Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit Kelas X MIA 4 SMA Negeri 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017

Arini Miftakhul Jannah, Bakti Mulyani, Mohammad Masykuri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas X MIA 4 SMA Negeri 4 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017 melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Penelitan yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas dan terdiri dari dua siklus.Setiap siklus terdapat empat tahap yaitu, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi.Subjek penelitian adalah X MIA 4 SMA Negeri 4 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif. Data pada penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, kajian dokumen, angket dan tes.Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa dengan kategori aktif dan sangat aktif sebesar 67% pada  siklus 1 menjadi 80% pada siklus 2, prestasi belajar siswa  aspek pengetahuan dengan ketuntasan siswa sebesar 53% pada siklus 1 dan 77% pada siklus 2,  ketercapaian aspek sikap pada siklus 1 sebesar 97%, dan ketercapaian aspek keterampilan sebesar 100%. Prestasi belajar aspek sikap dan keterampilan tidak dilakukan pada siklus 2. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran PjBL dapat meningkatkan kemampuan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit kelas X MIA 4 SMA Negeri 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017.

Keywords

Project Based Learning (PjBL); aktivitas belajar siswa; prestasi belajar; larutan elektrolit dan non-elektrolit

Full Text:

PDF

References

Hasnawati. (2006). Pendekatan Contextual Teaching Learning Hubungannya dengan Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 3 (1), 53-62.

Chang, R. (2005). Kimia Dasar: Konsep-konsep Inti. Terj. Muh Abdul Jadir. Jakarta: Erlangga.

Yalcin, A.S., Turgut U., & Buyukkasap, E. (2009). The Effect of Project Based Learning on Science Undergraduates’ Learning of Electricity, Attitude towards Physics and Scientific Process Skills. International Online Journal pf Educational Sciences., 1 (1), 81-105.F

Kemendikbud. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2014/2015: Mata Pelajaran IPA SMP/MTs. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Raines, D.A. (2010). An innovation to facilitate student engagement and learning: Crossword puzzlez in the classroom. Teaching and Learning in Nursing, 5, 85-90.

Arikunto, S., Suhardjono & Supardi. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Antariksa.

Miles, M.B., & Huberman, A.M. (2007). Analisis Data Kualitatif, Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Permendikbud. (2014). Nomor 104 Tahun 2014 Tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.