Upaya Peningkatan Kemampuan Kerja Sama dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPA 1 pada Materi Hidrolisis Melalui Model Pembelajaran Teams Assisted Individualization (TAI) Menggunakan Media Modul Di SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017

Afifah Naufalia Rahmadheanti, Bakti Mulyani, Suryadi Budi Utomo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama dan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif Teams Assisted Individualization (TAI) menggunakan media modul pada materi Hidrolisis. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017. Data diperoleh dari observasi, angket, tes objektif dan wawancara. Validitas penelitian menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Assisted Individualization (TAI) menggunakan media modul pada materi Hidrolisis dapat meningkatkan kerja sama dan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari penelitian menunjukkan bahwa capaian persentase kerja sama siswa sebesar 86% pada siklus I dan 94% pada siklus II. Aspek afektif siswa pada siklus I sebesar 89% dan pada siklus II sebesar 92%. Aspek kognitif siswa siklus I sebesar 53%, pada siklus II sebesar 78%, serta prestasi belajar pada aspek psikomotor sebesar 87%.

Keywords

Teams Assisted Individualization (TAI); modul; kerja sama siswa; prestasi belajar; hidrolisis

Full Text:

PDF

References

Salahudin, A. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Penerbit Pustaka Setia.

Sirhan, G. (2007).Journal of Turkish Science Education, 4(2), 1 – 19.

Rahmawati, C.P., Ashadi., Utomo, S.B. (2015). JPK, 4(1), 1-9.

Nneji, L. (2011). Nigerian Educational Research Journal, 23(4), 1-8.

Slavin, R.E. (2011). Psikologi dan Pendidikan (Teori dan Praktik) (Edisi ke- 9, Jilid 2).Terj. Marianto Samosir. Jakarta: PT Indeks Permata Putri Media. (Buku asli diterbitkan 2009).

Anitah, S. (2009). Media Pem-belajaran. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 FKIP UNS Surakarta.

Trianto. (2009). Mendesain Model-Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Moleong, L.J. (1996). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Chaerunisa., Saputro, Sulistyo., Nugroho C.S, Agung (2016). JPK, 5(3), 1-9.

Rositawati, H., Nurhayati, N.D., Redjeki, T. (2015). JPK, 4(4), 1-9.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.