Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Bacaan dan Prestasi Belajar pada Materi Pokok Hidrolisis Garam Kelas XI IPA 2 Semester Genap SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2016/2017

Berliana Kristaliningtyas, Suryadi Budi Utomo, Sri Yamtinah

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan memahami bacaan dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Ngemplak tahun pelajaran 2016/2017 dengan menerapkan model pembelajaran cooperative script pada materi pokok hidrolisis garam. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative script pada materi hidrolisis garam mampu meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Ngemplak. Hasil prestasi belajar kognitif pada siklus I sebesar 39% dan meningkat pada siklus II menjadi 72,22%. Hasil prestasi belajar afektif pada siklus I sebesar 88,89% dan meningkat pada siklus II menjadi 100%. Penerapan model pembelajaran cooperative script pada materi hidrolisis garam mampu meningkatkan kemampuan memahami bacaan siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Ngemplak. Hasil kemampuan memahami bacaan  pada siklus I sebesar 85,71% dan meningkat pada siklus II menjadi 100%.

Keywords

penelitian tindakan kelas; Cooperative Script; kemampuan memahami bacaan; prestasi belajar

Full Text:

PDF

References

Barke, H.-D., Hazari, A., & Yitbarek, S. (2008). Misconceptions in Chemistry. Berlin: Springer.

Ali, H. (2012). International Journal of Basic and Applied Science, 1(1), 47–52.

Daro, F., Yamtinah, S., & Nurhayati, N. D. (2013). Pendidikan Kimia (JPK), 2(3), 139–145.

Javed, M. (2015). International Journal of Instruction, 8(2), 140–154. https://doi.org/10.12973/iji.2015.8211a

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Maksum, A., & Sedyawati, S. M. R. (2013). Inovasi Pendidikan, 7(1), 1072–1082.

Meilani, R., & Sutarni, N. (2016). Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 186–197.

Natalina, M., & Srini, N. (2013). Biogenesis, 10(1), 43–52.

Oktaviyani, V. (2013). Skripsi, Hlm 66. Universitas Negeri Yogyakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.