Submissions

Online Submissions

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

Already have a Username/Password for BIO-PEDAGOGI?

Go to Login Start New Submission

Need a Username/Password?

Go to Registration
 

Author Guidelines

Panduan Publikasi untuk Penulis

Jurnal BIOPEDAGOGI memfasilitasi publikasi penelitian ilmiah di bidang pembelajaran biologi, pengembangan sumber belajar/ bahan ajar/ media pembelajaran/ instrumen, pengajaran dan evaluasi pembelajaran biologi, serta keprofesian guru biologi. Artikel yang masuk akan ditinjau dan diseleksi terkait dengan peran penelitian terhadap kemajuan bidang pembelajaran biologi.

Penulis diharapkan untuk memasukkan artikel melalui laman http://jurnal.uns.ac.id/index.php/pdg/. Semua tahapan proses dari submit, review sampai dengan terbit dilakukan melalui laman tersebut. Apabila mengalami kesulitan, dapat menghubungi melalui email biopedagogi@fkip.uns.ac.id atau kontak yang tertera pada laman tersebut.

Penulis perlu untuk memperhatikan dengan seksama tentang berbagai ketentuan dan kriteria yang diberlakukan oleh jurnal BIOPEDAGOGI:

  1. Penulis harus memastikan bahwa artikel yang akan dikirimkan sesuai dengan lingkup kajian Jurnal BIOPEDAGOGI.
  2. Artikel yang akan dikirimkan belum pernah terbit dan tidak sedang dalam proses terbit di seminar ataupun jurnal lain.
  3. Artikel yang dikirim telah sesuai dengan gaya selingkung Jurnal BIOPEDAGOGI (silahkan menggunakan template yang telah disediakan).
  4. Artikel diharapkan sepanjang 5.000-7.000 kata, tidak termasuk daftar pustaka
  5. Setiap nama penulis yang tertera dalam artikel telah ditulis dengan benar, dilengkapi afiliasi dan email.
  6. Setiap penulis yang tertera dalam artikel telah mengetahui dan menyetujui artikel untuk diterbitkan di Jurnal BIOPEDAGOGI (surat pernyataan bebas konflik kepentingan yang ditandatangani dikirim oleh penulis utama ke editor: biopedagogi@fkip.uns.ac.id) (lihat halaman terakhir dari template).
  7. Artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  8. Artikel tidak mengandung bullet dan numbering.
  9. Mohon untuk tidak mencantukan nama subjek penelitian dan atau instansi tempat tempat terjadinya penelitian, apalagi jika tidak mendapatkan persetujuan dari pihak yang bersangkutan (Contoh: Penelitian ini melibatkan siwa kelas XI MIA 5 SMA Negeri 1 Karanganyar).
  10. Tidak disarankan untuk menambahkan bab diluar yang ditetapkan dalam template.
  11. Penulis disarankan untuk menggunakan aplikasi reference management and formating seperti Mendeley, Zotero, atau EndNote, format referensi yang digunakan APA 6th Edition (American Psychological Association).
  12. Sangat tidak disarankan untuk melakukan sitasi dari sumber kedua (Contoh Amir, 2001 dalam Mahmud, 2010).
  13. Referensi yang digunakan minimal 25, dengan minimal 75%  artikel jurnal, sangat dianjurkan untuk menggunakan referensi yang mutakhir (10 tahun terakhir).
  14. Sitasi dan referensi harus sinkron. Tidak diperkenalkan mencantumkan sitasi yang tidak tercantum pada daftar pustaka, dan sebaliknya.
  15. Penulis yang mengirimkan artikel melalui laman jurnal BIOPEDAGOGI, berarti telah menyatakan setuju untuk memindahkan hak cipta kepada Universitas Sebelas Maret.
  16. Setiap naskah yang masuk akan ditelaah oleh dua orang reviewer.
  17. Penulis harus merevisi naskah sesuai dengan arahan reviewer.
  18. Artikel yang telah sampai pada tahap review tidak dapat ditarik kembali.
  19. Editor dan reviewer berwenang untuk mengubah sistematika naskah jika dirasa perlu dan tidak merubah substansi isi dari naskah tersebut.
  20. Untuk memudahkan dalam menyiapkan artikel, gunakan template yang telah disediakan JURNAL BIOPEDAGOGI.
    1. Lakukan copy paste text only, kemudian pilih style yang telah disediakan pada bagian ribbon style.
    2. Simpan artikel Anda dalam format  “.docx”.

