Pengaruh whatsapp sebagai basis e-learning terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran biologi kelas x sma.
Sari
Banyak sektor yang terkena dampak era pandemi Covid-19, salah satunya adalah pendidikan. Menyikapi hal tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan kebijakan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh guna mencegah penyebaran virus corona. Pembelajaran Jarak Jauh dirancang bagi siswa untuk mengikuti diskusi yang telah diberikan oleh guru atau mengerjakan tugas dengan perangkatnya sehingga siswa akan terlatih untuk bekerja dan belajar secara mandiri dalam membangun pengetahuan. Namun terdapat permasalahan yang terjadi, seperti ketika dalam kegiatan belajar mengajar siswa cenderung aktif dalam kegiatan absensi dan aktif menjawab pertanyaan dengan jawaban ya dan tidak dan siswa kurang aktif jika diberikan diskusi oleh guru. Beberapa masalah tersebut dapat berdampak pada motivasi siswa. Salah satu solusi yang peneliti lakukan adalah menggunakan Whatsapp untuk berkomunikasi dengan siswa. Hal inilah yang melatarbelakangi penelitian untuk mengetahui pengaruh Whatsapp sebagai basis e-learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran biologi. Sampel penelitian adalah 167 siswa dengan teknik stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan menggunakan skala diferensial semantik. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa dengan uji prasyarat uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua kelas memiliki tingkat motivasi belajar yang sangat tinggi, sehingga aplikasi Whatsapp memberikan pengaruh yang baik terhadap pembelajaran jarak jauh.
The effect of whatsapp as the base of e-learning on student motivation in biology subjects in high school. Many sectors affected by Covid-19 pandemic era, one of them is education. In response to this, the Ministry of Education and Culture issued a policy to carry out distance learning to prevent the spread of the coronavirus. Distance Learning is designed for students to take part in discussions that have been provided by the teacher or do assignments with their devices so that students will be trained to work and learn independently in building knowledge. However, there are problems that occur, such as when in teaching and learning activities students tend to be active in attendance activities and actively answer questions with yes and no answers and students are less active if given discussions by the teacher. Some of these problems can have an impact on student motivation. One of the solutions the researcher did was using Whatsapp to communicate with students. This is the basis of the research to determine the effect of Whatsapp as a basis for e-learning on student motivation in biology subject. The samples were 167 students with a stratified random sampling technique. The data collection technique used a questionnaire using a semantic differential scale. The data analysis technique used quantitative data analysis to determine the level of student motivation with the prerequisite test for normality and homogeneity tests. The results showed that all class had a very high level of motivation to learn, so that the Whatsapp application had a good influence on distance learning.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Afnibar, & Fajhriani, D. N. (2020). PEMANFAATAN WHATSAPP SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI KEGIATAN BELAJAR ( Studi terhadap Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang ). Al-Munir: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 11(1), 70–83. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/almunir/article/download/1501/1122
Amry, A. B. (2014). The impact of WhatApp mobile social learning on the achievement and attitudes of female students compared with face to face learning in the classroom. European Scientific Journal, 10(22), 116–136. https://doi.org/https://doi.org/10.19044/esj.2014.v10n22p%25p
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
Argaheni, N. B. (2020). Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi COVID-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 8(2), 99. https://doi.org/10.20961/placentum.v8i2.43008
Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57
Hamalik, O. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara.
Herawati, O. D. P., Siroj, R., & Basir, D. (2013). Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 70–80. https://doi.org/10.22342/jpm.4.1.312.
Hidayat, D., & Noeraida. (2020). Pengalaman Komunikasi Siswa Melakukan Kelas Online Selama Pandemi Covid – 19. JIKE Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, 3(1), 172–182. https://doi.org/10.32534/jike.v3i2.1017
Indaryani, E., & Suliworo, D. (2018). Dampak Pemanfaatan WhatsApp Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Fisika. Prosiding Seminar Nasional Quantum, 25, 25–31. http://seminar.uad.ac.id/index.php/quantum/article/view/229
Kiswoyowati, A. (2011). Pengaruh motivasi belajar dan kegiatan belajar siswa terhadap kecakapan hidup siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khus(1), 120–126.
Ni’mah, F. I. (2016). Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh (Distance Learning) Pada Homeschooling “Sekolah Dolan". Manajemen Pendidikan, 25(1), 112–119.
Priyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif. Zifatama Publishing.
Rachmat, N. (2020). Analysis Of Effectiveness Of Online Learning Pandemic Covid-19 In Prosthetic Orthotic Major In Polkesta. Interest : Jurnal Ilmu Kesehatan, 9(2), 123–133. https://doi.org/10.37341/interest.v9i2.198
Royani, I. (2017). Pengaruh Edmodo Sebagai Basis E-Learning Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPA Terpadu Kelas VII SMPN 9 Palembang. Skripsi : Tidak Diterbitkan.
Sadirman, A. M. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada.
Sari, A. Q., Sukestiyarno, Y. L., & Agoestanto, A. (2017). Batasan Prasyarat Uji Normalitas Dan Uji Homogenitas Pada Model Regresi Linear. Unnes Journal of Mathematics, 6(2), 168–177. https://doi.org/10.15294/ujm.v6i2.11887
Setiawan, A. R. (2020). Lembar Kegiatan Literasi Saintifik untuk Pembelajaran Jarak Jauh Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 28–37. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.80
Shaleh, M. (2016). Pengaruh Motivasi, Faktor Keluarga, Lingkungan Kampus Dan Aktif Berorganisasi Terhadap Prestasi Akademik. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 4(2), 109. https://doi.org/10.21580/phen.2014.4.2.122
Suprihatin, S. (2015). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. JURNAL PROMOSI Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73–82. https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.89
Susilawati, S., & Supriyatno, T. (2020). Online Learning Through WhatsApp Group in Improving Learning Motivation in the Era and Post Pandemic COVID -19. Jurnal Pendidikan, 5(6), 852–859. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.