dasar. Medan: USU press.

Dahar, R.W. (2011). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Arends, Richard. (2007). Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arsyad, Azhar. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.