Penerapan Process-Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Larutan Penyangga
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Departemen Pendidikan Nasional., 2003, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Depdiknas, Jakarta.
Rakhmawati, S., Muspiroh, N., & Azmi, N., 2016, Jurnal Pendidikan Sains, 5(2), 156–164.
Indraswari, R. A., Widodo, W., & Muchlis, 2015, Jurnal Pendidikan IPA E-Pensa, 3(2).
Fajri, L., Ashadi, & Utomo, S. B., 2015, Jurnal Inkuiri, 4(2), 10-18.
Simonson, S. R., & Shadle, S. E., 2013, Journal of STEM Education: Innovations and Research, 14(1), 56–63.
Anam, K., 2015, Pembelajaran Ber-basis Inkuiri Metode dan Aplikasi, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Marsita, R. A., Priatmoko, S., & Kusuma, E., 2010, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 4(1), 512–520.
Kurniawan, M. A., Prayitno, & Yahmin., 2013, Menggali Pema-haman Siswa SMA Pada Konsep Larutan Penyangga Menggunakan Instrumen Diagnostik Two-Tier, Skripsi.
Murti, M. M. S., 2014, Jurnal Pendidikan Kimia, 3(4), 75–82.
Sudarmin, 2012, Keterampilan Generik Sains dan Penerapannya dalam Pembelajaran Kimia Organik, UNNES Press, Semarang.
Mercer-mapstone, L.D., & Kuchel, L.J., 2016, Teaching & Learning Inquiry, 4(2). 1-14.
Kusdiwelirawan, A., Hartini, T. I., & Najihah, A. R., 2015, Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika., 1(2). 19-23.
Curtis, D., & Denton, R., 2003, The authentic performance-based assessment of problem-solving generic skills NCVER, NCVER, Australia.
Miles, M. B. & Huberman, A. M., 1995, Analisis Data Kualitatif, Terj. Tjetjep Rohendi Rohidi, UI-Press, Jakarta.
Suwandi, S., 2009, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penuli-san Karya Ilmiah, Mata Padi Presindo, Surakarta.
Febriyanti, D., Ilyas, S., & Nurmaliah, C., 2014, Jurnal Biologi Edukasi, 6(2), 43-47.
Hande S, Mohammed C.A., and Komattil R., 2015, Journal of Taibah University Medical Sciences, 10(1), 21-25.
Maulidiawati & Soeprodjo, 2014, Chemistry in Education, 3 (2), 163-169.
Kori, K., Mäeots, M., & Pedaste, M., 2014, Procedia -Social and Behavioral Sciences, 112, 242-251.
Şen, Ş., & Yılmaz, A., 2015, Problems of Education in the 21st Century, 66(1), 54-66.
Refbacks
- There are currently no refbacks.