Fokus dan Ruang Lingkup
Bio-Pedagogi memfasilitasi publikasi penelitian ilmiah di bidang
- Pembelajaran biologi.
- Pengembangan sumber belajar dan bahan ajar biologi.
- Media pembelajaran biologi.
- Pengajaran dan evaluasi pembelajaran biologi.
- Kurikulum, serta keprofesian guru biologi.
Artikel yang masuk akan ditinjau dan diseleksi terkait dengan peran penelitian terhadap kemajuan bidang pembelajaran biologi.
Kebijakan Bagian
Articles
Naskah Terbuka | Diindeks | Telah di-Peer review |
Proses Peer Review
- Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi menggunakan metode double-blind peer-review, yaitu identitas reviewer dan penulis akan dirahasiakan satu sama lain.
- Tinjauan Awal: Semua naskah yang masuk akan disaring oleh Pemimpin Redaksi untuk menentukan apakah naskah tersebut sesuai dengan fokus dan ruang lingkup Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi. Naskah yang tidak memenuhi persyaratan dasar akan ditolak tanpa peninjauan lebih lanjut.
- Jika manuskrip memenuhi dua kriteria ini, manuskrip akan diperiksa untuk plagiarisme atau publikasi ganda dengan Similarity Check. Setelah dikonfirmasi hasilnya, naskah dikirim ke dua penelaah (reviewer) dengan kealifikasi ilmu dan keahlian yang sesuai.
- Tinjauan Sejawat (peer review): Semua manuskrip yang lolos tahap tinjauan awal, akan didistribusikan kepada dua ahli di bidang yang relevan untuk menjalani double-blind peer-review.
- Keputusan tentang naskah yang ditinjau akan diberikan setelah kedua reviewer hasil tinjauan mereka. Jika kedua reviewer berbeda pendapat tentang naskah, keputusan akhir akan diserahkan kepada Pemimpin Redaksi. Pada tahap ini, penulis akan menerima setidaknya satu dari keputusan ini: diterima; diperlukan revisi; atau ditolak.
- Tahap Revisi: Naskah yang telah direkomendasikan untuk direvisi akan dikembalikan kepada penulis yang mengirimkan. Penulis memiliki waktu hingga 1 bulan untuk merevisi naskah. Proses revisi akan dibatasi maksimal dua putaran.
- Keputusan Akhir: Jika penulis gagal memenuhi persyaratan revisi setelah putaran kedua, naskah akan ditolak. Semua naskah yang diterima akan melalui proses penyuntingan (editing) dan dan penataan (layouting).
Frekuensi Penerbitan
Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi terbit dua kali dalam setahun, yaitu April dan Oktober. Setiap edisi terdiri dari 6-12 makalah.
Artikel jurnal diterbitkan secara kolektif dengan Daftar Isi sendiri, dan manuskrip individu akan diterbitkan segera setelah naskah siap
Kebijakan Akses Terbuka
Jurnal ini menyediakan akses terbuka langsung dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk umum mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons (CC-BY-SA) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Etika Publikasi
Pemeriksan Plagiarisme
Artikel akan direview harus diperiksa similaritasnya. Syarat lolos proses ini adalah ketika pemeriksa menyatakan bahwa artikel tersebut minimal 80% asli (similarity tidak boleh lebih dari 20%). Berikut ini adalah alat-alat pemeriksa:
- Plagiarisma
- Duplicity-Checker
- Turnitin
- Plagiarism Checker
- Alat plagiarisme lainnya
Pedoman Etika Publikasi Jurnal
Keputusan publikasi
Redaktur Bio-Pedagogi bertanggung jawab untuk memutuskan artikel mana yang dikirimkan ke jurnal yang harus diterbitkan. Validasi pekerjaan yang bersangkutan dan pentingnya bagi peneliti dan pembaca harus selalu mendorong keputusan tersebut. Para editor dapat dipandu oleh kebijakan dewan redaksi jurnal dan dibatasi oleh persyaratan hukum yang akan berlaku terkait pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, dan plagiarisme. Para editor dapat berunding dengan editor atau reviewer lain dalam membuat keputusan ini.
Fairplay
Editor dan reviewer mengevaluasi naskah tanpa memandang ras, jenis kelamin, orientasi seksual, keyakinan agama, asal etnis, kewarganegaraan, atau filosofi politik penulis.
Kerahasiaan
Editor dan staf editorial mana pun tidak boleh mengungkapkan informasi apa pun tentang naskah yang dikirimkan kepada siapa pun selain penulis yang bersangkutan, pengulas, calon pengulas, penasihat editorial lainnya, dan penerbit, sebagaimana mestinya.