 

Catatan:

  • Pastikan email yang digunakan untuk korespondensi aktif dan senantiasa diakses secara berkala (lebih baik jika terhubung pada smartphone).
  • Cantumkan kontak (HP/WhatsApp) yang bisa dihubungi pada saat mendaftar akun, hal ini digunakan untuk keperluan korespondensi yang mendesak atau melakukan konfirmasi terhadap status artikel yang sudah terlampau lama.
  • Penulisan judul singkat, padat, jelas, dan menekankan pada aspek kebaruan (novelty) dari hasil penelitian atau telaah yang dilakukan.
  • Hindari penggunaan kata “studi kasus”, “pengaruh”. Judul dituliskan dengan format Senteces case (kapital diawal judul).
  • Judul tidak boleh lebih dari 12 kata.
  • Demi etika ilmiah, judul tidak boleh mencantumkan nama subjek penelitian dan atau instansi tempat tempat terjadinya penelitian, apalagi jika tidak mendapatkan persetujuan dari pihak yang bersangkutan (Contoh: Analisis kemampuan berfikir kritis siwa di SMA Negeri 1 Karanganyar).

Ketentuan Bagian Bab Jurnal BIOPEDAGOGI

Judul

  • Penulisan judul singkat, padat, jelas, dan menekankan pada aspek kebaruan (novelty) dari hasil penelitian atau telaah yang dilakukan.
  • Hindari penggunaan kata “studi kasus”, “pengaruh”. Judul dituliskan dengan format Senteces case (kapital diawal judul).
  • Judul tidak boleh lebih dari 12 kata.
  • Demi etika ilmiah, judul tidak boleh mencantumkan nama subjek penelitian dan atau instansi tempat tempat terjadinya penelitian, apalagi jika tidak mendapatkan persetujuan dari pihak yang bersangkutan (Contoh: Analisis kemampuan berfikir kritis siwa di SMA Negeri 1 Karanganyar).

Identitas Penulis

Author.

  • Author (penulis) yang dicantumkan dalam artikel harus benar-benar berperan dalam penulisan artikel tersebut.
  • Nama ditulis secara lengkap dan tanpa menyebutkan gelar.
  • Apabila terdapat nama penulis yang hanya terdiri dari satu kata, maka penulisan pada OJS diulang bagian first name dan last name sama atau bagian first name disingkat dari huruf terdepan disertai tanda titik (.) dan last name ditulis lengkap. Contoh: seorang penulis namanya hanya “Sajidan”, maka penulisannya “Sajidan, Sajidan” atau bisa ditulis “S. Sajidan”.
  • Seluruh nama penulis yang terdapat pada artikel (file full text) harus dituliskan juga pada laman Jurnal BIOPEDAGOGI saat melakukan submit.
  • Jika memiliki akun Google Scholar, Scopus, atau ORCID disarankan untuk mengisikannya pada bagian metadata penulis di OJS.

 

Afiliasi.

  • Setiap nama penulis harus dilengkapi dengan afiliasi (institusi tempat bekerja atau menempuh pendidikan)
  • Mohon untuk tidak mencantumkan keterangan profesi dari penulis (Contoh: Dosen di UNS).
  • Apabila dalam satu artikel terdapat beberapa penulis dengan afiliasi yang sama, maka afiliasi cukup dituliskan satu kali.
  • Format penulisan afiliasi: Prodi/jurusan/departemen, Institusi, Kota, Kode Pos, Negara. Contoh: Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 57126, Indonesia.

Email:

  • Setiap nama penulis yang tercantum dalam artikel wajib dituliskan emailnya.
  • Email yang digunakan untuk korespondensi (komunikasi antara author dengan editor) diberi tanda bintang.
  • Abstrak harus memuat tujuan, metode, hasil, dan simpulan yang disampaikan secara singkat, padat dan jelas sehingga dapat menunjukkan kebaruan dibandingkan penelitian lain yang telah ada.
  • Abstrak tidak memuat sitasi, rumus, tabel, simbol, dan gambar.
  • Abstrak Bahasa Indonesia ditulis dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  • Abstrak Bahasa Inggris diawali dengan judul versi Inggris yang dicetak tebal.
  • Hindari penggunaan istilah yang tidak lazim atau tidak baku..
  • Abstrak tidak boleh lebih dari 300 kata.

Abstrak

  • Abstrak harus memuat tujuan, metode, hasil, dan simpulan yang disampaikan secara singkat, padat dan jelas sehingga dapat menunjukkan kebaruan dibandingkan penelitian lain yang telah ada.
  • Abstrak tidak memuat sitasi, rumus, tabel, simbol, dan gambar.
  • Abstrak Bahasa Indonesia ditulis dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  • Abstrak Bahasa Inggris diawali dengan judul versi Inggris yang dicetak tebal.
  • Hindari penggunaan istilah yang tidak lazim atau tidak baku..
  • Abstrak tidak boleh lebih dari 300 kata.

