Penggunaan Tes Diagnostik Three-Tier Test Alasan Terbuka untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Larutan
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui terjadinya miskonsepsi dan letak miskonsepsi pada siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Karanganyar. Miskonsepsi dapat diidentifikasi menggunakan tes diagnostik three-tier test yang didukung dengan hasil observasi proses pembelajaran dan wawancara. Tes diagnostik three-tier tersusun atas 10 soal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di kelas XI MIPA 3, XI MIPA 4 dan XI MIPA 6. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terjadi miskonsepsi pada siswa kelas XI MIPA pada larutan penyangga di SMA Negeri 2 Karanganyar. Persentase miskonsepsi yang dialami siswa yaitu pada submateri sifat larutan penyangga dan pembuatannya (nomor 1: 19,59%, nomor 2: 25,77%, nomor 3: 13,40%), pada submateri menentukan pH larutan penyangga (nomor 4: 77,32%, nomor 5: 72,16%, nomor 6: 77,31%, nomor 7: 56,70%, nomor 8: 89,69%) dan pada submateri contoh larutan penyangga dalam kehidupan sehari-hari (nomor 9: 37,11% dan nomor 10: 78,35%). Berdasarkan hasil tersebut maka miskonsepsi terbanyak terjadi pada submateri perhitungan pH larutan penyangga.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Addin, I, Ashadi, & Masykuri, M. (2016). JKPK.1(2). 58-65.
Jaber, L. Z., & Boujaoude, S. (2012). IJSE, 34(7), 973–998. https://doi.org/10.1080/09500693.2011.569959.
Talanquer, V. (2011). IJSE, 33(2), 179–195. https://doi.org/10.1080/09500690903386435.
Yunitasari, W., Susilowati, E, & Nurhayati, N.D. (2013). JPK. 2(3).182-190.
Syahrul, D. A., & Setyarsih, W. (2015). JIPF, 04(03), 67–70.
Nikmah, K., & Suyono. (2015). UNESA JCE, 4(3), 541–550.
Keenan, Kleinfelter, & Pudjaatmaka, Wood a.Hadyana. (1984). Kimia Untuk Universitas. Jakarta: Erlangga.
Sudarmo, Unggul. (2017). Kimia untuk Sma/Ma Kelas XI. Surakarta : Erlangga.
Brady, James. E. (1990). Kimia Universitas Asas & Struktur. Jakarta: Binarupa Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.