Penyerahan

Penyerahan Online

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi?

Ke Login Start New Submission

Butuh nama pengguna dan kata sandi?

Ke registrasi
 

Petunjuk Penulis

PENTING:

  • Pastikan email yang digunakan untuk korespondensi aktif dan senantiasa diakses secara berkala (lebih baik jika terhubung pada smartphone).
  • Cantumkan kontak (HP/WhatsApp) yang bisa dihubungi pada saat mendaftar akun, hal ini digunakan untuk keperluan korespondensi yang mendesak atau melakukan konfirmasi terhadap status artikel yang sudah terlampau lama.
  • Semua makalah yang diterima akan diuji dengan perangkat lunak Turnitin.
  • Penulis diwajibkan untuk mengirimkan artikel tertulis asli.
  • Artikel dikirimkan dalam dokumen Microsoft Word (.doc/.docx)
 

Ketentuan Bagian Bab Jurnal BIO-PEDAGOGI

Judul

  • Penulisan judul singkat, padat, jelas, dan menekankan pada aspek kebaruan (novelty) dari hasil penelitian atau telaah yang dilakukan.
  • Hindari penggunaan kata “studi kasus”, “pengaruh”.
  • Judul dituliskan dengan format Senteces case (kapital diawal judul).
  • Judul tidak boleh lebih dari 15 kata.
  • Demi etika ilmiah, judul tidak boleh mencantumkan nama subjek penelitian dan atau instansi tempat tempat terjadinya penelitian, apalagi jika tidak mendapatkan persetujuan dari pihak yang bersangkutan (Contoh: Analisis kemampuan berfikir kritis siwa di SMA Negeri 1 Karanganyar).

Identitas Penulis

Author.

  • Author (penulis) yang dicantumkan dalam artikel harus benar-benar berperan dalam penulisan artikel tersebut.
  • Nama ditulis secara lengkap dan tanpa menyebutkan gelar.
  • Apabila terdapat nama penulis yang hanya terdiri dari satu kata, maka penulisan pada OJS diulang bagian first name dan last name sama atau bagian first name disingkat dari huruf terdepan disertai tanda titik (.) dan last name ditulis lengkap. Contoh: seorang penulis namanya hanya “Sajidan”, maka penulisannya “Sajidan, Sajidan” atau bisa ditulis “S. Sajidan”.
  • Seluruh nama penulis yang terdapat pada artikel (file full text) harus dituliskan juga pada laman Jurnal Bio-Pedagogi saat melakukan submit.
  • Jika memiliki akun Google Scholar, Scopus, atau ORCID disarankan untuk mengisikannya pada bagian metadata penulis di OJS.

 Afiliasi.

  • Setiap nama penulis harus dilengkapi dengan afiliasi (institusi tempat bekerja atau menempuh pendidikan)
  • Mohon untuk tidak mencantumkan keterangan profesi dari penulis (Contoh: Dosen di UNS).
  • Apabila dalam satu artikel terdapat beberapa penulis dengan afiliasi yang sama, maka afiliasi cukup dituliskan satu kali.
  • Format penulisan afiliasi: Prodi/jurusan/departemen, Institusi/Lembaga/Universitas, Kota, Provinsi, Kode Pos, Negara. Contoh: Pendidikan Biologi, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Jawa Tengah, 57126, Indonesia.

Email:

  • Setiap nama penulis yang tercantum dalam artikel wajib dituliskan emailnya.
  • Email yang digunakan untuk korespondensi (komunikasi antara author dengan editor) diberi tanda bintang.

Abstrak

  • Abstrak harus memuat tujuan, metode, hasil, dan simpulan yang disampaikan secara singkat, padat dan jelas sehingga dapat menunjukkan kebaruan dibandingkan penelitian lain yang telah ada.
  • Abstrak tidak memuat sitasi, rumus, tabel, simbol, dan gambar.
  • Abstrak Bahasa Indonesia ditulis dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  • Abstrak Bahasa Inggris diawali dengan judul versi Inggris yang dicetak tebal.
  • Hindari penggunaan istilah yang tidak lazim atau tidak baku.
  • Abstrak tidak boleh lebih dari 300 kata.

