Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa pada Sub Materi Konsep Mol Kelas X MIA 2 SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017 pada sub materi konsep mol dengan menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 7E. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdapat empat tahapan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017. Sumber data adalah informasi dari guru dan siswa, dokumen yang berhubungan dengan masalah penelitian, serta peristiwa dan perilaku siswa selama proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, tes dan angket, selanjutnya data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, persentase siswa dengan kemampuan berpikir kritis tinggi adalah 57,5% dan meningkat menjadi 82,5% pada siklus II. Peningkatan prestasi belajar dapat dilihat dari aspek pengetahuan, aspek sikap dan aspek keterampilan. Pada aspek pengetahuan, persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah 57,5% dan meningkat menjadi 95% pada siklus II. Pada aspek sikap, siswa dengan kategori minimal baik pada siklus I adalah 80% dan meningkat menjadi 92,5% pada siklus II. Persentase ketuntasan aspek keterampilan yang dilaksanakan pada siklus I adalah 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa pada sub materi konsep mol di kelas X MIA 2 SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Triwiyanto, T. (2014). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Anshory, Irfan. (2000). Kimia SMU untuk Kelas 2. Jakarta: Erlangga.
Indrawati, W., Suyatno & Yuni, S. R. (2015). Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 5 (1), 788-794.
Hartono. (2013). Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9 (2013), 58-66.
Balta, N., & Sarac, H. (2016). European Journal of Educational Research, 5 (2), 61-72.
Eisenkraft, A. (2003). The Science Teacher. 70 (6), 56-59.
Shaheen, M. N. U. K., & Kayani, M. N. (2015). Mediterranean Journal of Social Science, 6 (4), 471-481.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.