Penerapan Process-Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Larutan Penyangga

Hening Asti Rahayu, Ashadi Ashadi, Suryadi Budi Utomo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) keterampilan generik sains siswa menggunakan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL); (2) prestasi belajar siswa pada materi pokok bahasan larutan penyangga di kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 5 Surakarta melalui model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 2 siklus. Pada setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 5 Surakarta. Teknik pengumpulan data dengan cara tes, angket, observasi, kajian dokumen dan wawancara, analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pengaplikasian model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dapat meningkatkan: (1) keterampilan generik sains pada materi larutan penyangga. Hal tersebut terlihat pada kenaikan prasiklus sebesar 39% menjadi 71% pada siklus I dan 87% pada siklus II. (2) Prestasi belajar siswa pada materi larutan penyangga (aspek pengetahuan 29% pada siklus I dan meningkat menjadi 77% pada siklus II, aspek sikap ketercapaian siswa yaitu 100% dimana 29% pada kategori Baik dan 71% pada kategori Sangat Baik, sedangkan pada aspek keterampilan juga telah mencapai ketercapaian maksimum yaitu 100% dimana rata-rata ketercapaian indikator keterampilannya yaitu 88,5%).

Keywords

Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL); keterampilan generik sains; prestasi belajar; larutan penyangga

Full Text:

PDF

References

Departemen Pendidikan Nasional., 2003, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Depdiknas, Jakarta.

Rakhmawati, S., Muspiroh, N., & Azmi, N., 2016, Jurnal Pendidikan Sains, 5(2), 156–164.

Indraswari, R. A., Widodo, W., & Muchlis, 2015, Jurnal Pendidikan IPA E-Pensa, 3(2).

Fajri, L., Ashadi, & Utomo, S. B., 2015, Jurnal Inkuiri, 4(2), 10-18.

Simonson, S. R., & Shadle, S. E., 2013, Journal of STEM Education: Innovations and Research, 14(1), 56–63.

Anam, K., 2015, Pembelajaran Ber-basis Inkuiri Metode dan Aplikasi, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Marsita, R. A., Priatmoko, S., & Kusuma, E., 2010, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 4(1), 512–520.

Kurniawan, M. A., Prayitno, & Yahmin., 2013, Menggali Pema-haman Siswa SMA Pada Konsep Larutan Penyangga Menggunakan Instrumen Diagnostik Two-Tier, Skripsi.

Murti, M. M. S., 2014, Jurnal Pendidikan Kimia, 3(4), 75–82.

Sudarmin, 2012, Keterampilan Generik Sains dan Penerapannya dalam Pembelajaran Kimia Organik, UNNES Press, Semarang.

Mercer-mapstone, L.D., & Kuchel, L.J., 2016, Teaching & Learning Inquiry, 4(2). 1-14.

Kusdiwelirawan, A., Hartini, T. I., & Najihah, A. R., 2015, Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika., 1(2). 19-23.

Curtis, D., & Denton, R., 2003, The authentic performance-based assessment of problem-solving generic skills NCVER, NCVER, Australia.

Miles, M. B. & Huberman, A. M., 1995, Analisis Data Kualitatif, Terj. Tjetjep Rohendi Rohidi, UI-Press, Jakarta.

Suwandi, S., 2009, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penuli-san Karya Ilmiah, Mata Padi Presindo, Surakarta.

Febriyanti, D., Ilyas, S., & Nurmaliah, C., 2014, Jurnal Biologi Edukasi, 6(2), 43-47.

Hande S, Mohammed C.A., and Komattil R., 2015, Journal of Taibah University Medical Sciences, 10(1), 21-25.

Maulidiawati & Soeprodjo, 2014, Chemistry in Education, 3 (2), 163-169.

Kori, K., Mäeots, M., & Pedaste, M., 2014, Procedia -Social and Behavioral Sciences, 112, 242-251.

Şen, Ş., & Yılmaz, A., 2015, Problems of Education in the 21st Century, 66(1), 54-66.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.