Kata kunci

  • Kata kunci harus mencerminkan isi artikel, agar memudahkan penulis lain untuk mencari dan mensitasi artikel tersebut.
  • Penulisan kata kunci tidak disingkat dan menggunakan istilah yang lazim dalam pendidikan biologi.
  • Kata kunci dalam Bahasa Inggris (keyword) bukan merupakan hasil terjemahan, tetapi istilah serupa yang lazim dalam Bahasa Inggris sesuai dengan bidang pendidikan biologi.

Pendahuluan

  • Pendahuluan harus memuat latar belakang, urgensi penelitian, dan analisis kesenjangan dengan kenyataan atau penelitian yang telah ada, sehingga dapat menunjukkan sumbangsih kebaruan yang diberikan.
  • Tujuan penelitian harus tampak jelas dalam bagian pendahuluan
  • Pendahuluan sebaiknya tidak memuat tabel dan gambar.
  • Pendahuluan disajikan secara lugas.

Metode

  • Metode memuat teknik pengambilan data dan analisis yang digunakan untuk memperoleh hasil. Dapat pula mendeskripsikan responden yang digunakan dalam penelitian.
  • Jelaskan mengapa metode tersebut dipilih, bukan mendeskripsikan tentang metode tersebut.
  • Rumus ditulis dengan equation editor, bukan ditempel sebagai gambar.
  • Rumus harus mencantumkan sumber utama yang digunakan sebagai acuan.
  • Bagi penulis yang artikelnya bukan dari hasil penelitian, maka pada bagian metode ini dapat digunakan untuk memuat tahapan penggalian informasi, dan kriteria sumber informasi yang digunakan untuk melakukan kajian secara kritis dan mendalam.

Hasil dan Pembahasan

  • Hasil dan pembahasan setidaknya dapat mencakup “what?” yang menyampaikan hasil atau temuan dari penelitian, data yang disajikan bukan data mentah, “why?” kajian saintifik dan terlihat adanya kaitan antara hasil yang diperoleh dan konsep dasar; “what else?” bandingkan hasil penelitian anda dengan riset lain, disarankan untuk memberikan implikasi hasil penelitian baik dari teoritis maupun penerapan.
  • Hasil dan pembahasan ditulis dalam satu kesatuan, tidak diperkenankan memisahkan hasil dan pembahasan terlebih dalam bentuk bab baru. Pembahasan dilakukan secara langsung dengan mengulas secara tajam satu demi satu hasil penelitian yang diperoleh dengan didukung referensi yang relevan terutama dari sumber primer. Hasil yang disajikan dalam bagian ini adalah hasil “bersih”.
  • Proses analisis data seperti perhitungan statistik dan proses pengujian hipotesis tidak perlu disajikan. Hanya hasil analisis dan hasil pengujian hipotesis saja yang perlu dilaporkan. Hasil penelitian dapat dilengkapi dengan tabel, gambar dan grafik (ketentuan penulisan terpisah) untuk memperjelas penyajian hasil.

Simpulan

  • Simpulan memuat pernyataan dari hasil analisis pembahasan yang dilakukan terhadap temuan penelitian serta menjawab dari tujuan penelitian. Simpulan menekankan pada kebaruan dari penemuan atau pengembangan yang dilakukan. Simpulan ditulis secara singkat, padat dan jelas dalam satu paragraf.
  • Apabila terdapat saran dari penelitian yang berkaitan dengan hasil riset untuk dikembangkan oleh peneliti lain dapat disampaikan secara singkat dan jelas dalam paragraf baru atau ditulis dalam satu kesatuan simpulan.

