Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Assisted Individualization (TAI) Berkombinasi Drill and Practice untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar pada Materi Stoikiometri Kelas X MIPA 3 SMA Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017

Ina Yuliyati, Agung Nugroho Catur Saputro, Widiastuti Agustina Eko Setyowati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa kelas X MIPA 3 SMA Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017 melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Teams Assisted Individualization (TAI) berkombinasi Drill and Practice. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 3 SMA Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi, tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Teams Assisted Individualization (TAI) berkombinasi Drill and Practice dapat meningkatakan kreativitas dan prestasi belajar siswa pada materi stoikiometri. Pada siklus I, persentase ketercapaian kreativitas sebesar 57,5% yang kemudian meningkat pada siklus II menjadi 75%. Persentase ketercapaian prestasi belajar untuk aspek pengetahuan pada siklus I mencapai 55,0% dan meningkat pada siklus II menjadi 80%. Sedangkan untuk prestasi belajar aspek sikap dan keterampilan hanya dilakukan pada siklus I karena telah mencapai target ketuntasannya yaitu sebesar 96,50% dan 100%.

Keywords

penelitian tindakan kelas; Teams Assisted Individualization (TAI); Drill and Practice; kreativitas; prestasi belajar; stoikiometri

Full Text:

PDF

References

Mulyasa. (2014). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Bowen, C.W., & Bunce, D.M. (1997). The Chemical Educator, 2(2), 1-2.

Salahudin. (2015). Bandung: Pustaka Setia.

Awofala, A. O. A., Arigbabu, A. A., & Awofala, A. A. (2013). Acta Didactita Napocensia, 6 (1), 1-22.

Tinungki, G. M. (2015). Journal of Education and Practice, 6 (32), 27 – 31.

Nneji, L. (2011). Nigerian Educational Research Journal, 23 (4), 1 – 8

Sari, D.K., Mulyani, B., & Mulyani, S. (2014). Jurnal Pendidikan Kimia, 3 (1), 51-57.

Smaldino, S. E., Russel, J. D., Heinich, R., & Molenda, M. (2005). New Jersey. Columbus, Ohio: Pearson Merrill Prentice Hall.

Abduhan, R., Mulyani, S., & Utami, B. (2015). Jurnal Pendidikan Kimia, 4 (4), 71-79.

Azizah, H.N., Utami, B., & Haryono. (2017). Jurnal Pendidikan Kimia, 6 (1), 31-38.

Suyitno. (2007). Jakarta: Pusdiklat Tenaga Teknis Keagamaan-Depag.

Sugiyono. (2013). Bandung: Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.