Penerapan model pembelajaran STAD pada materi konsep sistem ekskresi manusia terhadap hasil belajar siswa MTsN di Boyolali
Sari
EN
The aim of this research is to examine the application of the Student Team Achievement Division (STAD) learning model to learning outcomes in the human excretion system subject on eight grader in Boyolali. The method used is purposive sampling. The sample used was classes VIII C and VIII B, totaling 68 students. The data collection technique used was an observation sheet. The analysis technique used is descriptive analysis. The results of this research indicate that the use of the STAD (Student Team Achievement Division) learning model in terms of learning outcomes is quite effective. The results of the N-gain score test on the learning outcomes of the experimental class were 0.6 and the control class was 0.5, which was included in the medium category. The average score in the learning outcomes research obtained by the experimental class was 81.3, so it can be concluded that the use of the STAD learning model is very effective for learning outcomes.
ID
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Sistem ekskresi pada manusia di kelas VIII MTsN di Boyolali tahun ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan adalah Purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII C dan VIII B yang berjumlah 68 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) dilihat dari hasil belajar cukup efektif. Hasil uji N-gain score pada hasil belajar kelas eksperimen 0,6 dan kelas kontrol 0,5 yang termasuk kategori sedang. Rata-rata nilai pada penelitian hasil belajar didapatkan kelas eksperimen sebesar 81,3 sehingga dapat disimpulkan bahwa sangat efektif penggunaan model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ainun, W. N., & Raharjo, R. (2021). Penerapan Media Permainan Kartu Pintar Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) untuk Melatihkan Keterampilan Sosial Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 9(1), 85-89.
Arikunto, S.J.B.A (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara
Braniste, G., Calugher, V., & Lungu, E. (2018). The Quality of Education and Training in the Context of Knowledge Based Society. https://doi.org/10.18662/LUMPROC.NASHS2017.8
Demirci, C., & Yavaslar, E. (2018). Active Learning: Let’s Make Them a Song. Cypriot Journal of Educational Sciences. https://doi.org/10.18844/CJES.V13I3.3199
Fitriana, S., Ihsan, H., & Annas, S. (2015). Pengaruh efikasi diri, aktivitas, kemandirian belajar dan kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP. Journal of Educational Science and Technology (EST), 1(2), 86-101. https://doi.org/10.26858/est.v1i2.1517
Gusbandono, T., Sukardjo, J. S., & Utomo, S. B. (2013). Pengaruh metode pembelajaran kooperatif student team achievement division (STAD) dilengkapi media animasi macromedia flash dan plastisin terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan ikatan kimia kelas X semester 1 SMA Negeri 1 Sambungmacan. Jurnal pendidikan kimia universitas sebelas maret, 2(4), 102-109. http://dx.doi.org/10.29406/ar-r.v7i2.1726
Hamdayana, Jumanta. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Haryono. 2013. Pembelajaran IPA Yang Menarik dan Mengasyikan. Yogyakarta: Kepel Press.
Haryono, Y., Subkhan, E., & Zulfikasari, S. (2019, October 1). The Implementation of Educational Technologists’ Competencies in Improving Learning Quality. https://doi.org/10.1109/ICET48172.2019.8987215
Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model pembelajaran kooperatif dalam menumbuhkan keaktifan belajar siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1-13. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236
Hasibuan, L. R., Julyanti, E., Rahma, I. F., & Marsiani, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 7(1), 20-25. https://doi.org/10.36987/jpms.v7i1.1961
Hattie, J. A. T., & Donoghue, G. M. (2018). A model of learning : Optimizing the effectiveness of learning strategies. https://doi.org/10.4324/9781315147277-7
Hazmiwati, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 178-184. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5359
Hosseini, K. A., Navkhasi, J., & Shahsavari, H. (2017). The effect of cooperative learning on the student’s academic achievement. European Journal of Education Studies. https://doi.org/10.46827/EJES.V0I0.753
Idayani, N. P. (2018). Pengaruh pembelajaran kooperatif model STAD terhadap keaktifan dan hasil belajar IPA kelas VII SMP. Journal of Education Action Research, 2(1), 30-39. https://doi.org/10.23887/jear.v2i1.13728
Ihsan, I., Eddy, A., Syafruddin, S., & Nila, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV Di SDN Inpres Sangiang Wera. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(1). http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v7i1.3192
Jain, C., & Prasad, N. (2018). Quality Improvement of Secondary Education in India: An Overview. https://doi.org/10.1007/978-981-10-4929-3_1
Kariadi, D., & Suprapto, W. (2018). Model Pembelajaran Active Learning Dengan Strategi Pengajuan Pertanyaan untuk Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran PKn. https://doi.org/10.29408/EDC.V12I1.838
Mansur, N. (2017). Pencapaian Hasil Belajar Ditinjau dari Sikap Belajar Mahasiswa. https://doi.org/10.22373/LJ.V3I2.1652
Mooij, M. (2014). Behavior Change Communication. https://doi.org/10.1007/978-3-319-01249-0_12
Nadtochiy, Y., Rozanova, Y., Solovyev, A., Shiryayeva, S., & Kazantseva, N. (2021). Education quality from the viewpoint of educational process participants and the parties concerned. https://doi.org/10.1051/SHSCONF/20219801025
Napier, D. B. (2014). Qualities of Education. https://doi.org/10.1007/978-94-6209-650-9_1
Nurlia, N., Hala, Y., Muchtar, R., Jumadi, O., & Taiyeb, M. (2017). Hubungan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa. https://doi.org/10.24114/JPB.V6I2.6552
Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. https://doi.org/10.29333/AJE.2019.426A
Salam, R., Akib, H., & Daraba, D. (2018, October 1). Utilization of Learning Media in Motivating Student Learning. https://doi.org/10.2991/ICSS-18.2018.232
Sholikhah, O. H. (2016). Problematika penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (gi) dan alternatif pemecahannya. Premiere Educandum. https://doi.org/10.25273/PE.V5I02.285
Stern, J. (2022). ‘You’re Alive!’: On the ‘Livingness’ of Spirited Educational Research. International Journal for Transformative Research. https://doi.org/10.2478/ijtr-2022-0001
Sulasmi, E. (2021). Effectiveness of Modeling Learning Strategies to improve Student Learning Outcomes. https://doi.org/10.33258/BIRCI.V4I1.1694
Wang, H. (2021). On Theoretical Practice of Cooperative Learning Teaching Approach. https://doi.org/10.30564/RET.V4I1.2734
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.