Konflik kepentingan
Penulis, reviewer, dan redaktur tidak boleh memiliki konflik kepentingan yang dapat mempengaruhi proses penerbitan naskah.
Tugas Reviewer
Kontribusi untuk Keputusan Editorial
Reviewer membantu editor dalam membuat keputusan editorial dan melalui komunikasi editorial dengan penulis juga dapat membantu penulis dalam meningkatkan makalah.
Ketanggapan
Reviewer yang merasa tidak memenuhi syarat untuk meninjau naskah atau mengetahui bahwa tinjauan segera tidak mungkin dilakukan, harus memberi tahu editor dan mengundurkan diri dari proses peninjauan.
Kerahasiaan
Setiap naskah yang diterima untuk ditinjau harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Naskah tidak boleh diperlihatkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali sebagaimana diizinkan oleh editor.
Objektivitas
Review harus dilakukan secara objektif. Tidak diperkenankan menyerang secara pribadi kepada penulis. Reviewer harus mengungkapkan pandangan mereka dengan jelas dengan argumen pendukung.
Pengakuan Sumber
Reviewer harus mengidentifikasi karya relevan yang diterbitkan yang belum dikutip oleh penulis. Setiap pernyataan bahwa pengamatan, derivasi, atau argumen telah dilaporkan sebelumnya harus disertai dengan kutipan yang relevan. Peninjau juga harus meminta perhatian editor setiap kesamaan substansial atau tumpang tindih antara manuskrip yang sedang dipertimbangkan dan makalah lain yang diterbitkan yang mereka ketahui secara pribadi.
Konflik Kepentingan
Informasi atau ide istimewa yang diperoleh melalui peer review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Reviewer tidak boleh mengulas naskah di mana mereka memiliki konflik kepentingan yang dihasilkan dari persaingan, kolaborasi, atau hubungan dan koneksi lain dengan penulis, perusahaan, atau institusi mana pun yang terkait dengan naskah publikasi dan penelitian.
Tugas Penulis
Standar Pelaporan
Penulis harus menyajikan naskah yang akurat tentang penelitian atau telaah yang dilakukan serta diskusi objektif tentang signifikansinya. Data yang mendasari harus diwakili secara akurat. Naskah harus berisi detail dan referensi yang cukup untuk memungkinkan orang lain mereplikasi karya tersebut. Pernyataan yang menipu atau secara sengaja tidak akurat merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.
Orisinalitas dan Plagiarisme
Penulis harus memastikan bahwa mereka telah menulis sepenuhnya karya asli, dan jika penulis telah menggunakan karya dan/atau kata-kata orang lain, maka ini telah dikutip atau dikutip dengan tepat.
Publikasi Berganda, Berlebihan, atau Bersamaan
Seorang penulis tidak boleh menerbitkan naskah yang menggambarkan penelitian yang pada dasarnya sama di lebih dari satu jurnal atau publikasi utama. Mengirimkan naskah yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku penerbitan yang tidak etis dan tidak dapat diterima.
Pengakuan Sumber
Pengakuan yang tepat atas karya orang lain harus selalu diberikan. Penulis harus mengutip publikasi yang berpengaruh dalam penelitian, telaah, dan penyusunan naskah.
Penulisan Makalah
Kepengarangan dibatasi pada mereka yang telah memberikan kontribusi signifikan terhadap konsepsi, desain, pelaksanaan, atau interpretasi penelitian atau telaah yang dilakukan. Semua orang yang telah memberikan kontribusi signifikan harus dicantumkan sebagai rekan penulis. Jika ada orang lain yang telah berpartisipasi dalam aspek substantif tertentu, mereka harus diakui atau terdaftar sebagai kontributor. Penulis korespondensi harus memastikan bahwa semua rekan penulis yang sesuai dan tidak ada rekan penulis yang tidak pantas disertakan pada naskah dan bahwa semua rekan penulis telah melihat dan menyetujui versi final makalah dan telah menyetujui pengajuannya untuk publikasi.
Konflik Kepentingan
Semua penulis harus mengungkapkan dalam etiap konflik kepentingan keuangan atau substantif lainnya yang mungkin ditafsirkan untuk mempengaruhi hasil atau interpretasi naskah mereka. Semua sumber dukungan keuangan untuk proyek harus diungkapkan.
Kesalahan mendasar dalam karya yang diterbitkan
Ketika seorang penulis menemukan kesalahan atau ketidakakuratan yang signifikan dalam karyanya yang diterbitkan, adalah kewajiban penulis untuk segera memberi tahu editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali dan atau memperbaiki naskah tersebut.
Biaya
Seluruh tahapan penerbitan naskah di Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi tidak dipungut biaya apapun (free of charge). Penulis tidak dibebankan biaya apapun dalam proses penerbitan.