Meta-analisis validitas booklet bernuansa esq tentang materi sistem gerak pada manusia sebagai suplemen bahan ajar biologi kelas xi ipa sma
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas booklet bernuansa ESQ materi sistem gerak manusia sebagai pelengkap materi ajar biologi siswa kelas XI SMA. Penelitian ini menggunakan metode meta analisis. Pengumpulan data dilakukan dengan menelusuri jurnal dan skripsi yang berkaitan dengan booklet bernuansa ESQ. Sampel yang digunakan adalah 16 jurnal dan skripsi yang terkait dengan pengembangan booklet bernuansa ESQ. Hasil penelitian meta analisis untuk bahan ajar berupa booklet sebesar 89,76% dengan kategori sangat valid, dan untuk bahan ajar bernuansa ESQ senilai 86,42% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil analisis dari jurnal dan skripsi tentang bahan ajar berbentuk booklet dan bernuansa ESQ, diharapkan validitas booklet bernuansa ESQ pada materi sistem gerak manusia yang dikembangkan sebagai pelengkap bahan ajar biologi untuk siswa kelas XI SMA diperoleh kriteria sangat valid.
Meta-analysis of the validity of the ESQ nuanced booklet as a supplement in biology learning. This research aims to find the validity level of ESQ nuanced booklet on human movement system material as a supplement to biology instructional materials for students grade XI of high school. This research used meta analysis method. Data was collected by searching journals and thesis related to ESQ nuanced booklets. The samples used are 16 journals and thesis related to the development of ESQ nuanced booklets. The results of meta analysis research for instructional materials in form of booklets are 89,76% with a very valid category, and for ESQ nuanced instructional materials worth 86.42% with a very valid category. Based on the results of analysis from journals and thesis on instructional materials in form of booklet and ESQ nunced, it hope that the validity of ESQ nuanced booklets on human movement system material developed as a supplement to biology instructional materials for students grade XI high school obtained very valid criteria.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2010). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Balqis, A., & Hidayati, S. (2018). Validitas Media Booklet Berbasis Etnosains Sub Materi Sifat Fisika. E-Journal Unesa, 6(2), 213–217.
Depdiknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Keempat). Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.
Harahap, I., Helendra, Farma, S., & Syamsurizal. (2010). Validitas Booklet Sistem Pernapasan Manusia sebagai Suplemen Bahan Ajar IPA. Bioeducation Journal, 4(2), 104–112.
Hidayat, A. (2018). Meta Analisis: Pentingnya Self Dan Peer Assesment dalam Pembelajaran. Jurnal Basicedu, 2(1), 95–101.
Imtihana, M., Martin, F., & Priyono, H. (2014). Pengembangan Buklet Berbasis Penelitian sebagai Sumber Belajar Materi Pencemaran Lingkungan di SMA. Unnes Journal of Biology Education, 2(3), 186–192.
Krismadana, D., Amintarti, S., & Ajizah, A. (2021). Booklet Types of Macroscopic Fungi Riverbanks Nature Tourism Kembang River for Senior High School. Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 3(1), 59–65.
Kustiawan, U. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Gunung Samudera.
Machali, I. (2014). Dimensi Kecerdasan Majemuk dalam Kurikulum 2013. Jurnal Insania, 19(1), 21–45.
Mirza, G., Ristiono, & Handayani, D. (2019). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Bernuansa Emotional Spritual Quotient tentang Materi Sel, Jaringan, Organ dan Organisme untuk Peserta Didik Kelas VII SMP/MTs. Bioeducation Journal, 3(1), 27–36.
Muhammad, F., & Adnan. (2018). Pembelajaran Arthropoda Menggunakan Booklet sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa Kelas X SMA/MA. Jurnal Biology Teaching and Learning, 1(1), 28–32.
Nafsiyah, F. (2020). Pengembangan Booklet Keanekaragaman Lepidoptera Sub ordo Rhopalocera Di Kawasan Cagar Alam Pagerwunung Darupono Kendal sebagai Sumber Belajar Biologi pada Materi Keanekaragaman Hayati Di MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal. Jurnal Pendidikan Biologi, 2(1), 1–11.
Octiana, N., Darussyamsu, R., & Yogica, R. (2020). Validitas Booklet pada Materi Pola Pewarisan Sifat pada Hukum Mendel sebagai Suplemen Pembelajaran Genetika di SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(3).
Pangesti, K., Yulianti, D., & Sugianto. (2017). Bahan Ajar Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMA. Unnes Physics Journal, 6(3), 53–58.
Pratiwi, A., Ardi, & Leilani, I. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Bernuansa Emotional Spiritual Quotient (ESQ) tentang Materi Sistem Sirkulasi Manusia untuk SMA/MA. Journal Biosains, 1(2), 148–155.
Purnomo, A., & Rahayuningsih, M. (2020). Development of Dragonfly Species Diversity Booklet in Tinjomoyo Tourism Forest as Supplement Material on Biodiversity Topic. Journal of Biology Education, 9(3), 269–274.
Putra, R., Armen, & Handayani, D. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Bernuansa Emotional Spiritual Quotient (ESQ) pada Materi Sistem Peredaran Darah untuk Siswa Kelas VIII SMP/MTs. Journal Biosains, 1(2), 269–276.
Rahmadhani, F., Armen, Darussyamsu, R., Fadilah, M., & Putri, D. (2019). The Development of Biology Module Based on Emotional Spiritual Quotient in Evolution Topic for Senior High School. Jurnal Pendidikan Sains, 8(2), 166–179.
Sulaiman, M., Hamdani, M., & Azis, A. (2018). Emotional Spiritual Quotient (ESQ) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 6(1), 77–109.
Syarif, E. (2020). Pengembangan Booklet Sistem Gerak pada Manusia Sebagai Suplemen Bahan Ajar Biologi Kelas XI IPA SMA/MA. Skipsi, Padang: Universitas Negeri Padang.
Umar. (2014). Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbiyah, 11(1), 131–144.
Wahid, M., Uslan, & K., I. (2020). Pengembangan Bio-Booklet Melalui Pendekatan Morfologi dan Kadar Klorofil Famili. Leguminoceae untuk Sumber Belajar. Jurnal Biosains Dan Edukasi, 2(1), 12–16.
Yelviana, Yuniarti, E., Fuadiyah, S., & Darussyamsu, R. (2017). Pengembangan Booklet Edukasi Kesehatan Reproduksi Remaja untuk Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 1(2), 1–7.
Yunita, P., Ristiono, & Leilani, I. (2017). Pengembangan Modul Biologi Bernuansa Emotional Spiritual Quotient (ESQ) Dilengkapi Glosarium tentang Materi Sistem Koordinasi pada Manusia untuk Peserta Didik Kelas XI SMA. Journal Biosains, 1(2), 234–241.
Zaida, A., & Rahayuningsih, M. (2020). Development of Biodiversity Booklet in Mangunharjo Area. Journal of Biology Education, 9(3), 332–340.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.