Ucapan terima kasih (Acknowledgment) (Opsional)

  • Ucapan terima kasih memuat apresiasi yang diberikan oleh penulis kepada pihak-pihak yang telah berperan dalam penelitian, baik dalam bentuk dukungan dana, perizinan, konsultan, maupun membantu dalam pengambilan data.

Daftar Pustaka

  • Daftar pustaka yang dituliskan sesuai dengan sitasi yang ada di dalam artikel, jumlah referensi minimal 20 referensi dengan >75% dari sumber primer (jurnal) dengan kemutakhiran 10 tahun terakhir. Daftar pustaka disusun dengan menggunakan aplikasi reference management and formating seperti Mendeley, Zotero, atau EndNote, dengan merujuk pada format APA 7th Edition (American Psychological Association).

Ketentuan penulisan tabel dan gambar

  1. Tabel dan gambar harus sesuai dengan kebutuhan informatif paper.  
  2. Setiap tabel, gambar, dan grafik harus disertai dengan caption, untuk caption tabel terletak di bagian atas tabel, sedangkan untuk caption gambar/grafik terletak dibagian bawah.
  3. Caption (judul) tabel dan gambar harus dinomori dengan angka Arab (1, 2, 3,...).
  4. Tulisan “Tabel” dan “Gambar” dan penomoran dicetak tebal (bold).
  5. Caption diawali dengan huruf kapital pada setiap kata kecuali kata penghubung.
  6. Tabel dan gambar sebaiknya diletakkan di awal atau akhir dari sebuah halaman.
  7. Berikan narasi ulasan terkait dengan tabel atau gambar yang akan disajikan disertai dengan mencantumkan nomor dari tabel atau gambar yang disajikan.
  8. Gambar dan grafik harus memiliki resolusi yang baik.
  9. Untuk grafik sangat disarankan berwarna tanpa judul grafik, untuk legenda dapat dituliskan di sebelah grafik.
  10. Tabel harus memuat minimal dua baris data dan hanya menggunakan garis pada bagian atas dan bawah dari kepala tabel dan penutup pada akhir data.
  11. Tabel dan gambar berserta judulnya diposisikan di tengah (rata tengah).
  12. Berikan jarak satu baris antara tabel atau gambar dengan teks sebelum dan sesudahnya.
  13. Berikan picture border pada gambar dengan tebal garis ¼ pt.
  14. Apabila tabel atau gambar terlalu panjang, tampilkan di halaman lampiran.

 

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Artikel yang akan dikirimkan sesuai dengan lingkup kajian Jurnal Bio-Pedagogi.
  2. Artikel disusun sesuai dengan template yang telah disediakan

  3. Artikel yang akan dikirimkan belum pernah terbit dan tidak sedang dalam proses terbit di seminar ataupun jurnal lain.
  4. Setiap nama penulis yang tertera dalam artikel telah ditulis dengan benar, dilengkapi afiliasi dan email.
  5. Artikel sepanjang 5.000-7.000 kata, tidak termasuk daftar pustaka.
  6. Artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  7. Artikel bebas dari konflik kepentingan penulis.
  8. Sitasi dan referensi ditulis menggunakan aplikasi reference management and formating seperti Mendeley, Zotero, atau EndNote, dengan merujuk pada format APA 7th Edition (American Psychological Association).
  9. Referensi yang digunakan minimal 15, dengan minimal 75%  artikel jurnal.
  10. Tingkat similaritas artikel tidak lebih dari 30%
  11. Artikel dikirimkan dalam dokumen Microsoft Word (.doc/.docx)
 

Pemberitahuan Hak Cipta

Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:

  1. Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif

Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi memiliki Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC-BY-SA) atau lisensi yang setara sebagai lisensi optimal untuk publikasi, distribusi, penggunaan, dan penggunaan kembali karya ilmiah.

 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan dalam situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan dialihfungsikan untuk tujuan lain atau dipindahtangankan ke pihak lain mana pun.