Kata kunci

  • Kata kunci harus mencerminkan isi artikel, agar memudahkan penulis lain untuk mencari dan mensitasi artikel tersebut.
  • Penulisan kata kunci tidak disingkat dan menggunakan istilah yang lazim dalam pendidikan biologi.
  • Kata kunci dalam Bahasa Inggris (keyword) bukan merupakan hasil terjemahan, tetapi istilah serupa yang lazim dalam Bahasa Inggris sesuai dengan bidang pendidikan biologi.
  • Pendahuluan harus memuat latar belakang, urgensi penelitian, dan analisis kesenjangan dengan kenyataan atau penelitian yang telah ada, sehingga dapat menunjukkan sumbangsih kebaruan yang diberikan.
  • Tujuan penelitian harus tampak jelas dalam bagian pendahuluan
  • Pendahuluan sebaiknya tidak memuat tabel dan gambar.
  • Pendahuluan disajikan secara lugas.
  • Metode memuat teknik pengambilan data dan analisis yang digunakan untuk memperoleh hasil. Dapat pula mendeskripsikan responden yang digunakan dalam penelitian.
  • Jelaskan mengapa metode tersebut dipilih, bukan mendeskripsikan tentang metode tersebut.
  • Rumus ditulis dengan equation editor, bukan ditempel sebagai gambar.
  • Rumus harus mencantumkan sumber utama yang digunakan sebagai acuan.
  • Bagi penulis yang artikelnya bukan dari hasil penelitian, maka pada bagian metode ini dapat digunakan untuk memuat tahapan penggalian informasi, dan kriteria sumber informasi yang digunakan untuk melakukan kajian secara kritis dan mendalam.
  • Hasil dan pembahasan setidaknya dapat mencakup “what?” yang menyampaikan hasil atau temuan dari penelitian, data yang disajikan bukan data mentah, “why?” kajian saintifik dan terlihat adanya kaitan antara hasil yang diperoleh dan konsep dasar; “what else?” bandingkan hasil penelitian anda dengan riset lain, disarankn untuk memberikan implikasi hasil penelitian baik dari teoritis maupun penerapan.
  • Hasil dan pembahasan ditulis dalam satu kesatuan, tidak diperkenankan memisahkan hasil dan pembahasan terlebih dalam bentuk bab baru. Pembahasan dilakukan secara langsung dengan mengulas secara tajam satu demi satu hasil penelitian yang diperoleh dengan didukung referensi yang relevan terutama dari sumber primer. Hasil yang disajikan dalam bagian ini adalah hasil “bersih”.
  • Proses analisis data seperti perhitungan statistik dan proses pengujian hipotesis tidak perlu disajikan. Hanya hasil analisis dan hasil pengujian hipotesis saja yang perlu dilaporkan. Hasil penelitian dapat dilengkapi dengan tabel, gambar dan grafik (ketentuan penulisan terpisah) untuk memperjelas penyajian hasil.
  • Simpulan memuat pernyataan dari hasil analisis pembahasan yang dilakukan terhadap temuan penelitian serta menjawab dari tujuan penelitian. Simpulan menekankan pada kebaruan dari penemuan atau pengembangan yang dilakukan. Simpulan ditulis secara singkat, padat dan jelas dalam satu paragraf.
  • Apabila terdapat saran dari penelitian yang berkaitan dengan hasil riset untuk dikembangkan oleh peneliti lain dapat disampaikan secara singkat dan jelas dalam paragraf baru atau ditulis dalam satu kesatuan simpulan.
  • Ucapan terima kasih memuat apresiasi yang diberikan oleh penulis kepada pihak-pihak yang telah berperan dalam penelitian, baik dalam bentuk dukungan dana, perizinan, konsultan, maupun membantu dalam pengambilan data.
  • Referensi yang dituliskan sesuai dengan sitasi yang ada di dalam artikel, jumlah referensi minimal 20 referensi dengan >75% dari sumber primer (jurnal) dengan kemutakhiran 10 tahun terakhir.

Pendahuluan

  • Pendahuluan harus memuat latar belakang, urgensi penelitian, dan analisis kesenjangan dengan kenyataan atau penelitian yang telah ada, sehingga dapat menunjukkan sumbangsih kebaruan yang diberikan.
  • Tujuan penelitian harus tampak jelas dalam bagian pendahuluan
  • Pendahuluan sebaiknya tidak memuat tabel dan gambar.
  • Pendahuluan disajikan secara lugas.

Metode

  • Metode memuat teknik pengambilan data dan analisis yang digunakan untuk memperoleh hasil. Dapat pula mendeskripsikan responden yang digunakan dalam penelitian.
  • Jelaskan mengapa metode tersebut dipilih, bukan mendeskripsikan tentang metode tersebut.
  • Rumus ditulis dengan equation editor, bukan ditempel sebagai gambar.
  • Rumus harus mencantumkan sumber utama yang digunakan sebagai acuan.
  • Bagi penulis yang artikelnya bukan dari hasil penelitian, maka pada bagian metode ini dapat digunakan untuk memuat tahapan penggalian informasi, dan kriteria sumber informasi yang digunakan untuk melakukan kajian secara kritis dan mendalam.

