Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving dengan Bantuan Hierarki Konsep untuk Meningkatkan Kerjasama Siswa dan Prestasi Belajar dalam Materi Stoikiometri Kelas X MIA 3 SMA N 1 Banyudono Tahun Ajaran 2016/2017

Aditya Satria Mahendra, Sulistyo Saputro, Agung Nugroho Catur Saputro

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri Banyudono Tahun Pelajaran 2016/2017 melalui penerapan problem solving dengan bantuan hierarki konsep pada materi stoikiometri. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 1 Banyudono Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017. Sumber data adalah siswa, guru, dan peristiwa atau kegiatan siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket penilaian diri, dan tes. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem solving dapat meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar siswa pada materi stoikiometri kelas X MIA 3 SMA Negeri 1 Banyudono Boyolali tahun pelajaran 2016/2017. Pada siklus I masing-masing persentase ketercapaian kerjasama siswa, prestasi belajar aspek pengetahuan, aspek sikap dan aspek keterampilan yaitu 72,97%; 32,43%; 81,08% dan 100%. Setelah diberikan tindakan pada siklus II, masing-masing persentase ketercapaian kerjasama siswa, prestasi belajar aspek pengetahuan, dan aspek sikap meningkat menjadi 81,08% ; 62,16% dan 91,89%. Prestasi belajar aspek keterampilan tidak dilakukan pada siklus II karena pada siklus I target telah mencapai 100%.

Keywords

problem solving; hierarki konsep; kerjasama; prestasi belajar; stoikiometri

Full Text:

PDF

References

Chang, R. (2005). Kimia Dasar: Konsep – konsep Inti Jilid 1. Terj. Muhamad. Jakarta: Erlangga.

Syahrial Syarbani, dan Rusdiyanta. 2009. Dasar-Dasar Sosiologi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suyadi. (2012). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : DIVA Press.

Boujaoude & Barakat. (2003). JSE, 7(3). 1-42

Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.

Gok, T. & Silay, I. (2010). JPE, 4(1)

Novak, J. D. & Govin, D. B. (2008). Learning How to Learn. Cambridge: Cambridge University Press.

Arikunto, S., Suharjono dan Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Ernwati, D., Ashadi., Budi, U. (2015). JPK. 4(4), 17-26.

Bayu, Ishartanto., Ashadi., Endang, S. (2015). JPK. 4(1), 10-19.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.