Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Termokimia Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Slogohimo Tahun Ajaran 2015/2016

Niti Asih Saraswati, Agung Nugroho Catur Saputro, Sri Mulyani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada materi Termokimia kelas XI IPA I SMA Negeri 1 Slogohimo melalui penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa XI IPA I SMA Negeri 1 Slogohimo tahun pelajaran 2015/2016. Sumber data adalah guru dan siswa. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada materi Termokimia. Peningkatan motivasi belajar siswa dapat dilihat dari kenaikan persentase ketuntasan pada siklus I sebesar 69,23%  meningkat menjadi 100% pada siklus II. Peningkatan prestasi belajar dapat dilihat dari dua aspek yaitu kognitif dan afektif. Prestasi belajar kognitif pada siklus I ditandai dengan ketuntasan sebesar 46,15% meningkat menjadi 100% pada siklus II. Sedangkan pada aspek afektif, ketercapaian pada siklus I sebesar 42,31% meningkat menjadi 100% pada siklus II.

Keywords

penelitian tindakan kelas; Team Assisted Individualization; lembar kerja siswa; motivasi belajar; prestasi belajar

Full Text:

PDF

References

Sanjaya, W. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktek Pengembangan KTSP. Jakarta: Kencana.

Dahar, R. W. (2011). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Slavin, R.E. (2009). Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Terj. Nurulita. Bandung: Nusa Media.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Rejeki, G. S., & Dwi, R. (2013). Jurnal Pendidikan Kimia, 2(3), 175–181.

Rahmatikasari, U. (2013). Penerapan Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika tentang Bilangan Pecahan Siswa Kelas V SD. Skripsi Dipublikasikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Awofala, A. O. A., Arigbabu, A. A., & Awofala, A. A. (2013). Efectos of Framing and Team Assisted Individualised Instructional Strategies on Senior Secondary School Students’ Attitudes Toward Mathematics. Acta Dicactica Napocensia, 6(1), 49–71.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.