Hasil dan Pembahasan

  • Hasil dan pembahasan setidaknya dapat mencakup “what?” yang menyampaikan hasil atau temuan dari penelitian, data yang disajikan bukan data mentah, “why?” kajian saintifik dan terlihat adanya kaitan antara hasil yang diperoleh dan konsep dasar; “what else?” bandingkan hasil penelitian anda dengan riset lain, disarankn untuk memberikan implikasi hasil penelitian baik dari teoritis maupun penerapan.
  • Hasil dan pembahasan ditulis dalam satu kesatuan, tidak diperkenankan memisahkan hasil dan pembahasan terlebih dalam bentuk bab baru. Pembahasan dilakukan secara langsung dengan mengulas secara tajam satu demi satu hasil penelitian yang diperoleh dengan didukung referensi yang relevan terutama dari sumber primer. Hasil yang disajikan dalam bagian ini adalah hasil “bersih”.
  • Proses analisis data seperti perhitungan statistik dan proses pengujian hipotesis tidak perlu disajikan. Hanya hasil analisis dan hasil pengujian hipotesis saja yang perlu dilaporkan. Hasil penelitian dapat dilengkapi dengan tabel, gambar dan grafik (ketentuan penulisan terpisah) untuk memperjelas penyajian hasil.

Simpulan

  • Simpulan memuat pernyataan dari hasil analisis pembahasan yang dilakukan terhadap temuan penelitian serta menjawab dari tujuan penelitian. Simpulan menekankan pada kebaruan dari penemuan atau pengembangan yang dilakukan. Simpulan ditulis secara singkat, padat dan jelas dalam satu paragraf.
  • Apabila terdapat saran dari penelitian yang berkaitan dengan hasil riset untuk dikembangkan oleh peneliti lain dapat disampaikan secara singkat dan jelas dalam paragraf baru atau ditulis dalam satu kesatuan simpulan.

Ucapan terima kasih (Acknowledgment) (Opsional)

  • Ucapan terima kasih memuat apresiasi yang diberikan oleh penulis kepada pihak-pihak yang telah berperan dalam penelitian, baik dalam bentuk dukungan dana, perizinan, konsultan, maupun membantu dalam pengambilan data.

Referensi (Daftar Pustaka)

  • Referensi yang dituliskan sesuai dengan sitasi yang ada di dalam artikel, jumlah referensi minimal 20 referensi dengan >75% dari sumber primer (jurnal) dengan kemutakhiran 10 tahun terakhir.

Ketentuan penulisan tabel dan gambar

  1. Tabel dan gambar harus sesuai dengan kebutuhan informatif paper.  
  2. Setiap tabel, gambar, dan grafik harus disertai dengan caption, untuk caption tabel terletak di bagian atas tabel, sedangkan untuk caption gambar/grafik terletak dibagian bawah.
  3. Caption (judul) tabel dan gambar harus dinomori dengan angka Arab (1, 2, 3,...).
  4. Tulisan “Tabel” dan “Gambar” dan penomoran dicetak tebal (bold).
  5. Caption diawali dengan huruf kapital pada setiap kata kecuali kata penghubung.
  6. Tabel dan gambar sebaiknya diletakkan di awal atau akhir dari sebuah halaman.
  7. Berikan narasi ulasan terkait dengan tabel atau gambar yang akan disajikan disertai dengan mencantumkan nomor dari tabel atau gambar yang disajikan.
  8. Gambar dan grafik harus memiliki resolusi yang baik.
  9. Untuk grafik sangat disarankan berwarna tanpa judul grafik, untuk legenda dapat dituliskan di sebelah grafik.
  10. Tabel harus memuat minimal dua baris data dan hanya menggunakan garis pada bagian atas dan bawah dari kepala tabel dan penutup pada akhir data.
  11. Tabel dan gambar berserta judulnya diposisikan di tengah (rata tengah).
  12. Berikan jarak satu baris antara tabel atau gambar dengan teks sebelum dan sesudahnya.
  13. Berikan picture border pada gambar dengan tebal garis ¼ pt.
  14. Apabila tabel atau gambar terlalu panjang, tampilkan di halaman lampiran.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

Authors who publish with this journal agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access). 

BIO-PEDAGOGI have  CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.

In developing strategy and setting priorities, BIO-PEDAGOGI recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.

BIO-PEDAGOGI is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License

You are free to:

  • Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.